How To

Cara Mudah Mengaktifkan Live Caption Pada Google Chrome Desktop

Google Chrome menghadirkan fitur baru yang bernama Live Caption, sebuah fitur menulis Teks Otomatis pada Google Chrome ketika sedang memutar video. Fitur...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 6 views
Live Caption Pada Google Chrome

Google Chrome menghadirkan fitur baru yang bernama Live Caption, sebuah fitur menulis Teks Otomatis pada Google Chrome ketika sedang memutar video. Fitur ini cocok bagi anda yang biasanya suka menulis lirik lagu. Nah, dengan fitur ini, Anda tidak perlu repot-repot untuk menulisnya.

Live Caption Pada Google Chrome
Live Caption Pada Google Chrome

image source

Selain itu, melalui fitur ini Anda bisa mendapatkan informasi penting yang Anda butuhkan dari video apa pun yang Anda putar melalui browser Chrome. Terutama bagi Anda yang mengalami masalah pada pendengaran. Fitur Live Caption ini akan sangat bermanfaat dalam membantu menuliskan sesuatu yang ada dalam sebuah video yang Anda putar. Untuk itu, segera setelah fitur ini tersedia pada browser desktop Anda, untuk mengaktifkan pengaturan yang tepat sehingga dapat memanfaatkan fitur ini dengan baik.

Sekilas Tentang Google Chrome

Google Chrome merupakan aplikasi browser yang biasanya berguna untuk menjelajah dunia maya. Sama seperti halnya Firefox, Opera ataupun Microsoft Edge. Jika Firefox dikembangkan oleh Mozilla, Google Chrome sendiri dibuat dan dirancang oleh Google, sang perusahaan internet terbesar di dunia yang juga empunya Android.

Proyek open source yang digunakan oleh Google disebut Chromium, yang menggunakan mesin rendering Webkit sampai dengan versi 27. Sehingga ini sengaja dirancang untuk bekerja dengan kecepatan di atas rata-rata namun tetap ringan dijalankan pada perangkat desktop dan mobile. Maka tidak heran jika beberapa orang mengklaim jika Google Chrome merupakan browser yang lebih mudah dan cepat dari pada browser lainnya.

Fungsi Teks Otomatis/Live Caption di Google Chrome

Teks Otomatis dapat berfungsi pada semua perangkat Mac dan PC lainnya yang mendukung browser Google Chrome terbaru, serta Chromebook. Ini adalah fitur aksesibilitas yang bagus, dan juga berguna ketika Anda ingin mengikuti video atau presentasi tetapi tidak ingin (atau tidak bisa) memutar audio.

Fitur Live Caption merupakan fitur yang dapat membuat Google Chrome menampilkan teks ketika ada video yang diputar dalam browser. Tak hanya video saja, Live Caption juga berlaku untuk konten audio dalam bentuk lain. Misalnya lagu, podcast, dan sebagainya. Sebelumnya, fitur ini telah lebih dulu tersedia pada sejumlah perangkat Android, seperti Google Pixel dan Samsung.

Google mendesain fitur Live Caption ini secara real-time, jadi ketika ada konten audio tertentu yang Anda putar melalui browser Chrome maka fitur tersebut akan otomatis muncul. Nantinya, teks akan muncul pada bagian bawah layar mengikuti ucapan dari konten audio tersebut.

Tentu saja, itu bukan satu-satunya fitur Google Chrome yang harus Anda ketahui. Pastikan bahwa Anda juga mengetahui tentang cara mengatur grup tab pada Google Chrome agar dapat menggunakan banyak Tab.

Cara Mudah Mengaktifkan Live Caption Pada Google Chrome Desktop

  1. Bukalah Google Chrome pada komputer atau laptop Anda, kemudian klik ikon menu pada sudut kanan atas layar (tiga titik vertikal).
  2. Selanjutnya pilih Pengaturan. Pada bagian kanan bawah klik Advanced.
  3. Pilih Accessibility. Dan aktifkan fitur Teks Otomatis/Live Caption. Tunggu prosesnya sebentar, karena ini akan mengunduh file text-to-speech yang dibutuhkan Google Chrome untuk dapat mentranskripsikan video yang Anda putar.

Selanjutnya untuk mengetahui hasilnya, boleh Anda lakukan uji coba dengan cara membuka Video, misalnya pada Youtube. Selanjutnya Klik tombol putar, dan kemudian Anda bisa lihat teks tersebut akan muncul langsung pada layar sebagai keterangan sesuai dengan video yang Anda putar.

Bagaimana Teks Otomatis/Live Caption Bekerja?

Perlu Anda ketahui bersama jika fitur Live Caption pada Google Chrome ini hanya mampu bekerja ketika mentranskripsikan audio bahasa inggris. Nah, jika video yang Anda putar menggunakan bahasa indonesia, maka fitur ini seakan tidak bekerja atau bahkan tidak akan bekerja sama sekali. Jadi sebagai harapan besar, semoga saja fitur live caption ini bisa mentranskripsikan semua bahasa, terlebih bahasa indonesia.

Source: via

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.