How To

Cara Mudah Memeriksa Kesehatan Hardisk Pada Windows 11

Memeriksa kesehatan Hard Disk merupakan hal penting dalam sebuah perangkat komputer. Hal ini untuk menghindari adanya kerusakan hardisk secara mendadak yang dapat...

Written by Zack Kamil · 2 min read > 34 views
Memeriksa Kesehatan Hardisk

Memeriksa kesehatan Hard Disk merupakan hal penting dalam sebuah perangkat komputer. Hal ini untuk menghindari adanya kerusakan hardisk secara mendadak yang dapat menyebabkan hilangkan data Anda.

Cara Memeriksa Kesehatan Hardisk
Cara Memeriksa Kesehatan Hardisk

Hardisk merupakan komponen utama yang berfungsi untuk menyimpan semua data yang ada pada komputer. Semua file dan dokumen Anda akan tersimpan secara utuh dalam satu hardisk ini. Jikakalau hardisk ini rusak, maka hilanglah semua datanya. Karena tidak menutup kemungkinan seperti semua perangkat elektronik lainnya, masa pakainya semakin pendek setiap hari seiring berjalannya waktu yang Anda gunakan setiap hari.

Sehingga sangat penting dalam hal ini bagi Anda untuk terus mencermati kesehatannya. Anda dapat menghindari kerusakan sedini mungkin agar Anda tidak kehilangan data yang diakibatkannya. Nah, dalam artikel ini, Penulis telah mencoba membahas metode tepat yang dapat Anda lakukan untuk secara berkala memeriksa kesehatan Hardisk Anda.

Cara Mudah Memeriksa Kesehatan Hardisk Pada

Sistem operasi Windows hadir dengan sejumlah aplikasi yang melayani semua jenis masalah komputer. Dan beberapa di antaranya berguna dalam memeriksa status hardisk yang Anda gunakan. Namun begitu Ada juga opsi untuk menggunakan bantuan pihak ketiga.

WMIC

WMIC, kependekan dari Windows Management Instrumentation Command, adalah sebuah baris perintah yang membantu Anda memeriksa dan mengelola tugas Windows Anda. Seperti halnya melakukan pemeriksaan kesehatan hardisk pada komputer Anda.

  1. Buka menu Start, ketik ‘command prompt‘ lalu buka.
  2. Pada Command prompt, ketik ‘wmic,’ dan tekan Enter.
  3. Setelah masuk ke WMIC, ketik yang berikut ini dan tekan Enter:

diskdrive get status

Pemerikaan akan dilakukan segera setelah Anda menekan enter. Ini akan berjalan dalam beberapa detik, memberi Anda status status kesehatan hard disk Anda apa adanya.

CHKDSK

Anda juga dapat menggunakan perintah CHKDSK, kependekan dari ‘check disk‘. Seperti namanya, perintah ini membantu Anda dalam memeriksa dan memperbaiki bug hard disk Anda. Lebih jauh, itu juga melewati sektor disk Anda dan menandai yang tidak berfungsi, sebelum mencoba menyelamatkan informasi apa pun yang dapat Anda simpan.

Ini tersedia di hampir semua sistem operasi Windows. Dan tidak mengherankan, Anda dapat menggunakan perintah ini untuk memeriksa kesehatan hard drive Windows 11 Anda.

Cara menggunakannya, cukup saja Command Prompt seperti di atas, lalu ketikkan perintah:

Chkdsk /f

Segera setelah Anda menekan tombol Enter, perintah akan berjalan, dan Anda akan diminta untuk menyiapkan pemindaian setelah reboot berikutnya. Tekan Y dan tekan Enter. Segera setelah PC Anda menyala dari reboot berikutnya, pemindaian CHDSK akan terbuka, dan akan memberi Anda status kesehatan hardisk Anda.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Meskipun dengan fitur bawaan Windows kemungkinan besar cukup untuk mengetahui kesehatan hard disk Windows Anda, terkadang fitur tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Cara mengatasi masalah ini adalah melalui penggunaan alat profesional pihak ketiga. Meskipun Anda dapat menemukan banyak aplikasi online yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda, namun Anda dapat menggunakan aplikasi yang cukup familiar dalam hal memeriksa kesehatan Hardisk Anda.

Hard Disk Sentinel adalah aplikasi gratis yang mampu mengukur kesehatan hard disk Windows 11 Anda. Ini beroperasi pertama dengan menguji, mendiagnosis, dan dari sana, akhirnya, memperbaiki masalah hard drive PC Anda.

Aplikasi ini nantinya akan menampilkan semua informasi SMART yang terkait dengan hard drive Anda: temperate, spin-up rate, seek error rate, reading error rate, dan sebagainya. Selain itu, ini juga memberikan informasi tentang kecepatan transfer disk, yang dapat Anda gunakan sebagai tolok ukur untuk mengukur penurunan atau peningkatan kinerja pemindaian di masa mendatang.

Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Jadi Anda bebas untuk mencoba versi gratis dan melihat apakah itu sesuai dengan kebutuhan Anda. Bahkan, Anda bahkan dapat mencoba versi lengkapnya secara gratis; namun, itu hanya akan tersedia untuk jangka waktu terbatas.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

The Most Recent Hits

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.