How To

Cara Mudah Mengaktifkan ‘Web Feed’ di Google Chrome Android

Sekarang ini pengguna Google Chrome Android dapat mengaktifkan “Web Feed” untuk mengelola situs-situs favorit Anda. Anda akan selalu dengan mudah mengetahui update...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 11 views
Cara Mengaktifkan Web Feed

Sekarang ini pengguna Google Chrome Android dapat mengaktifkan “Web Feed” untuk mengelola situs-situs favorit Anda. Anda akan selalu dengan mudah mengetahui update terbaru dari situs tersebut tanpa perlu mengunjungi situs favorit Anda. Melalui Web Feed ini, situs-situs favorit Anda akan terkelola dengan baik pada browser Anda.

Cara Mengaktifkan Web Feed
Cara Mengaktifkan Web Feed

image source

Hal ini berdasar pada pelaksanaan I/O 2021 lalu bahwasa Google mengumumkan untuk Android akan menguji pembaca RSS bawaan. Pembaca RSS tersebut dinamai sebagai Web Feed yang akan muncul pada beranda ketika Anda membuka browser Chrome pada ponsel Anda. Hal ini sebagai anggapan hanya sebagai eksperimen yang mungkin tidak akan pernah Google luncurkan. Akan tetapi kenyataannya pengguna saat ini sudah dapat menguji fitur “Web Feed” melalui browser Chrome terbaru. Hanya saja Anda perlu melakukan beberapa langkah untuk bisa mengaktifkannya.

Umpan Web (Web Feed) seperti namanya hanya berfungsi pada Google Chrome versi 92. Anda bisa mendownload/ melakukan pembaruan melalui Google Play Store. Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu melalui flags Google Chrome pada Android Anda. Adapun caranya Anda cukup membuka browser Chrome, lalu masukkan perintah ini pada kolom alamat URL.

chrome://flags/#web-feed

Silahkan Anda pilih “Enable” dari menu drop-down yang tersedia. Lalu buka kembali browser Chrome Anda, maka Anda akan mendapatkan tampilan Web Feed muncul pada beranda browser Anda.

Cara Menggunakan Web Feed Pada Google Chrome Android

Setelah Anda mengaktifkan, Anda dapat mengunjungi beberapa situs yang akan menampilkan tombol “Ikuti” pada bagian paling bawah menu yang ada pada pojok kanan atas. Jika sebuah situs tidak menggunakan RSS, Google akan menggunakan indeks konten yang ada untuk membuat Anda tetap up-to-date. Dengan mengetuknya, maka akan menghasilkan snackbar yang mengonfirmasi langganan dengan tautan “Go to feed” pada bagian bawah situs.

Pada beranda browser Chrome, Anda akan melihat umpan “Mengikuti (Following)” baru yang bergabung dengan “Untuk Anda (For You)” yang ada pada Discover Anda. Secara visual sangat mirip, hanya yang baru menggunakan kartu lebar penuh yang menampilkan gambar sampul besar dengan judul, nama situs, waktu publikasi, berbagi, dan lainnya.

Menu terakhir memungkinkan Anda membuka pada tab baru atau penyamaran, tautan unduhan, atau bahkan dapat menyembunyikannya. Hal ini berguna untuk menyembunyikan hal-hal yang sudah Anda baca, melaporkan konten, atau mengirim umpan balik. Ikon roda gigi pengaturan utama membuka halaman Kelola dengan item “Mengikuti” baru untuk berhenti mengikuti situs yang telah Anda tambahkan dengan cepat.

Web Feed Chrome untuk Android membuat pembaca RSS yang sangat mendasar dan Anda dapat dengan mudah menemukan lebih banyak fitur lengkap. Ini adalah penyimpangan besar dari pendekatan algoritme Discover dalam menyajikan konten yang mungkin diminati pengguna. Tingkat penyesuaiannya menentukan topik luas apa yang menarik minat Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

The Most Recent Hits

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.