How To

Cara Mudah Mengatur dan Menggunakan Mode Anak pada Microsoft Edge

Microsoft kembali menghadirkan fitur baru pada browser miliknya, yakni fitur mode anak pada Microsoft Edge. Ini merupakan browser bawaan yang hadir secara...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 6 views
Mode Anak Pada Microsoft Edge

Microsoft kembali menghadirkan fitur baru pada browser miliknya, yakni fitur mode anak pada Microsoft Edge. Ini merupakan browser bawaan yang hadir secara default pada Windows 10 saat ini. Sebelumnya browser ini bernama Internet Explore, namun karena performanya yang kurang memuaskan, maka Microsoft akhirnya merilis Microsoft Edge sebagai browser bawaan terbaru untuk Windows 10.

Mode Anak Pada Microsoft Edge
Mode Anak Pada Microsoft Edge

image source

Tidak selalu mungkin untuk memberikan perangkat khusus kepada anak-anak Anda dengan kontrol orang tua yang ketat. Saat ini anak-anak juga tidak mau kalah bersaing dengan orang tua. Mereka cenderung akan lebih menyukai perangkat elektronik termasuk komputer untuk sekedar streaming atau bermain game. Nah, sebagai solusinya, Anda bisa memberikan komputer Anda untuk sementara waktu. Anda dapat mengaktifkan fitur “Mode Anak” pada Microsoft Edge untuk bisa Anak gunakan berselancar.

Mengenal Mode Anak Pada Microsoft Edge

Seperti Google Chrome, Microsoft Edge mendukung banyak profil pengguna. “Mode Anak” pada dasarnya hanyalah profil pengguna lain, tetapi memiliki beberapa fitur yang secara khusus mengarah untuk membuat situs lebih aman bagi anak-anak ketika mengaksesnya.

Sebagai permulaan, Mode Anak akan memblokir banyak iklan pada situs yang mereka anggap tidak cocok untuk Anak. Dan secara default akan mengarah pada search engine Bing SafeSearch, yang memblokir akses usia 18 tahun ke atas dalam bentuk teks, gambar, dan video. Akan tetapi fitur terbesarnya adalah anak-anak akan tetap mendapatkan akses tak terbatas ke internet secara keseluruhan.

Secara default, Mode Anak mendapatkan akses ke sekitar 70 situs populer yang berfokus pada anak. Orang tua memiliki kemampuan untuk menyesuaikan daftar ini dan menambahkan favorit mereka sendiri. Jika seorang anak mencoba mengakses situs dari luar daftar ini, Microsoft Edge akan memblokir mereka.

Mode Anak memiliki dua opsi rentang usia: 5-8 tahun atau 9-12 tahun. Kelompok yang lebih tua mendapatkan berita yang sesuai dengan usia pada Halaman Tab Baru, yang mengumpulkan artikel dari MSN untuk anak-anak seusianya.

Selain itu, Mode Anak juga mendukung beberapa tema browser yang menyenangkan untuk anak-anak pilih sesuai kesukaannya, Jadi anak-anak bisa memilih warna favorit mereka. Dan yang terpenting, untuk keluar dari Mode Anak tersebut membutuhkan autentikasi orang tua dalam bentuk PIN atau kata sandi.

Cara Menggunakan Mode Anak pada Microsoft Edge

Mode Anak akan tersedia pada Microsoft Edge secara default pada Windows 10 dan macOS. Dan inilah cara menggunakannya.

  1. Pertama, klik ikon profil Anda pada pojok kanan atas jendela browser.
  2. Selanjutnya, pilih “Browse in Kids Mode” dari menu.
  3. Jika ini pertama kalinya Anda meluncurkan Mode Anak, Anda akan disambut dengan pengantar. Klik “Mulai” untuk melanjutkan.
  4. Sekarang, Anda perlu untuk memilih rentang usia untuk anak Anda. Opsinya adalah “5-8 tahun” dan “9-12 tahun“. Pilih salah satu untuk melanjutkan.

Catatan: Anda tidak perlu melakukan ini setiap kali meluncurkan Mode Anak. Kecuali Anda menginginkannya. Mulai sekarang, profil Mode Anak akan langsung terbuka saat Anda memilih “Jelajahi dalam Mode Anak”.

Mode Anak akan terbuka dalam layar penuh agar anak tidak pergi. Menggerakkan mouse ke bagian atas layar akan menampilkan tab dan bilah alamat saja. Secara default, ada beberapa situs anak-anak yang bisa secara otomatis Anda tambahkan ke pintasan Halaman Tab Baru. Anda atau anak Anda dapat menyesuaikan tema pada pojok kanan atas Halaman Tab Baru.

Cara Mudah Keluar dari Mode Anak

  • Untuk keluar dari Mode Anak, pilih ikon profil mode Anak pada bagian atas kanan browser. Klik tombol “Mode Anak” dan pilih “Keluar dari Jendela Mode Anak“.
  • Anda akan perlu memasukkan kata sandi atau PIN yang Anda gunakan sebagai administrator Windows atau Mac PC.
  • Selesai! Anda akan dibawa kembali ke jendela Microsoft Edge biasa.

Cara Melakukan Kostumisasi Pengaturan Mode Anak

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai orang tua untuk menyesuaikan pengalaman Mode Anak pada Microsoft Edge. Anda hanya butuh masuk pada pengaturan browser.

  1. Untuk mengakses setelan ini, klik ikon menu tiga titik di pojok kanan atas jendela browser dan pilih “Setelan“.
  2. Dari halaman Pengaturan, navigasikan ke bagian “Keluarga“.
  3. Di sinilah Anda dapat mengubah usia mulai Mode Anak. Jika Anda memiliki banyak anak, Anda mungkin ingin Edge selalu menanyakan rentang usia yang akan digunakan saat memulai Mode Anak.
  4. Selanjutnya, klik “Kelola Situs yang Diizinkan dalam Mode Anak” untuk menyesuaikan situs web yang disetujui.
  5. Klik “X” di samping situs web untuk menghapusnya dari daftar.
  6. Pilih “Tambahkan Situs Web” untuk menambahkan situs web Anda ke daftar.
  7. Masukkan URL di kotak teks dan klik “Tambahkan“.

Mode Anak adalah fitur yang berguna untuk memberi anak Anda lingkungan aman mereka sendiri saat menggunakan Microsoft Edge. Anda tidak perlu khawatir tentang mereka mengakses barang-barang Anda atau melihat sesuatu yang seharusnya tidak mereka lakukan. Namun, seperti biasa, sebagai orang tua perlu dan wajib untuk selalu memberikan edukasi terhadap anak.

The Most Recent Hits

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.