How To

Cara Mudah Menonaktifkan Tombol Bixby pada Samsung Galaxy S8, S8 Plus, dan Note 8

Menonaktifkan tombol bixby pada Samsung Galaxy merupakan hal mudah, namun Anda tidak akan lagi bisa memanfaatkan tombol tersebut untuk membuka Asisten Virtual....

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 2 views
Cara Mudah Menonaktifkan Tombol Bixby Samsung

Menonaktifkan tombol bixby pada Samsung Galaxy merupakan hal mudah, namun Anda tidak akan lagi bisa memanfaatkan tombol tersebut untuk membuka Asisten Virtual. Bixby merupakan asisten pintar yang sengaja Samsung hadirkan dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) seperti halnya Apple Siri, Google Assistant, dan Alexa dari Amazon. Namun menariknya, untuk ponsel flagship seperti Galaxy seri S, Samsung menyematkan tombol khusus untuk mengaktifkan Bixby.

Cara Mudah Menonaktifkan Tombol Bixby Samsung
Cara Mudah Menonaktifkan Tombol Bixby Samsung

image source

Sebut saja misalnya Samsung Galaxy S8, S8 Plus, dan Galaxy Note 8 yang sudah meluncur pada tahun 2017 lalu. Ketiga perangkat tersebut menyertakan tombol perangkat keras baru yang berada pada sisi kiri yang berfungsi hanya untuk mengaktifkan asisten virtual Bixby.

Kendati demikian, ternyata ada sebagian pengguna yang ingin menonaktifkan tombol tersebut. Namun sayangnya, tidak ada panduan resmi pada ponsel Samsung ini untuk menonaktifkan tombol Bixby tersebut. Sehingga ini bisa menjadi penyebab banyak pengembang aplikasi pihak ketiga yang membuat aplikasi dan metode root untuk mematikan tombol Bixby tersebut. Apalagi bagi mereka yang tidak menginginkan tombol tersebut, tentunya akan merasa kurang nyaman ketika sedang menggunakan ponsel.

Terlepas dari keinginan beberapa pengguna yang menginginkan hal tersebut, ternyata Samsung diam-diam mengeluarkan pembaruan perangkat lunak khusus khusus untuk Samsung Galaxy S8, S8 Plus, dan Note 8 yang akhirnya menyertakan cara resmi untuk (semacam) mengurangi penggunaan tombol Bixby.

Secara khusus, Anda dapat mengubah pengaturannya sehingga Anda harus menekan tombol dua kali untuk mengaktifkan Bixby. Ini akan sangat membantu Anda sebagai pengguna ponsel yang mungkin tidak sengaja mengakses Bixby dengan menekan tombol khusus tersebut.

Begini Cara Mudah Menonaktifkan Tombol Bixby pada Samsung Galaxy

  1. Masuk pada Pengaturan sistem ponsel.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk pada pilihan Fitur Lanjutan.
  3. Ketuk opsi Bixby Key.
  4. Terakhir, ketuk Tekan Ganda untuk membuka pilihan Bixby.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sejumlah aplikasi pihak ketiga yang memiliki fitur tersebut tentang upaya pada tombol Bixby. Misalnya menonaktifkan secara langsung dengan cara menghilangkan fungsinya. Atau paling tidak mengurangi kinerja pada tombol Bixby sehingga ketika Anda tidak sengaja menekan tombol tersebut tidak ada perintah yang keluar.

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya apakah Samsung menyediakan cara untuk menonaktifkan sepenuhnya tombol Bixby pada ponsel tersebut. Jawabannya adalah bahwa perusahaan merilis pembaruan yang menangani masalah tombol Bixby tersebut. Sayangnya, perusahaan memilih untuk menghilangkan fitur itu dalam pembaruan perangkat lunak berikutnya.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.