How To

Cara Mudah Mengambil Screenshot Pada iPhone Tanpa Muncul Gambar Pratinjau

Pernahkah Anda merasakan jika setiap kali mengambil tangkapan layar atau screenshot pada iPhone, Anda akan melihat pratinjau thumbnail kecil pada bagian sudut...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 1 view
Cara Mudah Mengambil Screenshot Pada IPhone

Pernahkah Anda merasakan jika setiap kali mengambil tangkapan layar atau screenshot pada iPhone, Anda akan melihat pratinjau thumbnail kecil pada bagian sudut kiri bawah layar. Meskipun ini berguna, namun sebagian pengguna menganggap jika ini juga bisa mengganggu. Untungnya, ada solusi untuk melewati pratinjau thumbnail yang bisa pengguna lakukan.

Cara Mudah Mengambil Screenshot Pada IPhone
Cara Mudah Mengambil Screenshot Pada IPhone

image source

Jika iPhone Anda menjalankan iOS 14.5 atau lebih tinggi, Anda memiliki akses ke tindakan “Ambil Tangkapan Layar” baru melalui Pintasan aplikasi. Ini berarti Anda dapat membuat dan menggunakan pintasan untuk mengambil tangkapan layar Anda tanpa pratinjau pop-up terlebih dahulu.

Jika Anda belum sepenuhnya memahami tentang Pintasan (shortcut), berikut ringkasan singkatnya. Pintasan adalah aplikasi otomatisasi bawaan pada sebuah perangkat. Baik iPhone ataupun iPad dan lainnya yang memungkinkan Anda membuat otomatisasi cepat (pintasan) yang merangkai banyak tindakan. Nah, dalam panduan ini, penulis akan membuat pintasan untuk mengambil tangkapan layar dan menyimpannya ke album Terbaru pada aplikasi Foto perangkat Anda.

Nantinya, setelah pintasan berhasil dibuat, Anda dapat menggunakannya dengan berbagai cara, termasuk dari widget Pintasan dan dengan menggunakan Siri. Namun di sini, penulis akan memberikan cara menggunakannya melalui fitur Back Tap yang tersedia untuk pengguna iPhone X dan di atasnya. Untuk menggunakannya, Anda cukup mengetuk bagian belakang iPhone Anda dua atau tiga kali akan mengambil tangkapan layar tanpa menampilkan thumbnail. Setelah tangkapan layar diambil, Anda akan melihat pemberitahuan pada bagian atas layar.

Cara Membuat Pintasan Untuk Mengambil Screenshot pada iPhone Anda

  1. Buka aplikasi Pintasan (shortcut) pada iPhone Anda, dan dari tab “Pintasan Saya”, ketuk tombol “+” pada bagian pojok kanan atas untuk membuat pintasan baru dengan mengetuk tombol “Tambahkan Tindakan”.
  2. Sekarang, cari dan tambahkan tindakan “Ambil Tangkapan Layar”.
  3. Selanjutnya, Anda perlu mengatur pintasan untuk menyimpan hasil tangkapan layar. Untuk melakukan ini, ketuk tombol “+” di bawah tindakan.
  4. Cari dan tambahkan opsi “Simpan ke Album Foto”.
  5. Secara default, tindakan ini menyimpan semua tangkapan layar yang akan Anda lakukan ke album Foto perangkat. Namun, Anda juga dapat mengubahnya ke album lain jika Anda mau.
  6. Saat pintasan sudah Anda buat, ketuk tombol “Berikutnya” pada bagian pojok kanan atas.
  7. Beri nama pintasan sesuai Anda, lalu ketuk tombol “Selesai”.
  8. Anda telah berhasil membuat pintasan.

Cara Mengatur Pintasan “Screenshot” sebagai Gesture Back Tap

Seperti yang sudah penulis katakan di awal, mengambil tangkapan layar bisa Anda lakukan dengan mudah, yakni memanfaatkan fitur gesture pada iPhone, seperti Double Tap, Tripple Tab dan juga Back Tap. Back Tap adalah fitur aksesibilitas yang memungkinkan Anda memicu tindakan sistem dan pintasan menggunakan gerakan ketuk dua kali atau tiga kali pada bagian belakang iPhone Anda. Berikut langkah-langkah untuk mengaturnya.

  1. Buka aplikasi Pengaturan pada iPhone Anda. Kemudian masuk pada opsi “Aksesibilitas”.
  2. Dari atas, pilih opsi “Sentuh”. Gulir ke bawah dan masuk ke bagian “Back Tap”.
  3. Pilih opsi “Double Tap” atau “Triple Tap” sesuai dengan apa yang ingin Anda gunakan.
  4. Sekarang, gulir ke bawah ke bagian Pintasan dan pilih pintasan yang sudah Anda buat tadi, misalnya pintasan screenshoot atau ambil tangkapan layar (sesuai dengan nama yang Anda ubah pada langkah nomor 7 di atas).

Nah, sekarang Anda dapat mengetuk dua kali atau tiga kali pada bagian belakang iPhone Anda, maka pintasan akan mengambil tangkapan layar dan menyimpannya ke aplikasi Foto. Anda tidak akan melihat pratinjau thumbnail yang mengganggu lagi yang biasanya muncul pada bagian bawah kiri layar. Ketahuilah bahwa aplikasi Pintasan akan menampilkan pemberitahuan selama satu atau dua detik (dan ini belum ada cara untuk menonaktifkannya).

Selain itu, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan fitur gesture Back Tap pada iPhone Anda. Misalnya Anda menggunakannya untuk menghentikan musik, menyalakan senter, dan bahkan membuka Google Assistant, semua bisa Anda lakukan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.