How To

Cara Mudah Menggunakan Samsung Smart Switch Pada Ponsel Samsung Anda

Pabrikan Samsung menyertakan sebuah fitur menarik pada perangkatnya yang bernama Samsung Smart Switch. Ini merupakan sebuah fitur yang bisa pengguna manfaatkan untuk...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 7 views
Cara Mudah Menggunakan Samsung Smart Switch

Pabrikan Samsung menyertakan sebuah fitur menarik pada perangkatnya yang bernama Samsung Smart Switch. Ini merupakan sebuah fitur yang bisa pengguna manfaatkan untuk mentransfer data antar ponsel Samsung. Namun tidak menutup kemungkinan beberapa pabrikan lain juga mendukung aplikasi ini termasuk pada iPhone.

Cara Mudah Menggunakan Samsung Smart Switch
Cara Mudah Menggunakan Samsung Smart Switch

image source

Anehnya, banyak pengguna Samsung yang mengabaikan adanya fitur ini dan malah memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan proses transfer data. Sebenarnya tidak masalah Anda ingin menggunakan aplikasi apapun pada perangkat Anda. Hanya saja, jika sudah ada, mengapa harus mencari yang lain. Perlu Anda ketahui, bahwa Samsung Smart Switch memiliki banyak fitur yang bisa pengguna manfaatkan untuk mentransfer data apa saja pada ponsel Anda.

Selain itu, Samsung Smart Switch juga bisa gunakan untuk mentransfer data dari ponsel lama Anda ke perangkat yang baru Anda beli. Jadi, sekarang beralih dari satu ponsel ke ponsel lain menjadi lebih mudah. Pada tahun 2021, ada beberapa metode mulus untuk melakukan ini, terlepas dari model ponsel cerdas dan sistem operasi yang Anda gunakan.

Berikut ini penulis berikan cara mudah mentransfer data dari ponsel lama Anda ke ponsel baru secara lebih detail. Namun, penulis rasa bahwa ponsel Samsung layak memiliki fitur lengkap yang ditawarkan oleh aplikasi transfer bawaan tersebut.

Sebelum Anda Memulai

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mulai menggunakan fitur ini. Persyaratan pertama adalah Samsung Smart Switch hanya berfungsi untuk mentransfer data ke perangkat Samsung. Anda tidak dapat, misalnya, menggunakan alat ini untuk mentransfer data dari perangkat Samsung ke perangkat lainnya.

Mentransfer konten secara nirkabel dari satu perangkat ke perangkat lainnya tidak lagi menakutkan seperti dulu. Ini hampir secepat melakukan tugas menggunakan kabel. Oleh karena itu, ini adalah mode transfer data perangkat-ke-perangkat Samsung yang bisa Anda gunakan. Sekarang, tergantung pada model ponsel cerdas yang Anda miliki (dan OS yang Anda jalankan).

Cara Mudah Menggunakan Samsung Smart Switch Pada Ponsel Samsung Anda

Hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah aplikasi Smart Switch sudah terinstal pada kedua perangkat. Ini biasanya secara default menjadi aplikasi bawaan pabrik. Namun jika ponsel cerdas sumber Anda bukan perangkat Samsung, Anda dapat mengunduh aplikasi Smart Switch Android dari Google Play Store jika kompatibel.

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Anda.
  2. Ketuk Akun dan cadangan.
  3. Lalu pilih Smart Switch.

Pada beberapa perangkat Samsung kelas bawah, Aplikasi Smart Switch mungkin belum terinstal sebelumnya. Inilah yang perlu Anda lakukan!

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk Akun dan cadangan.
  3. Ketuk Bawa data dari perangkat lama dengan Smart Switch.
  4. Maka, Anda akan melihat permintaan untuk mengunduh Smart Switch terlebih dahulu.
  5. Silahkan lanjutkan dengan petunjuk pada layar dan unduh aplikasinya. Setelah aplikasi terinstal, berikan izin yang Anda perlukan.

Setelah Anda memastikan bahwa Samsung Smart Switch sudah terinstal pada kedua ponsel, maka buka aplikasi pada kedua perangkat. Anda akan melihat layar yang mengatakan ‘Bawa data ke ponsel baru Anda’ (atau Let’s Go). Pastikan kedua perangkat saling berdekatan secara fisik.

  1. Pada ponsel lama, ketuk Kirim data/ Ayo.
  2. Anda sekarang akan diminta untuk memilih bagaimana Anda ingin menghubungkan kedua perangkat. Pilih Nirkabel.
  3. Masih pada ponsel lama, Anda akan mendapatkan layar pop-up Undangan untuk terhubung. Ketuk Terima.

Sekarang ponsel baru akan mencoba menyambung ke ponsel lama Anda. Anda akan melihat prompt pada telepon lama untuk mengizinkan koneksi. Ketuk Izinkan. Maka tidak lama koneksi akan segera dibuat.

Setelah transfer selesai, klik Selesai pada ponsel baru Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.