How To

Cara Mudah Menjalankan Microsoft Office di Chromebook

Menjalankan Microsoft Office pada Chromebook tentunya tidak akan sama saat Anda menggunakannya pada Windows. Pengguna Chromebook memang tidak dapat menginstal Office versi...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 32 views
Cara Menjalankan Microsoft Office Pada Chromebook

Menjalankan Microsoft Office pada Chromebook tentunya tidak akan sama saat Anda menggunakannya pada Windows. Pengguna Chromebook memang tidak dapat menginstal Office versi desktop layaknya pada PC Windows ataupun Mac. Akan tetapi, sebagian dari Anda mungkin sudah terbiasa dengan Microsoft Office seperti Word, Excel, dan Powerpoint.

Cara Menjalankan Microsoft Office Pada Chromebook
Cara Menjalankan Microsoft Office Pada Chromebook

image source

Oleh karenanya, dalam kesempatan ini penulis akan memberikan beberapa cara agar Anda tetap bisa menjalankan Ms. Office layaknya pada Windows. Bergantung pada perangkat lunak apa yang Anda jalankan pada Chromebook, setidaknya Anda akan dapat menggunakan Office dalam kapasitas yang agak terbatas.

Salah satu hal menarik tentang Chromebook adalah sebagian besar penyimpanannya berbasis cloud. Anda tidak perlu mengisi hard drive Anda dengan file yang ingin Anda simpan. Sebaliknya, Anda dapat melakukan hampir semua penyimpanan tersebut melalui Google Drive atau penyimpanan cloud Google. Nah, agar tidak panjang lebar, berikut penulis jelaskan beberapa langkah jika Anda ingin menjalankan Ms. Office pada Chromebook Anda.

Cara Mudah Menjalankan Microsoft Office pada Chromebook

Mendownload Microsoft Office Pada Google Play Store

Cara termudah untuk mendapatkan Microsoft Office pada Chromebook adalah dengan mengunduh aplikasi Office yang tersedia untuk Android. Beberapa Chromebook lama masih tidak memiliki akses ke Google Play Store, akan tetapi sebagian besar memilikinya. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Buka Google Play Store pada Chromebook Anda.
  2. Cari aplikasi Microsoft Office yang ingin Anda unduh dan pilih, lalu klik Instal.
  3. Setelah aplikasi selesai Anda unduh, buka peluncur Chromebook Anda untuk membuka aplikasi.
  4. Selanjutnya masuk ke Akun Microsoft atau akun langganan Office 365 Anda.

Menggunakan Microsoft Office Berbasis Online

Jika Chromebook Anda hanya memiliki akses ke Toko Web Chrome, sayangnya Anda tidak dapat mengunduh aplikasi Android Office ini melalui Google Play Store. Namun tidak perlu khawatir, Anda masih dapat menggunakan Ms. Office berbasis Online, menggunakan browser Chrome Anda.

Dengan versi online ini, Anda dapat mengerjakan, mengedit, dan berbagi file Office secara langsung melalui browser Anda. Anda harus tersambung ke internet untuk menggunakan Microsoft Office pada Chromebook, yang mungkin tidak ideal. Akan tetapi setidaknya itu berarti Anda memiliki alternatif untuk Drive.

Bagian terbaiknya adalah Anda dapat mengakses aplikasi web OneDrive dan Microsoft Office dengan akun gratis. Namun Anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat dan layanan ekstra jika Anda menggunakan untuk akun Office 365 yang berbayar.

Streaming dari PC Anda

Opsi lainnya adalah menjalankan Microsoft Office pada PC dan mengalirkannya ke Chromebook Anda. Ini mungkin bermanfaat karena Anda mendapatkan opsi untuk menjalankan versi desktop secara lengkap yang memang khusus untuk PC. Ini akan memiliki semua fitur tanpa akses terbatas pada Office Anda.

Sebelum Anda mulai, pastikan Anda telah menginstal Microsoft Office dan Google Chrome pada PC Anda. Selain itu, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil pada PC dan Chromebook. Berikut cara memulai streaming PC pada Chromebook:

  1. Buka browser Chrome pada PC Anda dan kunjungi situs web Chrome Remote Desktop website.
  2. Klik opsi remote access.
  3. Instal ekstensi Chrome Remote Desktop pada PC Anda.
  4. Selanjutnya kembali ke tab asli pada PC Anda dan beri nama komputer Anda.
  5. Klik Berikutnya dan buat PIN dengan setidaknya enam digit.

Untuk menggunakannya, Anda tinggal mengunjungi situs Web Remote Desktop tersebut pada Chromebook Anda.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.