Cara Mudah Mengatasi Malfungsi Pada Samsung Galaxy S9 Dengan Safe Mode

Anda pasti sependapat dengan kami, jika kami katakan sebuah ponsel akan mengalami penurunan performa setelah dipakai beberapa bulan. Dan apakah yang menjadi penyebabnya? pasti tidak lain adalah seberapa banyak aplikasi yang kita pasang di ponsel tersebut, apalagi jika kita sering gonta-ganti aplikasi tanpa melakukan perawatan terhadap ponsel atau smartphone tersebut.

Safe Mode Samsung Galaxy S9

Safe Mode Samsung Galaxy S9

Tak terkecuali dengan Samsung Galaxy S9 yang notabene merupakan smartphone mahal dan didukung dengan spesifikasi terbaru dan handal pastinya. Memang seakan tidak bisa dipercaya smartphone flagship tersebut yang didukung dengan RAM 4GB dan memory internal 64 GB masih akan mengalami masalah seperi nge-lag atau malfungsi.

Biasanya, metode perbaikan adalah cara mengatasi yang paling mudah dan sering kita lakukan adalah dengan melakukan reset factory atau mengembalikan ke pengaturan pabrik. Apakah cara ini salah? jika kami mengatakan tidak salah namun kurang tepat karena bisa jadi masalahnya tidak terlalu fatal dan tidak memerlukan reset factory yang akan akan menyebabkan perangkat anda kembali ke kondisi awal. Dan sebenarnya mungkin masalah tersebut dapat berhasil diselesaikan hanya dengan mengakses dari Safe Mode.

Safe Mode merupakan bagian khusus yang terpisah dari Mode Android yang kita tahu. Dan Safe Mode berjalan terpisah sehingga anda perlu melakukan reboot untuk dapat masuk ke sistem Safe Mode ini. Dan untuk anda ketahui Safe Mode Android sebenarnya tidak jauh beda dengan Safe Mode komputer yang berbasis Windows, dimana semua aplikasi dan proses pihak ketiga dinonaktifkan secara default. Oleh karena itu, jika malfungsi pada Samsung Galaxy S9 anda disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga, maka anda dapat mengatasinya dari mode ini.

Berikut Cara Reboot Safe Mode Pada Samsung Galaxy S9:

  • Aktifkan Smartphone anda.
  • Kemudian, tekan tombol Daya dan tekan terus selama beberapa saat.
  • Saat opsi booting muncul lepaskan tombol Daya.
  • Berikutnya, ketuk berulang-ulang pada opsi Power-Off dilayar.
  • Terus ketuk hingga dilayar tampil opsi “restart in safe mode”.
  • Ketuk lagi pada opsi tersebut dan tunggu proses reboot.
  • Nah selanjutnya setelah reboot, dilayar akan ditampilkan jika Samsung Galaxy S9 anda berada dalam “Safe Mode”.
  • Dan jika anda ingin kembali ke mode Android, cukup anda re-boot kembali.

Begitulah cara Safe Mode Android pada Samsung Galaxy S9. Dari sana Anda harus dapat mengetahui apakah aplikasi pihak ketiga menyebabkan kerusakan atau tidak. Jika aplikasi terlibat, cukup hapus instalan aplikasi yang baru diinstal dan periksa lagi apakah masalah telah diselesaikan dengan reboot dan masuk ke mode Android. Semoga artikel ini dapat membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.