How To

Cara Mudah Mengembalikan Postingan atau Story yang Terhapus Pada Instagram

Instagram hadir dengan sejumlah fitur menarik untuk para pengguna, salah satunya mengembalikan postingan atau story yang sudah terhapus. Hal inilah yang kemungkinan...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 7 views
Mengembalikan Postingan Yang Terhapus

Instagram hadir dengan sejumlah fitur menarik untuk para pengguna, salah satunya mengembalikan postingan atau story yang sudah terhapus. Hal inilah yang kemungkinan menjadi daya tarik tersendiri untuk memikat para penggunanya agar lebih menyukai Instagram ketimbang media social lainnya.

Mengembalikan Postingan Yang Terhapus
Mengembalikan Postingan Yang Terhapus

image source

Tidak hanya itu saja, ternyata Instagram merupakan salah satu media berbagi foto dan video paling mudah dan paling sederhana. Perlu kamu ketahui, pada Instagram pengguna tidak bisa berbagi tanpa foto atau video. Jadi tidak sama dengan facebook atau media sosial lainnya yang bisa membuat postingan dengan menggunakan teks. Tetapi bagi Instagram tidak, pengguna yang akan membagikan postingan harus menyertakan foto maupun video, kemudian teks baru bisa anda sertakan dalam deskripsinya.

Nah, Kembali pada pokok pembahasan, fitur mengembalikan tersebut bernama Recently Deleted. Dengan memanfaatkan fitur ini, maka akan mempermudah pengguna mengembalikan psotingan yang terhapus baik disengaja maupun tidak disengaja. Fitur tersebut memungkinkan pengguna meninjau dan memulihkan konten yang terhapus mulai dari foto, video, Reels, IGTV dan Stories.

Instagram memposisikan fitur recently deleted agar bermanfaat melawan peretasan yang marak terjadi, terutama jika peretas mendapatkan kendali atas akun dan mulai menghapus konten Anda. Oleh karenanya, fitur ini tersedia secara tersembunyi, dan perlu Langkah-langkah yang tepat jika Anda ingin menggunakannya. Namun sebelum itu, penulis akan memberikan cara membuat postingan pada Instagram dengan mudah.

Cara Membuat Postingan Pada Instagram

Membuat postingan sama hal dengan membagikan konten untuk teman dan kerabat Anda. Adapaun orang yang dapat melihat konten yang Anda bagikan, hanyalah mereka yang menjadi follower (dalam Bahasa facebooknya pertemanan). Berikut cara membuat postingan pada Instagram.

  1. Ketuk ikon ‘+’ pada bagian bawah halaman Instagram.
  2. Kemudian tambahkan foto atau video yang ingin Anda bagikan melalui postingan atau ke cerita anda.
  3. Selanjutnya klik Next pada tanda panah ke arah kanan pada pojok kanan atas.
  4. Anda bisa menambahkan keterangan pada kolom yang tersedia. Selain itu, Anda juga bisa membagikan postingan ini melalui Facebook, twitter dan Tumblr.
  5. Jika sudah siap, ketuk tanda centang pada pojok kanan atas untuk menyelesaikan postingan Anda.

Cara Membuat Stories Pada Instagram

  1. Tekan tanda + di pojok kiri atas feed Instagram, tekan ikon profilmu (Your Story), atau swipe dari kiri ke kanan di bagian mana pun pada feed.
  2. Ada tiga jenis tindakan yang bisa Anda lakukan untuk membuat Insta Stories:
  • Tekan tombol lingkaran yang ada di bawah (tengah) untuk mengambil foto.
  • Tombol putar pada sebelah kanan untuk mengganti ke kamera depan.
  • Tekan yang lama (tap+hold) untuk membuat video, maka nantinya akan ada garis berwarna pada sekeliling lingkaran yang menunjukkan durasi video.
  • Swipe dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas untuk membuat Instagram Stories dari galeri.

Cara Mengembalikan Postingan atau Story yang Terhapus

Instagram memiliki folder sampah yang sangat rahasia. Apakah itu story yang tidak sengaja Anda hapus atau gambar yang Anda bagikan sbelumnya. Anda dapat menggunakan folder ini untuk mengambil video, cerita, postingan, atau reels IGTV yang sudah terhapus. Berikut cara mengembalikan postingan Instagram Anda.

  1. Pertama, buka aplikasi Instagram pada iPhone atau perangkat Android Anda. Selanjutnya, ketuk ikon gambar profil yang ada pada sudut kanan bawah untuk mengunjungi halaman profil Anda.
  2. Selanjutnya pada tombol tiga baris pojok kanan atas, pilih “Pengaturan”.
  3. Masuk ke menu “Akun”. Kemudian pilih opsi “Recently Deleted” yang terletak pada bagian bawah daftar.
  4. Dari sini, Anda akan menemukan semua postingan, reel, story, dan video IGTV yang telah Anda hapus dalam 30 hari terakhir.

Pada bagian “Recently Deleted”, cerita akan tetap ada selama 24 jam jika tidak ada pada “Arsip” Anda. Setiap jenis postingan lain yang terhapus, maka akan otomatis hilang dari folder sampah dalam 30 hari kemudian.

Pada menu ini Anda dapat memulihkannya atau menghapusnya secara permanen dari akun Anda. Untuk melakukannya, ketuk konten yang ingin Anda pulihkan atau hapus selamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.