How To

Cara Mudah Memperbaiki Chromecast yang Sedang Bermasalah

Memperbaiki chromecast yang tidak berfungsi tentunya hal sulit bagi sebagian orang. Namun bagi Anda yang membaca artikel ini dengan seksama, Anda akan...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 7 views
Cara Memperbaiki Chromecast Yang Tidak Berfungsi

Memperbaiki chromecast yang tidak berfungsi tentunya hal sulit bagi sebagian orang. Namun bagi Anda yang membaca artikel ini dengan seksama, Anda akan mengetahui cara mudahnya untuk mengatasi masalah Chromecastnya. Penulis akan memberikan cara terperinci bagaimana cara memperbaiki Chromecast yang tidak berfungsi dengan baik.

Cara Memperbaiki Chromecast Yang Tidak Berfungsi
Cara Memperbaiki Chromecast Yang Tidak Berfungsi

image source

Saat ini Chromecast sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Chromecast adalah tambahan yang sangat baik untuk sistem hiburan rumah mana pun. Melalui alat ini, Anda dapat mengubah TV Anda menjadi smart TV yang memiliki fungsi layaknya Android. Mereka memungkinkan Anda untuk melakukan streaming konten dari Netflix, Hulu, atau bahkan hanya menggandakan browser dari ponsel cerdas Anda.

Ketika semuanya bekerja dengan benar, maka Anda dapat menikmati semua layanan ini menjadi semakin nyaman. Namun saat Chromecast Anda tidak berfungsi, itu bisa menjadi pengalaman buruk bagi hari-hari Anda. Untuk itu, kami telah menyusun daftar cara untuk memperbaiki Chromecast Anda saat tidak berfungsi seperti biasanya. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

Cara Mudah Memperbaiki Chromecast yang Sedang Bermasalah

Mulai Ulang Chromecast Anda

Jika Chromecast Anda tidak berfungsi, hal pertama yang harus Anda coba adalah me-reboot perangkat. Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan cara melepaskannya dari perangkat TV Anda. Anda perlu menunggu satu menit atau lebih, lalu mencolokkannya kembali.

Beri waktu beberapa menit untuk memulai, lalu coba transmisikan ke perangkat Anda lagi. Sering kali ini akan menyelesaikan masalah, tetapi jika Chromecast Anda masih tidak berfungsi, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Periksa Koneksi WiFi Anda

Seringkali ketika ponsel cerdas, aplikasi, atau perangkat lain yang terhubung tidak berfungsi. Hal ini akan mengarah pada perangkat router Anda. Hanya karena berfungsi pada satu perangkat, tidak menutup kemungkinan jika Chromecast Anda juga tidak berfungsi.

Siklus daya yang cepat pada router Anda akan menghilangkan potensi masalah apa pun. Caranya cukup cabut sumber daya pada router Anda selama beberapa menit, lalu colokkan kembali. Setelah router Anda boot ulang, coba koneksi Anda lagi.

Penyebab potensial lain dari konektivitas yang buruk adalah lokasi Chromecast yang berada di belakang televisi Anda. Perangkat ini tersembunyi dengan baik, tetapi mungkin tidak menerima cukup baik jaringan WiFi untuk streaming acara favorit Anda.

Jika Wi-Fi Anda baik-baik saja, namun Anda masih mengalami masalah, coba sambungkan alat perluasan lain seperti HDMI yang biasanya juga disertakan dalam kotak. Selanjutnya pisahkan secara fisik Chromecast dari televisi Anda melalui kabel HDMI tersebut. Jika Anda memiliki Chromecast Ultra, Anda memiliki opsi tambahan untuk menyambungkan kabel ethernet ke power brick.

Mulai Ulang Komputer atau Ponsel Anda

Seperti biasa, banyak masalah dapat teratasi dengan reboot cepat. Baik Anda mentransmisi dari ponsel, tablet, atau komputer, boot ulang cepat mungkin sesuai merupakan cara paling mudahnya. Jika Chromecast Anda masih tidak berfungsi setelah reboot baru, lanjutkan ke perbaikan berikutnya.

Perbarui Browser Chrome Anda

Jika Anda biasanya mentransmisikan dari komputer, kemungkinan tersedia Chrome versi yang lebih baru. Ini dapat menyebabkan Chromecast Anda berhenti berfungsi atau mencegah tombol transmisi muncul pada beberapa situs web. Ikuti langkah-langkah ini untuk memeriksa browser Chrome pada PC atau Mac Anda.

Cara Memperbarui Google Chrome

  1. Buka Chrome pada komputer Anda.
  2. Klik ikon Lainnya pada kanan atas (tiga titik).
  3. Perbarui Google Chrome (tombol tidak akan muncul jika Anda menggunakan versi terbaru).
  4. Setelah berhasil, klik Luncurkan Ulang.

Kembalikan ke Setelan Pabrik Chromecast Anda

Jika semuanya gagal dan Chromecast Anda masih tidak berfungsi. Sekarang saatnya mengembalikan ke setelan pabrik. Kabar baiknya adalah Anda tidak akan kehilangan data apa pun, tetapi Anda harus menyiapkan Chromecast lagi dari awal.

Caranya adalah tanpa perlu mencabut Chromecast Anda, tahan tombol pada bagian belakang perangkat setidaknya selama 25 detik. Layar TV Anda pada akhirnya akan black dengan sendirinya, saat proses reset akan mulai.

Setelah selesai, Anda dapat memulai proses penyiapan lagi. Jika memungkinkan, sebaiknya gunakan perangkat yang berbeda dari yang Anda gunakan pertama kali. Ini akan mengesampingkan masalah terkait perangkat apa pun, dan prosesnya bisa Anda lakukan sama seperti biasanya.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.