How To

Cara Mudah Menemukan dan Bergabung dengan Saluran Telegram

Telegram memiliki fitur untuk membuat saluran. Saluran ini merupakan salah satu fitur yang disediakan agar pengguna Telegram dapat terhubung dan berkomunikasi dengan...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 4 views
Cara Mudah Menemukan Saluran Telegram

Telegram memiliki fitur untuk membuat saluran. Saluran ini merupakan salah satu fitur yang disediakan agar pengguna Telegram dapat terhubung dan berkomunikasi dengan beberapa orang sekaligus melalui satu tempat yang sama. Secara default, baik itu admin maupun anggota dapat saling menanggapi satu sama lain melalui saluran tersebut.

Cara Mudah Menemukan Saluran Telegram
Cara Mudah Menemukan Saluran Telegram

image source

Nah, kabar baiknya adalah salah satu platform perpesanan Telegram ini memiliki jenis komponen sosial yang Anda cari dalam bentuk salurannya. Kami akan menunjukkan cara menemukan dan bergabung dengan saluran Telegram yang sesuai dengan minat Anda.

Cara Mudah Menemukan dan Bergabung dengan Saluran Telegram

  1. Buka aplikasi Telegram.
  2. Ketuk ikon kaca pembesar atau pencarian pada sudut kanan atas.
  3. Kemudian Anda bisa mengetikkan kata, frasa, topik, atau outlet media yang Anda minati.
  4. Jika Anda menemukan sesuatu yang menarik, ketuk saluran tersebut jika Anda ingin bergabung.
  5. Pada bagian bawah obrolan saluran, ketuk Gabung.
  6. Dengan begitu Anda sudah masuk dan tergabung dalam saluran tersebut.

Jika Anda ingin menonaktifkan saluran atau meninggalkannya, maka caranya cukup buka saluran tersebut lalu ketuk menu tiga baris vertikal pada sudut kanan atas, pilih opsi yang Anda inginkan. Jika Anda memilih “Leave Channel” berarti anda akan keluar dari saluran tersebut. Namun jika Anda memilih “Mute Notifications“, maka Anda akan tetap berada pada saluran tersebut, hanya saja Anda tidak akan mendapatkan pemberitahuan apapun tentang saluran tersebut.

Jika Anda membutuhkan inspirasi lebih lanjut tentang beberapa saluran publik, Anda selalu dapat mengunjungi halaman web saluran Telegram untuk mendapatkan lebih banyak ide dan informasi. Berhati-hatilah dengan saluran mana yang Anda ikuti, karena bisa saja anda akan masuk pada saluran spam.

Penting untuk Anda catat bahwa siapa pun dapat membuat grup atau saluran Telegram mereka sendiri dan menjadikannya publik. Nah, untuk membuat saluran baru, berikut langkah-langkahnya yang bisa Anda lakukan!

Cara Cepat Membuat Saluran/Channel di Telegram

  1. Buka menu hamburger pada sudut kiri atas aplikasi Telegram.
  2. Pilih “Saluran Baru/New Channel” (Saluran dengan ikon siaran).
  3. Masukkan nama Saluran Anda dan deskripsi Saluran yang sesuai (opsional). Kemudian Create Channel.
  4. Dari sini Anda bisa mengatur kegunaannya untuk publik atau pribadi. Jika Anda mengaturnya sebagai saluran publik, pengguna dapat menemukannya menggunakan kotak pencarian mereka. Namun jika Anda mengaturnya menjadi saluran pribadi, pengguna memerlukan tautan invitation/undangan untuk bergabung.

Jika Anda memilih saluran publik, maka Anda bisa membuat public link agar orang lain bisa lebih mudah mencarinya. Namun jika Anda memilihnya sebagai saluran pribadi, maka Anda hanya akan mendapatkan link khusus yang bisa Anda bagikan kepada orang-orang yang ingin masuk pada saluran Anda.

Saat ini Telegram memiliki banyak fitur hebat yang menjadikannya sebagai salah satu aplikasi perpesanan terbaik. Seperti halnya membuat stiker sendiri, mengatur obrolan Anda ke dalam grup dan folder, dan bahkan mengatur akun Anda sesuai dengan keinginan Anda sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.