How To

Cara Mudah Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Tablet di Windows 10

Secara default, Windows 10 secara otomatis beralih ke mode tablet ketika kamu mengkonfigurasi ulang PC konvertibel ke dalam bentuk tablet. Namun, jika...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 287 views
Cara Mudah Mengaktifkan Dan Menonaktifkan Mode Tablet Di Windows 10

Secara default, Windows 10 secara otomatis beralih ke mode tablet ketika kamu mengkonfigurasi ulang PC konvertibel ke dalam bentuk tablet. Namun, jika kamu lebih suka mengaktifkan atau menonaktifkan mode Tablet secara manual, ada beberapa cara untuk melakukannya.

Tablet Mode adalah sebuah fitur yang membolehkan pengguna Windows 10 PC atau laptop yang memiliki teknologi layar sentuh untuk mengoperasikan perangkatnya tersebut dengan cara menyentuh layar daripada menggunakan mouse atau keyboard. Pengguna Windows yang memiliki desktop atau laptop dengan layar sentuh dapat mengaktifkan fitur Tablet Mode ini bila menginginkannya.

Cara Mudah Mengaktifkan Dan Menonaktifkan Mode Tablet Di Windows 10
Cara Mudah Mengaktifkan Dan Menonaktifkan Mode Tablet Di Windows 10

Perbedaan utama Tablet Mode dan Desktop Mode ada pada antar muka (user interface) saja. Tablet Mode menampilkan antar muka Windows 10 sedemikian simple untuk mengoptimalkan penggunaan perangkat dengan teknologi layar sentuh layaknya sebuah tablet. Optimalisasi pada Tablet Mode meliputi penggunaan tampilan live tiles, tampilan ikon yang lebih sedikit dan juga on-screen touch keyboard.

Cara Mudah Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Tablet

#1 Menggunakan Mode Tablet Otomatis

Jika kamu menggunakan laptop konvertibel 2-in-1 yang dapat berubah dari faktor bentuk laptop dengan keyboard menjadi tablet. Baik dengan melepas keyboard, melipat layar ke belakang, atau tindakan fisik lainnya, mode tablet Windows 10 berubah secara otomatis saat Anda melakukan tindakan itu.

Mengaktifkan Table Mode Secara Otomatis
Mengaktifkan Table Mode Secara Otomatis

Jika kamu tidak menyukai perubaha ini dan ingin menonaktifkannya, kamu dapat mengubahnya dengan mudah melalui Pengaturan Windows. Buka “Setelan” dan navigasikan ke Sistem => Tablet, lalu pilih “Jangan alihkan ke mode tablet” di menu tarik-turun.

Setelah mode tablet otomatis dinonaktifkan, kamu dapat membuka mode tablet secara manual menggunakan metode di bawah ini.

#2 Mengaktifkan Mode Tablet Menggunakan Action Center

Jika kamu ingin mengaktifkan atau menonaktifkan mode tablet secara manual, Windows 10 Action Center mungkin adalah cara tercepat. Pertama, buka “Pusat Tindakan” dengan mengetuk atau mengklik tombol notifikasi pada Taskbar. Saat menu Action Center muncul, pilih tombol “Tablet Mode”.

Mengakses Action Center Windows 10
Mengakses Action Center Windows 10

Tombol ini berfungsi sebagai pengalih: Jika mode tablet mati saat Anda menggunakannya, tombol akan menyalakannya. Jika mode tablet aktif, tombol yang sama akan mematikannya.

#3 Mengaktifkan Mode Tablet Melalui Pengaturan Windows

  1. Kamu juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan mode tablet menggunakan Pengaturan Windows. Pertama, buka “Setelan”, lalu buka Sistem => Tablet.
  2. Di setelan “Tablet”, klik “Ubah setelan tablet tambahan”.
  3. Dalam “Ubah setelan tablet tambahan”, Anda akan melihat tombol berlabel “Mode tablet”. Nyalakan “On” untuk mengaktifkan mode tablet, dan “Off” untuk menonaktifkan mode tablet.

The Most Recent Hits

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.