How To

Cara Mudah Menggunakan Live Audio Room Pada Facebook

Facebook akan segera mulai menguji fitur audio terbarunya yang memiliki sebutan Live Audio Room. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk mendengarkan audio...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 17 views
Cara Menggunakan Live Audio Room

Facebook akan segera mulai menguji fitur audio terbarunya yang memiliki sebutan Live Audio Room. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk mendengarkan audio pada latar belakang sistem Anda. Kehadiran fitur ini merupakan sebuah tantangan khusus bagi Facebook mengingat Clubhouse dan Twitter Space juga memiliki fitur yang sama.

Cara Menggunakan Live Audio Room
Cara Menggunakan Live Audio Room

image source

Facebook sebagai raksasa media sosial terbesar tentunya tidak mau kalah dengan para pesaingnya. Apalagi dengan beberapa fitur baru yang juga akan segera menyambangi para pesaingnya. Media sosial sudah banyak mengubah dunia. Perkembangan media sosial tak terlepas dari peran teknologi digital networking dunia.

Jika hari ini, situs jejaring sosial Facebook telah menjadi raksasa media sosial dunia, maka pengaruhnya terhadap perubahan dunia terlebih Indonesia juga sangatlah besar. Facebook telah memiliki lebih dari 2,6 miliar pengguna pada seluruh dunia, seperti melansir dari Our World in Data.

Dan hari ini Facebook menjadi perusahaan terbaru yang meluncurkan fitur baru sebagai pesaing Clubhouse. Facebook mengumumkan Fitur ruang audio langsung ini pada bulan April lalu, dan sekarang secara resmi meluncur untuk pengguna pada wilayah AS.

Baca juga: Begini Cara Mudah Melakukan Live Streaming di Facebook

Cara Menggunakan Live Audio Room Pada Facebook

Mirip dengan Clubhouse dan Twitter Spaces, live audio room Facebook memungkinkan Anda untuk mendengarkan dan bergabung dalam percakapan audio saja yang diselenggarakan oleh pengguna terverifikasi, pakar, dan lainnya. Sebagai penyelenggara ruang audio, Anda dapat mengundang teman, pengikut, atau pendengar mana pun untuk menjadi pembicara dalam acara live Anda.

Fitur Live Audio Room Pada Facebook
Fitur Live Audio Room Pada Facebook

Meskipun tidak ada batasan jumlah pendengar, sebuah ruangan hanya dapat memiliki hingga 50 pembicara. Jika pada Grup Facebook, admin akan dapat memutuskan apakah moderator, anggota grup, atau admin lain dapat membuat Ruang Audio secara langsung atau tidak. Pengguna yang terverifikasi dan Grup Facebook terpilih pada negara AS sekarang dapat membuat Ruang Audio Langsung menggunakan aplikasi Facebook pada iOS.

Kemampuan untuk menyelenggarakan Live Audio Room ini penulis berharap akan meluncur juga ke ponsel Android pada akhir tahun nanti. Namun nampaknya Facebook masih harus melihat apakah peluncuran yang tertunda ini akan berdampak pada popularitas. Sekarang ini, Clubhouse yang dimulai dengan kuat, perlahan-lahan kehilangan momentumnya karena peluncuran yang tak kunjung sampai.

Baik pengguna iOS dan Android dapat menemukan fitur live audio room ini dari Beranda, Grup Facebook, dan melalui notifikasi. Setelah bergabung dengan Ruang Audio ini, Anda dapat “mengangkat tangan” untuk bergabung dalam percakapan, menggunakan reaksi, dan mengaktifkan teks langsung.

Selain itu Anda juga akan diberi tahu saat teman atau pengikut Anda bergabung dengan Ruang Audio Langsung yang sama. Anda dapat menunjukkan penghargaan dan menawarkan dukungan kepada penyelenggara dengan mengirimkan Bintang, yang dapat gunakan selama percakapan.

Bersama dengan Ruang Audio Langsung, Facebook juga telah meluncurkan dukungan podcast untuk pengguna pada wilayah AS. Kini Anda dapat mendengarkan podcast saat menjelajahi Facebook, bahkan dengan layar ponsel Anda mati.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.