How To

Cara Mudah Menambahkan Printer di Windows 10

Menambahkan printer pada Windows 10 memiliki banyak cara yang dapat pengguna lakukan. Sedangkan kehadiran Printer sendiri memiliki reputasi sebagai hal yang rumit...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 10 views
Cara Mudah Menambahkan Printer Di Windows 10

Menambahkan printer pada Windows 10 memiliki banyak cara yang dapat pengguna lakukan. Sedangkan kehadiran Printer sendiri memiliki reputasi sebagai hal yang rumit dan sulit dalam mengaturnya. Akan tetapi hal ini berbeda pada Windows 10 yang sebenarnya sangat mudah untuk mengaktifkan dan menjalankan printer Anda.

Menambahkan Printer Pada Windows 10
Menambahkan Printer Pada Windows 10

Windows 10 mendukung sebagian besar printer, jadi Anda mungkin tidak perlu menginstal perangkat lunak apa pun saat Anda akan menggunakannya. Nah, dalam tulisan ini, kami akan memandu Anda melalui seluruh proses untuk menyiapkan printer Anda pada Windows 10, mulai dari cara menghubungkan printer, menginstalnya, dan mengubah pengaturannya.

Cara Menyambungkan Printer Anda ke Komputer

Setiap perangkat akan bervariasi, tetapi setiap printer modern yang baik harus memungkinkan Anda terhubung melalui solusi kabel atau nirkabel. Karena itu, sambungkan printer Anda ke komputer (gunakan kabel USB A-to-B), atau sambungkan ke jaringan internet rumah Anda melalui Wi-Fi atau Ethernet.

Jika Anda tidak yakin bagaimana melakukannya, lihat panduan manual printer Anda dalam buku petunjuk yang disertakan. Sebagian besar printer memiliki cara yang dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan penyiapan. Biasanya Anda dapat menemukan apa yang Anda perlukan dalam menu yang disebut seperti Setelan, Jaringan, atau Penyiapan.

Cara Memasang Printer Anda di Windows 10

Dengan printer yang sudah terhubung ke komputer Anda, saatnya untuk menambahkannya ke daftar perangkat yang tersedia. Caranya adalah:

  1. Tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan. Lalu masuk pada opsi Perangkat => Klik Printer & Scanner.
  2. Klik Tambahkan Printer atau Scanner. Lalu Windows 10 kemudian akan memindai printer apa pun yang dapat terdeteksi secara otomatis. Jika printer yang Anda inginkan muncul dalam daftar, pilih dan klik Add device. Windows sekarang akan menginstal driver printer secara otomatis.

Namun, jika printer Anda tidak muncul dalam daftar, coba periksa kabel maupun jaringan Anda (jika Anda menggunakannya melalui Nirkabel) untuk memastikan bahwa printer terhubung ke perangkat Anda.

Cara Menambahkan Printer Anda Menggunakan Alamat IP

Jika Anda mengetahui alamat IP untuk printer Anda, pilih Add a printer using a TCP/IP address or hostname dan klik Next.

Printer Anda harus memiliki kemampuan untuk memberi tahu Anda alamat IP-nya, meskipun metode untuk mendapatkan ini akan bervariasi sesuai dengan modelnya. Akan tetapi alamat IP tersebut bisa Anda atur dan temukan melalui Pengaturan Jaringan pada Windows 10 Anda.

  1. Klik kanan pada icon jaringan bagian kanan bawah, kemudian pilih Open Network & Internet Settings.
  2. Pilih opsi Change Adaptor Options, klik kanan pada nama jaringan yang Anda gunakan, pilih Properties
  3. Klik 2x pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
  4. Silahkan Anda atur IP Address sesuai dengan keinginan Anda.

Cara Sharing Printer

Selain menyambungkan dengan menggunakan kabel, Anda juga dapat menyambungkannya melalui jaringan seperti yang telah Anda atur di atas.

  1. Masuk pada Pengaturan atau Control Panel, lalu opsi daftar printer dan scanner.
  2. Klik kanan pada nama printer yang ingin Anda gunakan, pilih Printer Properties, pilih tab Sharing.
  3. Silahkan centang untuk mengaktifkan atau mengubah nama printer yang akan Anda sharing ke perangkat lain.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.