How To

Cara Mudah Mengaktifkan Tab Google Chat Pada Gmail Android

Google Chat merupakan fitur baru yang akan segera hadir pada aplikasi Gmail for Android. Sebelumnya Google Chat ini hanya bisa Anda gunakan...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 6 views
Google Chat Pada Gmail

Google Chat merupakan fitur baru yang akan segera hadir pada aplikasi Gmail for Android. Sebelumnya Google Chat ini hanya bisa Anda gunakan pada Gmail versi Web. Google Chat ini merupakan hasil transformasi dari aplikasi Obrolan Google sebelumnya, yakni Hangouts.

Google Chat Pada Gmail
Google Chat Pada Gmail

image source

Dalam sejarahnya Google secara resmi menghapus merek Hangouts dari G Suite Workspace serta mengganti nama Hangouts Chat menjadi Google Chat. Google mengkonfirmasi kabar tersebut kepada The Verge termasuk penggantian nama Hangouts. Selain itu, aplikasi video telekonferensi pendamping Hangouts Meet juga berganti nama menjadi Google Meet. Akan tetapi, fitur ini tidak aktif secara default, jadi jika Anda ingin menggunakannya, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu melalui pengaturan.

Kini kehadiran Google Chat menjadi pesaing Slack untuk produktivitas dan pengiriman pesan di tempat kerja yang lebih efektif daripada aplikasi perpesanan langsung one-to-one messaging seperti Gmail versi lama.

Cara Mudah Mengaktifkan Tab Google Chat Pada Gmail Android

Nah, untuk mengaktifkan fitur Chat / Obrolan pada gmail ini, perlu beberapa langkah saja. Berikut ini cara mengakatifkan fitur Tab Chat pada Gmail Android.

  1. Pertama, bukalah aplikasi Gmail pada Android Anda. Pada bagian samping kiri terdapat Menu tepatnya pada tiga garis horizontal. Kemudian scrol ke bawah dan pilih “Pengaturan.” Silahkan pilih akun Gmail yang akan Anda aktifkan fitur Tab Google Chat-nya.
  2. Gulir ke bawah sampai pada area “Umum“. Maka Anda akan menemukan fitur “Chat (Early Access)“. Lalu centang untuk mengaktifkannya. Jika muncul peringatan, klik saja “Try it“.
  3. Maka, Gmail akan tertutup dengan sendirinya. Selanjutnya buka lagi aplikasi Gmail Anda dan lihat tampilan baru pada bagian bawah. Diantaranya adalah tab “Mail” yang berisi kotak masuk gmail Anda, “Chat” membawa Anda ke aplikasi Google Chat resmi dengan semua percakapan teks Anda, dan “Rooms” adalah tampilan percakapan yang sedang berlangsung.

Nantinya, tab Google Chat yang tersedia pada bagian bawah, dapat diakses ketika Anda ingin melakukan percakapan dengan kerabat Anda. Sementara tab Rooms dapat Anda gunakan untuk berbagi file antar rekan kerja atau berisi percakapan yang sedang berlangsung. Sedangkan Mail akan berisi semua pesan yang ada pada kotak masuk Gmail Anda. Nah, dengan fitur ini pengguna pun bisa dengan mudah mengakses tab yang diinginkan, sesuai dengan aktivitas mereka, tanpa harus membuka banyak aplikasi.

Google Meet Bisa Anda Akses Melalui Gmail Android

Selain menghadirkan fitur Chat pada Gmail, Google juga menghadirkan Meet yang bisa pengguna akses melalui aplikasi Gmail. Jadi pengguna tidak perlu repot lagi untuk mendowload aplikasi Meet dari Google Play Store.

Untuk menggunakannya, Anda hanya cukup masuk pada aplikasi Gmail, kemudian pilih Tab Meet. Melalui tab tersebut, pengguna bisa melakukan video telekonferensi dengan orang-orang disekitarnya. Google akan menyediakan tab “Meet” pada bagian sisi bawah antarmuka utama Gmail yang baru. Nantinya, dengan mengetuk tab tersebut, pengguna bisa langsung memulai telekonferensi dan menon-aktifkan mikrofon serta kamera lebih dulu, lalu setelah itu pengguna bisa mengundang peserta lain dengan membagikan kode dan tautan (link) Meet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.