How To

Cara Mudah Mengaktifkan Tweak Baru Pada Google Chrome Android

Google meluncurkan tweak baru Google Chrome Android bersama dengan bahasa desain baru untuk Android 12 minggu lalu pada konferensi I/O tahun ini....

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 4 views
Cara Mudah Mengaktifkan Tweak Baru Google Chrome

Google meluncurkan tweak baru Google Chrome Android bersama dengan bahasa desain baru untuk Android 12 minggu lalu pada konferensi I/O tahun ini. Tweak baru tersebut memiliki sebutan Material You, dan menggunakan prinsip humanistik seperti palet warna pastel dan bentuk kreatif.

Cara Mudah Mengaktifkan Tweak Baru Google Chrome
Cara Mudah Mengaktifkan Tweak Baru Google Chrome

image source

Google bermaksud untuk menerapkan desain baru ini secara default pada browsernya mulai tahun depan, dan kami berharap peralihannya tidak akan sulit. Namun, sepertinya perusahaan ingin memulai lebih dulu yang bisa pengguna coba untuk saat ini. Anda bisa menerapkannya sekarang juga dengan mengaktifkannya melalu flags Google Chrome.

Baru-baru terlihat sebuah flags pada Chrome versi 90 untuk Android menambahkan pengaruh Material You yang halus ke menunya. Hal ini tentunya yang mengisyaratkan bahwa facelift besar mungkin sudah dekat. Anda dapat mencobanya sekarang dengan menyalin dan menempelkan URL berikut ke Chrome. Lalu pilih untuk “Enable” untuk mengaktifkannya dari opsi drop-down yang tersedia, lalu tap tombol mulai ulang pada bagian bawah browser yang muncul.

Cara Mudah Mengaktifkan Tampilan Baru Pada Google Chrome Android

Anda dapat dengan mudah mencoba desain baru pada Google Chrome Android dengan mengaktifkan flagsnya. Silahkan Anda salin alamat flags di bawah ini untuk mengubah tampilan desain baru untuk Android Anda.

chrome://flags/#theme-refactor-android
Mengaktifkan pemfaktoran ulang tema pada Android.

Tampilan Baru Menu Google Chrome Android
Tampilan Baru Menu Google Chrome Android

Setelah Anda mengaktifkan flags ini, maka Anda akan melihat perubahan desain baru yang muncul saat Anda membuka menu pada browser Chrome Android. Biasanya tampilan menu tersebut berada dalam bingkai segi empat, namun dengan tampilan yang baru, maka akan berubah menjadi lebih halus tanpa memiliki sudut siku 90 derajat. Anda dapat melihat pada gambar ini untuk mengetahui perubahan yang sedang terjadi.

Tampilan menu baru ini mengambil isyarat halus dari Material You, membuang tepi tajamnya untuk sudut bulat dan alami. Desainnya estetis dan sentuhan yang bagus untuk membuatnya terasa terintegrasi dengan Android 12. Namun, jarak tempuh Anda mungkin berbeda, karena flags pada Chrome mungkin tidak berfungsi pada perangkat Android yang lebih lama.

Beberapa orang mungkin tidak menyukai bentuk melengkung yang baru. Akan tetapi secara pribadi, penulis fikir ini adalah sebuah perubahan yang sangat menarik. Meskipun halus, estetika tersebut sangat cocok dengan tema sistem Android 12 dengan tampilannya yang juga lebih menarik.

Pergeseran desain ini menunjukkan bahwa Google telah belajar dari peluncuran Desain Materialnya yang berantakan dan ingin segera menyelesaikannya. Saya senang melihat Google berkomitmen untuk membuat ekosistemnya lebih indah dan semoga saja Google akan menerapkan Material You secara konsisten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.