How To

Cara Mudah Mengaktifkan Google Chat Pada Aplikasi Gmail Android dan iOS

Google meningkatkan pengoperasian aplikasi Gmail-nya dengan menambahkan fitur baru yang bernama Google Chat. Walaupun sekarang ini masih dalam rilis Beta, tetapi beberapa...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 8 views
Google Chat Gmail

Google meningkatkan pengoperasian aplikasi Gmail-nya dengan menambahkan fitur baru yang bernama Google Chat. Walaupun sekarang ini masih dalam rilis Beta, tetapi beberapa pengguna sudah bisa menikmati fitur tersebut, bahkan Anda pun bisa mencobanya dengan cara melakukan update terlebih dahulu pada aplikasi Gmail melalu Google Playstore.

Google Chat Gmail
Google Chat Gmail

image source

Fitur terbaru pada aplikasi Gmail ini akan berfungsi sebagai obrolan baru yang lebih mudah dan efisien. Bahkan tidak hanya fitur “Chat” saja yang Gmail hadirkan. Akan tetapi ada beberapa fitur lain yang juga hadir, seperti “Meet” yang bisa Anda gunakan untuk melakukan video telekonferensi tanpa perlu mendownload aplikasi Google Meet. Ada juga tab “Room” dan Tab “Mail” yang berisi semua pesan masuk yang ada pada Gmail Anda. Selain itu, beberapa pengaturan lainnya juga lebih disesuaikan.

Nah, Pengguna dapat mengaktifkan fitur ini dan mengujinya melalui pengaturan aplikasi Gmail. Fungsi ini bisa menggunakan akun email untuk chatting, sekaligus membuat chat room baru. Ini juga menawarkan fungsi obrolan grup yang mirip dengan aplikasi sosial seperti WhatsApp dan Telegram.

Cara Mudah Mengaktifkan Google Chat Pada Aplikasi Gmail

Fitur chat baru ini disebut juga sebagai Google Chat. Google Chat ini hampir mirip dengan Google Hangouts yang sekarang berubah nama menjadi Google Chat. Namun jika lebih mengenal Google Hangouts sebelumnya, jadi Google Chat ini bukan lagi fitur asing untuk Anda coba. Berikut cara mengaktifkan fitur ini, Anda perlu mengikuti beberapa langkah-langkah berikut.

Mengaktifkan Google Chat Pada Aplikasi Gmail
Mengaktifkan Google Chat Pada Aplikasi Gmail

image source

  1. Buka Aplikasi Gmail pada ponsel Anda. Pastikan aplikasi Gmail sudah versi mutakhir.
  2. Ketuk ikon hamburger (tiga garis) pada bagian kiri atas layar, kemudian gulir ke bawah dan temukan pengaturan.
  3. Pilih Gmail yang ingin Anda gunakan, jika Gmail yang yang Anda masukkan pada ponsel Anda lebih dari satu.
  4. Selanjutnya gulir ke bawah dan masuk pada sub-menu “Umum”, centang kotak Chat (preview).
  5. Setelah mengaktifkan fitur ini, Aplikasi akan dimulai ulang dan antarmuka akan berubah.

Pada bagian bawah aplikasi, Anda akan melihat tab-tab baru dan lebih banyak ikon. Dalam mode non-chat, Anda hanya memiliki dua ikon pada bagian bawah layar yaitu “Mail” dan “Meet”. Namun, setelah mengaktifkan fitur chat, Anda akan melihat empat ikon. Diantaranya adalah “Mail”, “Chat”, “Rooms” dan “Meet”. Anda dapat mengklik ikon “Chat” atau “Kamar” untuk mengundang pengguna lain mengobrol yang lebih mudah layaknya pada sebuah group WhatsApp ataupun Telegram.

Google Alihkan Pengguna Hangouts Pada Google Chat Terbaru

Google nampaknya menepati janjinya untuk memulai proses menutup aplikasi Hangout dan mengalihkan pengguna ke Google Chat. Perusahaan teknologi raksasa itu akan membantu pengguna Hangout dengan memindahkan semua percakapan, kontak, dan riwayat tersimpan sebelumnya ke Chat.

Langkah ini sesuai rencana yang awalnya dibuat Google pada 2019, ketika menghentikan dukungan Hangout untuk pelanggan G Suite dan mengisyaratkan bahwa dukungan untuk pengguna individu akan berakhir pada 2020.

Google telah meluncurkan aplikasi perpesanan instan independen berkali-kali, dan sebelumnya juga menyediakan fungsi Google Meet, Chat, dan Room di Gmail, tetapi hanya untuk pengguna G Suit. Saat ini, fungsi obrolan Gmail tersedia untuk semua pengguna, dan Anda hanya perlu meningkatkan aplikasi ke versi terbaru untuk membukanya.

Namun, jika aplikasi Anda saat ini tidak memiliki opsi pada pengaturan, Anda perlu memperbarui aplikasi Gmail. Anda dapat memperbarui aplikasi dari Google Play Store untuk mengakses fitur baru ini. Namun, Google dengan jelas menyatakan bahwa ini hanya preview. Ini berarti bahwa pengguna mungkin menemukan bug dan masalah lainnya.

Jika Anda memiliki masalah apa pun, jangan khawatir, Google mungkin sedang memperbaikinya. Selain itu, jika Anda perlu kembali ke setelan sebelumnya, Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan menghapus centang pada kotak “Obrolan (pratinjau)” melalui Pengaturan.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.