How To

Cara Mudah Menggunakan Fitur Multi-Layar Pada Perangkat Huawei

Huawei memiliki fitur multi-layar yang bisa Anda gunakan untuk menghubungkan antar perangkat Huawei. Dengan begitu, akan membuat Anda menjadi lebih mudah ketika...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 5 views
Cara Mengaktifkan Fitur Multi Layar

Huawei memiliki fitur multi-layar yang bisa Anda gunakan untuk menghubungkan antar perangkat Huawei. Dengan begitu, akan membuat Anda menjadi lebih mudah ketika sedang mengerjakan pekerjaan dengan perangkat Huawei.

Cara Mengaktifkan Fitur Multi Layar
Cara Mengaktifkan Fitur Multi Layar

image source

Sebelumnya mungkin Anda pernah berfikir untuk mentransfer dokumen dan multimedia dari ponsel ke laptop Anda atau bahkan sebaliknya? Namun tidak perlu diragukan lagi, ada banyak cara mudah untuk melakukannya. Namun, cukup menarik bila Anda dapat melakukan ini hanya dengan menyeret dan melepas file yang Anda inginkan.

Banyak pengguna ponsel hanya akan menggunakan beberapa fungsi umum setelah membeli ponsel. Namun, sebagian besar ponsel hadir dengan banyak fitur yang tidak pernah pengguna gunakan sebelumnya. Fitur-fitur ini biasanya membuat ponsel lebih mudah digunakan hanya jika Anda tahu cara menggunakannya. Nah, pada kesempatan ini, kita akan melihat fitur pada ponsel Huawei yang jarang orang membahasnya, yakni fitur multi-layar antar perangkat Huawei.

Fitur ini merupakan sederetan “fitur kecil” yang banyak orang perhatikan terutama untuk pengguna Huawei sendiri. Meskipun demikian, pengguna yang mengetahui fitur ini dapat memanfaatkannya dengan baik. Dan fitur ini merupakan bagian dari pembaruan sistem Huawei EMUI 10 terbaru.

Misalnya seperti Huawei Mate 30 dan model Pro-nya yang sudah memiliki fitur ini. Selain itu, semua smartphone Huawei yang saat ini menjalankan sistem EMUI 10 juga dapat menikmati fitur ini. Namun, banyak pengguna yang tidak menggunakan fitur Multilayar karena mereka bahkan tidak tahu bahwa fitur tersebut ada. Ada juga beberapa pengguna yang tidak bisa mengaktifkan fitur tersebut pada smartphone-nya.

Apa Itu Fitur Multi-Layar?

Sebelum kita masuk ke panduan tentang cara menggunakan fitur ini, penulis akan sedikit menjelaskan terlebih dahulu apa itu fitur Multi-layar Huawei. Tahukan Anda terhadap Huawei Share? Fitur Multi-layar Huawei merupakan versi dari Huawei Share yang lebih baik. Ini adalah fitur yang menyediakan cara interaksi yang sangat sederhana antara smartphone dan PC. Setelah koneksi berhasil, Anda dapat memiliki layar ponsel pada laptop Anda. Dengan menggunakan mouse dan keyboard, Anda dapat mengontrol secara bersamaan apa yang terjadi pada kedua perangkat Anda. Selanjutnya, Anda dapat mentransfer file dan multimedia dengan cara drag and drop yang sangat mudah.

Cara Mudah Menggunakan Fitur Multi-Layar Pada Perangkat Huawei

Menariknya, untuk mengaktifkan fitur ini caranya sangat mudah. Pada dasarnya, ada tiga cara untuk membuat koneksi antara ponsel Huawei dan PC menggunakan fitur Multi-layar. Metode ini termasuk Bluetooth, koneksi NFC, dan kode QR.

Untuk mengaktifkan fitur ini menggunakan salah satu cara berikut ini cukup mudah. Namun, Anda harus memastikan bahwa kedua perangkat tersebut kompatibel dengan fitur tersebut.

Untuk menggunakan fitur ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan ke versi EMUI 10.0 Huawei dan yang lebih baru. Jika pembaruan ini tidak tersedia untuk ponsel Anda, maka berarti Anda tidak dapat menggunakannya untuk saat ini. Berikut ini penulis akan berikan cara mengkoneksikan menggunakan Bluetooth.

Cara Mengaktifkan Fitur Multi-Layar dengan Bluetooth

  1. Pastikan kedua perangkat Anda memiliki Bluetooth yang berfungsi secara normal.
  2. Aktifkan kedua Bluetooth pada ponsel dan PC Anda.
  3. Selanjutnya Anda bisa mencari “Kolaborasi multilayar (Multi-screen collaboration)” pada menu tarik-turun.
  4. Buka “PC Manager” pada PC Anda, lalu klik “Telepon Saya“, klik “Hubungkan” sekarang dan “Tutup koneksi“.
  5. Tunggu permintaan koneksi pop-up pada kedua perangkat dan selesaikan koneksi.
  6. Setelah koneksi selesai, operasikan telepon dan transfer file pada laptop Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa, ponsel cerdas Anda harus dekat dengan laptop atau tablet agar koneksi lebih stabil. Selain itu, pastikan koneksi Bluetooth Anda setel agar dapat menemukan perangkat lain. Ini harus aktif pada smartphone dan PC. Jika tidak, kedua perangkat mungkin tidak dapat menemukan satu sama lain dan koneksi tidak akan berhasil.

Beberapa Perangkat Huawei yang Mendukung Fitur Multi-Layar

Syarat utama untuk fitur ini adalah ponsel Anda harus menggunakan EMUI 10.0 ke atas. Kabar baiknya adalah pembaruan Huawei EMUI 10 tersedia untuk sebagian besar model Huawei dan Honor. Artinya sebagian besar perangkat Huawei dan Honor sudah mendukung fitur ini.

Namun, pada saat fitur ini pertama kalinya meluncur, berikut adalah perangkat yang mendukung fitur tersebut. Jadi, jika smartphone atau laptop Anda lebih baru dari yang ada pada daftar ini, pasti mendukung fitur Multi-layar Huawei.

Smartphone: Seri Huawei Mate 30, seri Mate 20, seri P30, seri Honor 20, seri V20, dan Honor Magic 2. Jika perangkat Anda lebih baru dari ini, kemungkinan besar perangkat Anda mendukung fitur ini.

Laptop: Huawei MateBook X Pro, X Pro (2019), MateBook 13 & 14, MagicBook Ryzen 2019, dan MagicBook 2019. Jika perangkat Anda lebih baru dari ini, kemungkinan besar mendukung fitur ini.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.