How To

Cara Mudah Mengaktifkan Penunjuk Pointer Mouse Pada Windows 10

Mengaktifkan penunjuk mouse pointer biasanya pengguna lakukan jika mereka ingin sedikit berkreasi pada komputer mereka. Ini merupakan sebuah animasi penunjuk yang muncul...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 2 views
Mengaktifkan Penunjuk Pointer Mouse Pada Windows 10

Mengaktifkan penunjuk mouse pointer biasanya pengguna lakukan jika mereka ingin sedikit berkreasi pada komputer mereka. Ini merupakan sebuah animasi penunjuk yang muncul pada pointer mouse. Selain itu, biasanya penunjuk pointer ini pengguna aktifkan jika mereka akan membuat sebuah tutorial agar lebih mudah dipahami atau ketika sedang menjelaskan materi tertentu kepada peserta.

Mengaktifkan Penunjuk Pointer Mouse Pada Windows 10
Mengaktifkan Penunjuk Pointer Mouse Pada Windows 10

image source

Dalam teknologi komputasi, mouse pointer atau yang lebih terkenal dengan sebutan kursor adalah suatu petunjuk atau indikator posisi pada monitor komputer atau peranti tampilan lain yang akan merespons masukan dari suatu masukan teks atau peranti penunjuk. Kursor secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis: kursor teks dan kursor tetikus (Wikipedia).

Sedangkan mouse adalah salah satu hardware komputer yang menerima input berupa gerakan, tekanan tombol (click), dan gulir (scroll) yang bisa Anda gunakan untuk memilih teks, ikon, file, dan folder. Mouse dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai “tetikus”. Dikatakan demikian karena memang bentuk device ini menyerupai tikus yang kecil meruncing pada depan dan menggembung besar pada bagian belakang. Begini cara mengaktifkan penunjuk pointer mouse pada Windows 10.

Cara Mudah Mengaktifkan Penunjuk Pointer Mouse Pada Windows 10

  1. Pertama, buka menu Start dan ketik “mouse“. Kemudian klik pintasan “Pengaturan mouse” yang muncul.
  2. Dalam pengaturan Mouse, cari bagian “Related settings” dan klik link “Additional mouse options“.
  3. Saat jendela “Properti Mouse” terbuka, klik tab “Opsi Penunjuk/Pointer Options” dan beri tanda centang pada bagian samping “Show location of pointer when I press the CTRL key“. Lalu klik “Ok“. Hal ini tepat sekali bagi Anda yang sering kehilangan kursor. Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengaktifkan “Display pointer trails” pada jendela ini juga.
  4. Selanjutnya jendela “Mouse Properties” akan ditutup. Keluar dari pengaturan juga. Sekarang, kapan pun Anda membutuhkan untuk menampilkan penunjuk kursor atau bahkan tidak dapat menemukan kursor mouse Anda pada layar, cukup tekan tombol Ctrl. Maka akan muncul lingkaran menyusut beranimasi pada sekitar kursor.
  5. Anda bisa menggunakannya sesering mungkin, dan kursor mouse Anda tidak akan pernah hilang lagi.

Beberapa Fungsi Mouse yang Perlu Anda Ketahui

Mouse memang memiliki fungsi utama sebagai pointing device, yakni untuk menggerakan pointer pada layar monitor baik itu pada komputer maupun laptop. Namun selain fungsi tersebut, jika kita cermati lebih lanjut ternyata mouse ini memiliki banyak kegunaan yang sering tidak kita sadari.

Membuka dan Menutup Suatu Program

Mouse memiliki peranan penting dalam hal ini. Kita akan sangat sering menggunakan mouse untuk membuka file atau menjalankan program. Pada umumnya suatu file ataupun program dapat Anda buka dengan cara melakukan double click.

Memilih Objek Tertentu

Memilih merupakan aktivitas yang tidak bisa kita hindari dalam dunia komputer. Mulai dari memilih file, folder, bahkan kata-kata dalam program penulisan seperti Microsoft Word. Dengan menggunakan mouse kita dapat melakukan pilihan sesuai keinginan.

Drag dan Drop

Dengan menggunakan mouse kita seringkali melakukan proses drag and drop dengan lebih mudah. Mulai dari operasi move, cut, sampai copy.

Melakukan Scroll

Coba Anda cermati apa yang paling sering Anda lakukan ketika tengah membaca artikel-artikel dalam halaman ini. Anda paling banyak melakukan scrolling, yaitu proses menjelajah isi halaman dengan menggulirnya dari atas ke bawah dan sebaliknya.

Semoga bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.