How To

Cara Mudah Menggunakan Fitur ECG Pada Apple Watch Anda

Fitur ECG pada Apple Watch merupakan sebuah fitur Elektrokardiogram yang menarik untuk model terbaru. Aplikasi Apple Watch ECG dapat memberikan pembacaan detak...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 4 views
Cara Mudah Menggunakan Fitur ECG Pada Apple Watch

Fitur ECG pada Apple Watch merupakan sebuah fitur Elektrokardiogram yang menarik untuk model terbaru. Aplikasi Apple Watch ECG dapat memberikan pembacaan detak jantung yang jauh lebih akurat daripada sensor optik biasa. Selain itu bahkan dapat mengidentifikasi potensi aritmia pada pengguna.

Cara Mudah Menggunakan Fitur ECG Pada Apple Watch
Cara Mudah Menggunakan Fitur ECG Pada Apple Watch

image source

Lantas, tahukah Anda seberapa akurat ECG membaca detak jantung pada Apple Watch Anda? Bagaimana Anda mengaksesnya? Dan apa yang Anda lakukan dengan informasi tersebut? Nah, pada kesempatan ini penulis akan mengupas secara tuntas mengenai fitur ECG pada Apple Watch.

Apa ECG Rekam dari Tubuh Anda?

Elektrokardiogram mengukur sinyal listrik dari jantung yang bertujuan untuk mengidentifikasi tanda-tanda fibrilasi atrium. Ini adalah detak jantung tidak teratur yang dapat menyebabkan stroke atau penyakit jantung lainnya.

Jantung Anda adalah otot. Seperti otot bisep atau paha belakang Anda. Sama seperti otot lainnya, jantung juga membutuhkan impuls listrik untuk memicu kontraksi. Dengan cara ini, ECG dapat mengukur waktu dan kekuatan detak jantung. Sehingga akan menghasilkan pembacaan yang jauh lebih akurat daripada yang dapat Anda lakukan dengan monitor optik.

Aplikasi Apple Watch ECG mencari ketidakteraturan antara ritme ruang jantung atas dan bawah. Ini idealnya harus sinkron, yang dapat Anda sebut sebagai “ritme sinus”.

Lalu Fibrilasi atrium adalah kondisi jantung yang dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur dan mungkin cepat. Anda mungkin menemukan bahwa detak jantung istirahat Anda di atas 100 detak per menit. Hal ini dapat menyebabkan gejala lain seperti pusing, sesak napas, dan kelelahan. Pada gilirannya, disebabkan oleh impuls listrik abnormal yang menyebabkan kontraksi cepat dan mencegah jantung merilekskan dengan benar antara detak jantung.

Ada juga berbagai jenis fibrilasi atrium:

  1. Fibrilasi atrium paroksismal: Episode yang datang dan pergi
  2. Fibrilasi atrium persisten: Berlangsung selama tujuh hari atau lebih
  3. Fibrilasi atrium persisten yang berlangsung lama: Berlangsung selama satu tahun atau lebih
  4. Fibrilasi atrium permanen

Dari sinilah Anda kemudian memiliki perangkat yang berpotensi menandai gejala ini menjadi berguna. Melihat fibrilasi atrium bisa datang dan pergi, dokter mungkin gagal mendeteksi gejala selama kunjungan. Dengan menggunakan aplikasi Apple Watch ECG, Anda dapat menguji sendiri kapan pun Anda mulai merasa tidak enak badan.

Apple Watch mungkin juga dapat mengidentifikasi bentuk takikardia lainnya, seperti atrial flutter. Atrial flutter mirip dengan atrial fibrillation tetapi memiliki bentuk gelombang yang lebih teratur / tidak terlalu kacau.

Bagaimana ECG Pada Apple Watch Bekerja?

Berkat monitor detak jantung elektrik yang terletak pada sekitar bagian belakang perangkat dan Digital Crown, Apple Watch dapat memberikan ECG “serupa dengan kabel tunggal”. Ini dibandingkan dengan ECG 12 sadapan yang ditawarkan dokter. Yang terakhir merekam sinyal dari berbagai sudut pada jantung untuk memberikan 12 bentuk gelombang terpisah.

Penting yang perlu ingat bahwa Apple Watch bukanlah sebagai perangkat medis. Aplikasi Apple Watch ECG tidak boleh Anda gunakan untuk mendiagnosis kondisi apa pun. Apple sangat ingin menunjukkan bahwa itu tidak dapat mendeteksi serangan jantung, pembekuan darah, atau stroke. Namun, peringatan ini tidak menghalangi banyak pakar kesehatan untuk menyuarakan keprihatinan mereka atas fitur tersebut. Masalahnya bukan pada aplikasi ECG itu sendiri, melainkan potensi pengguna untuk menempatkan terlalu banyak stok dalam bacaan mereka.

Cara Mengatur ECG Pada Aplikasi Heatlth App

Untuk mulai menggunakan ECG pada Apple Watch, Anda harus mengaturnya terlebih dahulu melalui aplikasi Heatlth App. Proses ini akan menginstal aplikasi pada perangkat Anda dan memberinya izin yang Anda perlukan.

Buka aplikasi dan gulir ke bawah pada layar “Summary” sampai Anda menemukan widget yang relevan. Klik “Set Up ECG App”. Ikuti langkah-langkah yang muncul pada layar. Ini termasuk menambahkan usia Anda. Sayangnya, aplikasi Apple Watch ECG hanya akan berfungsi bagi pengguna yang berusia 22 tahun ke atas.

Untuk beberapa, widget ECG mungkin tidak ada pada layar Summary. Anda perlu menggulir ke bawah dan membuka Pengaturan Heart => Electrocardiograms (ECG) => Set Up ECG App. Setelah Anda melakukan semua langkah yang Anda perlukan, aplikasi Apple Watch ECG akan dipasang dan siap untuk Anda gunakan kapan saja.

Perhatikan bahwa fitur ini hanya tersedia di Apple Watch Series 4 dan yang lebih baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.