How To

Cara Mudah Menggunakan WhatsApp Pada Beberapa Perangkat di Android

Fitur WhatsApp multi perangkat kini sudah resmi hadir dalam versi Beta. Nah, bagi Anda yang sudah mendaftar untuk menggunakan pembaruan versi Beta...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 9 views
Cara Mudah Menggunakan WhatsApp Multi Perangkat

Fitur WhatsApp multi perangkat kini sudah resmi hadir dalam versi Beta. Nah, bagi Anda yang sudah mendaftar untuk menggunakan pembaruan versi Beta tersebut, Anda tentunya sudah bisa menikmati adanya fitur baru yang bernama multi perangkat. Bagi sebagian pengguna, fitur ini menjadi sangat ditunggu-tunggu kehadirannya, namuan bagi sebagian yang lain menganggap jika fitur ini kurang menjaga privasi dan keamanan aplikasi WhatsApp itu sendiri.

Cara Mudah Menggunakan WhatsApp Multi Perangkat
Cara Mudah Menggunakan WhatsApp Multi Perangkat

image source

WhatsApp nampaknya mulai menerapkan fitur multi-perangkatnya yang memungkinkan Anda menggunakan akun WhatsApp yang sama untuk beberapa perangkat. Hal ini berlaku sama seperti aplikasi perpesanan lainnya, telegram yang juga sudah sejak dulu mendukung fitur multi perangkat tersebut. Jadi Anda sekarang dapat menggunakan aplikasi WhatsApp tanpa harus membawa ponsel cerdas Anda.

Hal ini berbeda sekali dengan WhatsApp Web. Jika WhatsApp Web, Anda dapat menggunakannya melalui browser atau desktop dengan mengharusnya ponsel tetap dalam kondisi aktif. Sedangkan untuk fitur multi perangkat ini, Anda cukup menyambungkannya untuk yang pertama, kemudian dapat menggunakannya tanpa bergantung pada ponsel Anda. Artinya dalam ponsel tidak aktif pun, Anda masih bisa menggunakan WhatsApp pada perangkat lain.

Menggunakan WhatsApp untuk beberapa perangkat (seperti pada ponsel cerdas dan tablet Anda) tetap menjadi urusan yang rumit. Namun, aplikasi pesan instan memang menawarkan tingkat fleksibilitas dalam versi beta terakhirnya dengan memperkenalkan fungsi multi-perangkat.

WhatsApp Multi Perangkat: Apa Itu, dan Untuk Apa?

Versi Beta WhatsApp sekarang ini menghadirkan fitur multi-perangkat yang memungkinkan Anda untuk menggunakannya pada perangkat lain. Baik web, macOS, Windows, atau bahkan versi Portal aplikasi hingga empat perangkat sekaligus tanpa harus tetap masuk pada ponsel cerdas utama Anda.

Intinya, ini hanyalah masalah menghubungkan beberapa perangkat seperti PC atau tablet ke akun WhatsApp Anda melalui WhatsApp Web atau Desktop. Satu-satunya perbedaan? Sesi Anda tidak akan kedaluwarsa jika ponsel cerdas utama Anda menutup WhatsApp atau terputus dari aplikasi.

Fitur ini dapat berguna jika ponsel cerdas utama Anda kehabisan baterai atau Anda tidak sengaja menutup WhatsApp.

Cara Mengaktifkan Fungsi Multi-Perangkat Pada WhatsApp

Anda dapat menambahkan hingga 4 perangkat tambahan selain dari ponsel cerdas utama Anda jika Anda memiliki fungsi yang tersedia dalam versi beta. Ini berarti memiliki hingga 5 perangkat secara bersamaan menggunakan akun yang sama. Berikut cara untuk mengaktifkan fungsi multi-perangkat pada WhatsApp:

  1. Pergi ke pengaturan WhatsApp.
  2. Lalu buka Perangkat yang ditautkan (Linked devices).
  3. Pilih Beta multi-perangkat. Jika opsi ini tidak muncul, berarti akun Anda belum menawarkan fitur ini.
  4. Pilih Gabung beta dan Anda siap melakukannya!

Itu dia, Anda telah mengaktifkan fungsi multi-perangkat. Prosesnya persis sama jika Anda juga melakukannya pada iOS.

Cara Kerja WhatsApp Multi-Perangkat

Setelah Anda mengaktifkan, fungsi multi-perangkat bekerja dengan cara yang persis sama seperti menghubungkan ke WhatsApp Web pada perangkat PC atau tablet Anda.

Satu-satunya perbedaan utama adalah Anda tidak perlu tetap masuk ke ponsel cerdas utama Anda untuk terus menggunakan WhatsApp pada perangkat lain. Sebelumnya, saat Anda logout atau menutup WhatsApp, sesi web dan desktop juga akan kedaluwarsa. Ini tidak lagi terjadi pada fitur multi perangkat ini.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.