How To

Cara Mudah Menonaktifkan Autocorrect Pada Papan Ketik Android

Autocorrect atau yang biasa disebut dengan koreksi otomatis biasanya akan aktif secara default terhadap papan ketik android. Ini yang terkadang membuat salah...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 2 views
Cara Menonaktifkan Autocorrect Di Android

Autocorrect atau yang biasa disebut dengan koreksi otomatis biasanya akan aktif secara default terhadap papan ketik android. Ini yang terkadang membuat salah seorang pengguna pusing, karena terkadang kata yang muncul malah kata yang kurang pantas untuk dikirimkan kepada orang lain.

Autocorrect ini akan secara otomatis menampilkan saran kata atau bahkan langsung muncul secara otomatis. Biasanya saat kamu menulis kata kunci yang sebelumnya sudah tersimpan oleh papan ketik tersebut. Tentunya jika kamu tidak mematikan fitur tersebut, kamu harus selalu menghapus kata-kata yang muncul tersebut saat kamu sedang menulis.

Cara Menonaktifkan Autocorrect Di Android
Cara Menonaktifkan Autocorrect Di Android

Lain dari pada itu, sebenarnya fitur Autocorrect ini akan membantu kamu mengetik dengan lebih cepat sesuai dengan yang bisa kamu lakukan. Tetapi kenyataannya terkadang kata yang muncul bukan kata yang kita inginkan. Karena itulah, banyak pengguna yang ingin menonaktifkan fitur ini karena dianggap dapat mengganggu saat kamu sedang mengetik, terutama saat melakukan chatting dengan seseorang.

Nah, untuk mematikan atau menonaktifkan fitur tersebut, kamu bisa mengikuti beberapa langkah-langkah di bawah ini. Cara ini sebenarnya berlaku untuk semua merk smartphone Android, hanya saja penempatan pengaturannya yang tidak sama.

Cara Mudah Menonaktifkan Autocorrect Pada Papan Ketik Android

1. Silahkan buka Pengaturan Android, kemudian masuk pada Pengaturan Tambahan, lalu pilih Keyboard & Metode Input

2. Disini biasanya akan muncul banyak pilihan keyboard atau papan ketik jika kamu menginstalnya lebih dari satu. Pilih jenis papan ketik yang kamu gunakan saat ini.

3. Masuk pada papan ketik yang sudah kamu pilih, kemudian pilih Preferensi atau Pengaturan => Koreksi Teks atau Koreksi Otomatis atau Autocorrect

4. Silahkan kamu matikan slide pada bagian samping kanan, semua yang berkaitan dengan koreksi otomatis, misalnya Tampilkan saran kata, koreksi kata secara otomatis, atau tampilkan strip saran.

5. Jika sudah silahkan coba untuk mengetik, maka sudah bisa dipastikan saat kamu menekan tombol papan ketik, tidak akan muncul lagi saran kata seperti yang sebelumnya. Selamat mencoba!

Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.