How To

Cara Mudah Menggunakan LINE Meeting Untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

LINE Meeting sengaja diperkenalkan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna dalam hal mengadakan kegiatan secara virtual. Karena sampai sekarang ini, berbagai macam kegiatan...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 14 views
Cara Menggunakan LINE Meeting

LINE Meeting sengaja diperkenalkan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna dalam hal mengadakan kegiatan secara virtual. Karena sampai sekarang ini, berbagai macam kegiatan masih belum bisa dilaksanakan secara langsung karena berkaitan dengan adanya masa pandemi. Salah satunya dalam hal pendidikan.

Dunia pendidikan saat ini khususnya di Indonesia belum bisa dilaksanakan di sekolah. Sehingga pemanfaatan adanya aplikasi pembelajaran virtual menjadi semakin meningkat. Misalnya untuk mengadakan tatap muka secara virtual, karena tidak mungkin pembelajaran hanya akan berputar dalam penugasan secara terus menerus. Sehingga dibutuhkan variasi pembelajaran agar anak atau siswa tidak bosan saat belajar dari rumah (BDR).

Cara Menggunakan LINE Meeting
Cara Menggunakan LINE Meeting

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah LINE. LINE Meeting baru saja dihadirkan untuk memberikan kemudahan dalam hal tatap muka. Tatap muka disini berbentuk panggilan video yang bisa dilakukan dengan peserta dengan jumlah yang cukup banyak. Bahkan bisa mencapai hingga 500 orang. Nah, untuk menggunakannya, agar kamu tidak kebingungan, cobalah dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Mudah Menggunakan LINE Meeting Untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

LINE Meeting ini merupakan sebuah panggilan video yang bisa kamu lakukan secara gratis di dalam aplikasi LINE dengan melibatkan banyak partisipan atau siswa, bahkan hingga 500 orang sekaligus.

Panduan Menggunakan LINE Meeting
Panduan Menggunakan LINE Meeting – image source

Caranya cukup mudah sekali, pengguna bisa menciptakan tautan URL dari ruang percakapan LINE dengan dua cara sederhana. Kemudian mengundangnya melalui sebuah URL yang sudah dibuat tadi dengan mengirimkannya melalui ruang percakapan di LINE.

1. Silahkan buka aplikasi LINE kamu terlebih dahulu. Pastikan sudah terupdate versi yang terbaru saat ini versi 10.13.0 ke atas untuk smartphone dan versi 6.2.0 ke atas untuk PC atau laptop.

2. Buat Group (Group bisa berupa nama kegiatan virtual yang akan kamu laksanakan) terlebih dahulu, kemudian tambahkan partisipan/orang yang ingin kamu ajak mengikuti acara tersebut. Atau kamu bisa membuatkan sebuah tautan/url, kemudian bagikan kepada semua orang yang akan mengikutinya.

3. Setelah Group berhasi kamu buat, Tekan ikon panggilan video, dan kemudian tekan tombol START untuk mulai.

4. Maka partisipan lain, akan otomatis muncul sebuah pop-up dalam layar untuk segera join atau bergabung dalam panggilan group tersebut.

Cukup mudah sekali bukan? Dengan menggunakan aplikasi LINE ini, akan lebih menghemat paket data yang kamu miliki. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.