How To

Cara Mudah Menggunakan Grup Tab Pada Google Chrome Android

Pada saat Anda menggunakan Google Chrome Android, bisa saja Anda memiliki 20 tab yang terbuka sekaligus, atau ada sebagian yang tidak dapat...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 215 views
Google Chrome Android

Pada saat Anda menggunakan Google Chrome Android, bisa saja Anda memiliki 20 tab yang terbuka sekaligus, atau ada sebagian yang tidak dapat menggunakan lebih dari 5. Jika Anda termasuk dalam grup pertama, Anda dapat melakukan pengelompokan Tab tersebut dalam sebuah grup agar tidak terlalu banyak.

Grup Tab telah menjadi fitur tambahan Google Chrome desktop pada bulan Mei 2020 lalu. Fitur ini juga tersedia pada ponsel dan tablet Android, dan bekerja dengan cara yang sama. Anda dapat mengelompokkan tab menjadi satu, hampir seperti folder, agar tetap teratur.

Google Chrome Android
Google Chrome Android

image source

Untuk menggunakan Grup Tab pada Chrome Android, Anda memerlukan versi 88 atau yang lebih baru. Fitur ini secara otomatis telah aktif saat anda menggunakan versi tersebut. Anda dapat memperbaharuinya melalui Google Playstore.

Cara Mudah Menggunakan Grup Tab Pada Google Chrome Android

  1. Pertama, buka aplikasi Google Chrome Android Anda, lalu ketuk ikon tab pada bagian pojok kanan atas untuk melihat semua tab yang sedang terbuka.
  2. Dari sanalah Anda akan melihat semua tab dalam satu kotak. Untuk membuat grup, ketuk dan tahan pada tab dan seret ke atas tab lain. Lepaskan saat tab bawah disorot.
  3. Tab tersebut sekarang akan berada dalam grup berjudul “2 Tab”. Cukup ketuk untuk membuka grup.

Anda juga dapat menambahkan Tab lain dengan menggunakan cara yang sama seperti di atas sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda menavigasi ke salah satu tab ini, Anda akan melihat tab lain dari grup tersebut dalam satu baris. Ini memungkinkan Anda agar lebih mudah beralih antara tab dalam satu grup yang sudah Anda buat.

Selain itu, Anda dapat menghapus tab dari grup dan tetap membukanya di tab utama Anda. Buka jendela pratinjau grup, ketuk dan tahan tab, dan seret ke “Hapus Dari Grup”.

Semoga cara ini dapat mempermudah perkerjaan Anda pada Google Chrome Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.