How To

Cara Mudah Menghubungkan AirPods Apple ke Ponsel Android

Menghubungkan Airpods ke Android memang tidak semudah menghubungkan ke perangkat Apple. Perlu kita ketahui bahwa kedua sistem operasi ini memiliki kompabilitas yang...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 5 views
Cara Mudah Menghubungkan Airpods Ke Android

Menghubungkan Airpods ke Android memang tidak semudah menghubungkan ke perangkat Apple. Perlu kita ketahui bahwa kedua sistem operasi ini memiliki kompabilitas yang berbeda-beda, sehingga untuk menghubungkan perangkatnya pun tidak begitu mudah.

Cara Mudah Menghubungkan Airpods Ke Android
Cara Mudah Menghubungkan Airpods Ke Android

image source

Namun demikian, masih banyak cara yang bisa pengguna lakukan jika memang terpaksa ingin menggunakannya. Misalnya Anda sebagai pengguna Android memiliki Airpods. Padahal banyak orang beranggapan, Airpods tersebut hanya bisa terhubung pada perangkat Apple saja, padahal sebenarnya tidak demikian. Anda sebagai pengguna Android masih memiliki kesempatan menggunakan Airpods pada ponsel Android. Jadi tidak perlu membeli iPhone ataupun iPad untuk bisa menggunakan Airpods tersebut.

AirPods menjadi salah satu opsi terbaik untuk perangkat Android Anda, baik Samsung, LG, Nokia, Google Pixel, atau lainnya. Tidak ada syarat lain untuk bisa menggunakannya. Hanya saja jika Anda memiliki Bluetooth dan masih berfungsi dengan baik, maka bisa dipastikan tetap bisa terhubung ke AirPods. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk menghubungkan Airpods ke ponsel Android Anda.

Cara Mudah Menghubungkan AirPods Apple ke Ponsel Android

Buka casing AirPods dan pastikan AirPods ada dalam casing terlebih dahulu bukan di luar. Kemudian, saatnya Anda mulai menyandingkannya pada perangkat Android Anda:

  1. Pertama, tekan tombol putih pada bagian belakang casing AirPods. Satu-satunya LED pada casing akan menyala putih. Anda harus terus menahan tombol hingga LED berkedip putih. Setelah itu, Anda siap untuk menyandingkan AirPods dengan ponsel Android Anda.
  2. Buka menu Bluetooth pada ponsel Android Anda. Anda dapat membukanya dengan cara gesek untuk menaikkan menu pengaturan cepat, tekan dan tahan ikon Bluetooth. Atau temukan koneksi Bluetooth melalui Pengaturan, lalu sub-menu yang disebut sesuatu seperti Koneksi / Perangkat Terhubung / Konektivitas perangkat, dan kemudian Bluetooth.
  3. Pastikan Bluetooth Anda dalam kondisi “Aktif”, dan cari perangkat yang tersedia. AirPods akan tampil sebagai opsi selama LED casing AirPods masih berkedip putih.
  4. Ketuk “pasangkan” dan izinkan ponsel dan AirPods untuk membuat koneksi ke ponsel Anda.

AirPods sekarang harusnya sudah bisa terhubung ke perangkat Android Anda. dan akan selalu terhubung kembali secara otomatis, selama Bluetooth ponsel Anda aktif.

Cara Mudah Menghubungkan AirPods ke PC Windows?

Proses yang sama ini berlaku untuk memasangkan AirPods dengan PC Windows. Anda dapat mengklik tombol Windows pada keyboard Anda dan memilih

  1. Tekan dan tahan tombol putih bagian belakang casing AirPods hingga LED berkedip putih. Setelah itu, Anda siap untuk menyandingkan AirPods dengan PC Windows Anda.
  2. Klik ikon Windows dan ketikkan “Bluetooth dan setelan perangkat lainnya”.
  3. Aktifkan fungsi Bluetooth dan klik “Tambahkan Bluetooth atau perangkat lain“. AirPods akan tampil sebagai opsi selama casing AirPods masih berkedip putih.
  4. Klik “Bluetooth” dan tunggu PC Anda menemukan AirPods dalam daftar perangkat yang tersedia.
  5. Klik “AirPods“, dan perangkat akan terhubung.

Bagaimana Jika AirPods Tidak Dapat Tersambung ke Ponsel Android Anda?

Masalah paling umum yang pengguna hadapi ketika mereka mencoba memasangkan Airpods ke ponselnya adalah tidak dapat menemukan perangkat Airpods Anda. Sebenarnya ada banyak alasan ponsel Anda mungkin kesulitan untuk menemukan headset nirkabel tersebut. Salah satunya AirPods mungkin sudah terhubung ke perangkat lain. Periksa semua perangkat sumber Anda yang lain, dan pastikan tidak ada perangkat yang saat ini terhubung ke Apple AirPods milik Anda.

Masalah lain bisa terjadi karena AirPods dan baterai casing habis. Dalam hal ini, Anda perlu mengisi ulang casing dan earbud Anda. Untuk melakukannya, letakkan AirPod pada casing dan sambungkan ke kabel Lightning, atau Anda dapat meletakkannya pada bagian atas alas pengisi daya nirkabel jika Anda memilih varian casing nirkabel. Setelah headset terisi daya, Anda dapat mencoba proses pemasangan lagi.

Terkadang masalahnya tidak ada hubungannya dengan earbud, tetapi dapat ditelusuri kembali ke ponsel cerdas Anda. Matikan dan hidupkan fungsi Bluetooth ponsel cerdas Anda. Jika tidak berhasil, coba mulai ulang ponsel cerdas Anda. Masalah umum lainnya adalah ponsel cerdas mungkin terlalu jauh dari AirPods. Perangkat nirkabel ini hanya menjangkau jarak 10 meter satu sama lain untuk kekuatan koneksi yang optimal.

Matikan fungsi Bluetooth pada ponsel Android lalu aktifkan kembali sebagai tindakan pemecahan masalah juga. Mulai ulang handset sebagai langkah terakhir juga, lalu coba ponsel lain jika diperlukan untuk memastikan bukan perangkat Anda yang menjadi masalah.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.