Desktop

Tutorial Lengkap Cara Mudah Mengaktifkan Bash Linux di Windows 10

Salah satu kelebihan dari Windows 10 adalah memiliki fitur Bash Linux yang sudah disematkan di dalamnya. Bash Linux biasanya juga disebut sebagai...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 9 views
Cara Mudah Instal Bash Linux Di Windows 10

Salah satu kelebihan dari Windows 10 adalah memiliki fitur Bash Linux yang sudah disematkan di dalamnya. Bash Linux biasanya juga disebut sebagai Windows Subsystem For Linux (WSL).

Cara Mudah Instal Bash Linux Di Windows 10
Cara Mudah Instal Bash Linux Di Windows 10 – image source

Apa itu Bash Linux?

Bash Linux merupakan sebuah sheel Unix dan juga command line interface (CLI) language yang diciptakan oleh Brian Fox untuk project GNU. Linux merupakan versi modifikasi sistem GNU yang paling banyak digunakan saat ini.

Dengan kamu mengaktifkan Bash Linux tersebut, maka kamu akan bisa menjalankan perintah-perintah yang biasa kamu gunakan pada terminal Linux. Fitur ini hanya dapat dijalankan pada komputer dengan sistem operasi Windows 10 versi 64-bit, untuk versi 32-bit fitur Bash Linux ini masih belum bisa diakses.

Dengan Bash Linux ini memungkinkan para developer untuk bisa masuk sebagai Developer Mode dalam Windows 10. Namun, Secara default fitur ini belum diaktifkan pada Windows 10, jadi kamu perlu untuk mengaktifkannya agar bisa menikmati fitur Bash Linux Ubuntu ini.

Cara Mudah Mengaktifkan Bash Linux di Windows 10

#1 Kamu Perlu Mengaktifkan Windows Subsystem for Linux

Langkah pertama, silahkan aktifkan terlebih dahulu Windows Subsystem For Linux dengan memberikan tanda centang melalui pencarian cortana dengan mengetikkan Turn Windows Features on or off, kemudian pilih Apply.

Maka kamu akan diminta untuk melakukan restart pada komputer atau laptop kamu.

#2 Mengaktifkan Developer Mode

Setelah komputer kamu hidup kembali, selanjutnya kamu akan diminta mengaktifkan fitur Developer Mode. Caranya, klik tombol Start, pilih Settings => Update & Security => For developers => kemudian pilih Developer Mode.

Setelah selesai, maka masuk pada langkah terakhir untuk menginstall Bash Linux Ubuntunya.

#3 Install Bash Ubuntu Melalui Command Prompt

Klik kolom Search Cortana pada Windows 10, kemudian ketikkan cmd, maka akan muncul tulisan Command Prompt, lalu klik kanan, pilih Run as Administrator.

Perintah Instalasi Bash Linux Ubuntu

  • Ketikkan Bash kemudian Enter
  • Jika muncul sebuah konfirmasi, tekan saja y pada keyboard, kemudian Enter
  • Maka Windows akan otomatis mendownload dan menginstall Bash Linux. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Biasanya pada proses akhir proses instalasi, kamu akan diminta memasukkan username dan password yang akan kamu gunakan saat membuka Bash Linux nanti.

Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk kamu para pembaca yang cerdas dan budiman. Terima kasih telah berkunjung pada website kami.

2 Replies to “Tutorial Lengkap Cara Mudah Mengaktifkan Bash Linux di Windows 10”

  1. Terima kasih info nya bang. Selama ini aku pakai command prompt, baru tau kalo bisa pakai Bash linux tanpa install macem2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.