How To

Cara Mudah Mengubah Kamera Smartphone Menjadi Kamera Laptop atau PC

Ada cara mengubah kamera smartphone Android kamu menjadi kamera laptop (webcam). Hal ini bisa menjadi solusi jika kamera laptop kamu sedang rusak...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 16 views
Cara Mudah Mengubah Kamera Smartphone Menjadi Kamera Laptop

Ada cara mengubah kamera smartphone Android kamu menjadi kamera laptop (webcam). Hal ini bisa menjadi solusi jika kamera laptop kamu sedang rusak atau tidak bisa digunakan lagi.

Cara Mudah Mengubah Kamera Smartphone Menjadi Kamera Laptop
Cara Mudah Mengubah Kamera Smartphone Menjadi Kamera Laptop

Saat ini kamera laptop mulai menjadi kebutuhan penting yang perlu diperhatikan dalam laptop kamu. Pasalnya di masa pandemi virus corona dan penerapan physical distancing ini mewajibkan kamu untuk selalu mengurangi tatap muka antar sesama. Sehingga hal tersebut bisa disiasati dengan menggunakan daring.

Kebutuhan ini biasanya selalu banyak digunakan dalam menyelenggarakan rapat, pembelajaran atau bahkan dalam seminar online. Apalagi dengan banyaknya aplikasi video telekomferensi yang bisa kamu manfaatkan untuk tetap bisa melakukan tatap muka dalam hal sesutau yang menurut kamu penting, misalnya mengikuti kegiatan dan lain-lain.

Lantas, bagaimana jika kamu mendapati kamera laptop kamu tiba-tiba tidak berfungsi? Tentunya ini yang akan membuat kamu bingung bahkan ruwet dalam bahasa kekiniannya. Kami disini datang memberikan solusi untuk mengatasi kamera laptop yang tidak berfungsi atau rusak tanpa perlu mengganti kamera tersebut.

Nah, disini kamu perlu memanfaatkan smartphone kamu, bisa Android ataupun iOS agar bisa kamu jadikan kamera laptop yang bisa kamu gunakan sebagai kebutuhan Video Telekomferensi jika menggunakan laptop. Adapun langkah-langkahnya bisa kamu lihat di bawah ini.

Cara Mudah Mengubah Kamera Smartphone Menjadi Kamera Laptop atau PC

  1. Silahkan kamu download dan instal terlebih dahulu aplikasi DroidCam Wireless Webcam di Google Playstore.
  2. Download juga aplikasi DroidCam untuk versi Windowsnya. Kamu bisa mendownloadnya disini. Jika sudah berhasil di instal semua. Silahkan kamu buka aplikasinya pada masing-masing perangkat.
  3. Pada aplikasi DridCam yang di smartphone, kamu akan mendapati tampilan beberapa IP Address yang bisa kamu gunakan untuk mengakses kamera smartphone dari laptop.
Aplikasi DroidCam Di Android
Aplikasi DroidCam Di Android

4. Pada laptop kamu akan mendapati tampilan seperti ini.

Setting DroidCam Di Laptop
Setting DroidCam Di Laptop

Silahkan kamu masukkan IP Address yang didapat dari aplikasi DroidCam Android kamu pada kolom Device IP. Kemudian klik Start.

Dalam beberapa saat, kamu akan otomatis terhubung dan tinggal atur pada aplikasi meeting online yang kamu gunakan. Nah. Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi menjadikan kamera Smartphone menjadi WebCam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.