How To

Cara Mudah Menghubungkan AirPods ke Mac Anda

Cara menghubungkan AirPods ke perangkat Mac bukanlah perkara mudah, namun juga tidaklah sulit. Walaupun keduanya sama-sama perangkat Apple, namun untuk menyandingkannya tentu...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 3 views
Cara Menghubungkan AirPods Dengan Mac

Cara menghubungkan AirPods ke perangkat Mac bukanlah perkara mudah, namun juga tidaklah sulit. Walaupun keduanya sama-sama perangkat Apple, namun untuk menyandingkannya tentu memiliki cara yang sedikit lebih rumit ketimbang menyandingkan perangkat lain yang bukan dari platform Apple. Sebut saja misalnya menyandingkan Galaxy Buds dengan PC atau laptop Windows.

Cara Menghubungkan AirPods Dengan Mac
Cara Menghubungkan AirPods Dengan Mac

image source

Jika Anda sebagai salah satu yang memiliki Apple AirPods, maka Anda mungkin telah memasangkannya dengan iPhone Anda. Tetapi bagaimana jika Anda ingin menggunakannya dengan salah satu komputer Apple? Misalkan pada Mac ataupun MacBook. Jangan khawatir, Anda hanya butuh sebuah proses agar keduanya bisa terhubung dengan baik. Prosesnya saja cukup mudah jika Anda sudah terbiasa melakukannya, terutama jika Anda sudah menggunakan earbud nirkabel sejati dengan iPhone.

Akan tetapi, jika Anda baru pertama kalinya menyambungkan dua perangkat ini, maka penulis akan berikan langkah-langkah mudahnya untuk dapat menghubungkan AirPods (termasuk AirPods Pro) ke Mac Anda.

Cara Mudah Menghubungkan AirPods ke Mac Anda

Jika Anda belum pernah menghubungkan AirPods ke perangkat lain sebelum Mac Anda, Anda harus tahu cara memulainya. Untungnya, ini hanya sedikit lebih terlibat daripada menautkan ke iPhone atau iPad. Ikutilah langkah-langkah ini dan AirPods akan siap Anda gunakan dalam waktu singkat.

  1. Buka casing AirPods Anda dengan kuncup masih di dalam (jangan dulu Anda keluarkan dalam wadah AirPods).
  2. Tekan dan tahan tombol pada bagian belakang casing hingga lampu status berkedip putih.
  3. Selanjutnya buka Mac Anda dan pilih menu Apple pada pojok kiri atas layar, lalu System Preferences, kemudian Bluetooth.
  4. Pilih AirPods dari daftar yang tersedia dan klik Hubungkan.
  5. Jika Anda memiliki AirPods 2019 atau yang lebih baru, klik Aktifkan jika Anda ingin mengaktifkan perintah “Hei, Siri” handsfree.
    Jika ditanya tentang meningkatkan Siri dan Dikte, pilih Bagikan Rekaman Audio atau Jangan Bagikan Rekaman Audio tergantung pada tingkat kenyamanan Anda.

Anda hanya perlu menunggu pairing keduanya selesai, kemudian Anda baru bisa menggunakannya. Namun jika pada langkah ke-4, nama AirPods Anda tidak ada dalam daftar, maka Anda perlu mematikan AirPods Anda terlebih dahulu dan mengeluarkannya. Selanjutnya Anda bisa mengulanginya dari langkah pertama.

Bagaimana Jika AirPods Anda Terhubung Ke Perangkat Apple Lain?

Jangan khawatir tentang bagaimana Anda akan menghubungkan AirPods ke Mac Anda jika Anda telah menautkannya ke perangkat Apple lain. Misalnya AirPods sudah tertaut pada iPhone, iPad, atau Apple Watch Anda. Jika Anda telah melakukannya, maka AirPods akan dipasangkan secara virtual secara otomatis ke Mac Anda selama mendukung Handoff (pada OS X Yosemite dan yang lebih baru). Selain itu keduanya harus sudah masuk ke ID Apple yang sama pada kedua perangkat. Untuk melanjutkannya, ikuti beberapa langkah untuk beralih koneksi:

  1. Buka casing AirPods Anda.
  2. Klik ikon volume pada bilah menu Mac Anda dan klik AirPods.

Cara ini tentunya lebih mudah dari sebelumnya, yang terpenting adalah ID Apple yang Anda gunakan pada perangkat yang terhubung dengan AirPods harus sama dengan ID Apple pada Mac Anda.

Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.