How To

Cara Mudah Menyinkronkan Smartwatch Anda Pada Google Fit

Kehadiran perangkat wearable menawarkan berbagai macam manfaat salah satunya dapat menyinkronkan dengan aplikasi Google Fit. Beberapa perangkat wearable yang dapat menjadi melacak...

Avatar Written by Zack Kamil · 3 min read > 3 views
Menyinkronkan Google Fit

Kehadiran perangkat wearable menawarkan berbagai macam manfaat salah satunya dapat menyinkronkan dengan aplikasi Google Fit. Beberapa perangkat wearable yang dapat menjadi melacak kebugaran Anda adalah Amazfit, Mi Band, OnePlus Band, Huawei Band, Wear OS dan lainnya. Dan saat ini penulis akan memberikan cara bagaimana menyinkronkan beberapa jam tangan pintar tersebut pada Google Fit.

Menyinkronkan Google Fit
Menyinkronkan Google Fit

image source

Google Fit sendiri merupakan cara terbaik untuk menyimpan semua data Anda melalui aplikasi milik Google yang mudah Anda akses. Platform kesehatan dan kebugaran milik Google ini dapat terhubung dengan beberapa perangkat kebugaran yang ada di pasaran. Dengan ini sebenarnya dapat memastikan bahwa terlepas dari merek perangkat apapun smartband Anda, akan bisa dengan mudah terhubung pada sebuah aplikasi milik Google. Agar lebih mudah Anda pahami, mari penulis bahas beberapa perangkat kebugaran agar bisa sinkron dengan Google Fit.

Cara Menyinkronkan Smartwatch Wear OS ke Google Fit

Sebagian besar jam tangan pintar Wear OS sudah memiliki Google Fit yang sudah terpasang sebelumnya. Namun, jika Anda belum memiliki aplikasi ini pada smartband Anda, maka Anda perlu mendownloadnya terlebih dahulu melalui Google Play Store pada jam tangan Anda. Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa Google Fit telah diinstal dan disiapkan pada ponsel Anda sehingga smart band Anda dapat terhubung.

  1. Tekan tombol samping pada smart band Wear OS Anda dan pilih Google Fit dari daftar aplikasi.
  2. Setelah aplikasi terbuka, ketuk panah untuk melanjutkan pengaturan.
  3. Pilih akun yang datanya ingin Anda sinkronkan.
  4. Google Fit sekarang akan meminta izin untuk mengakses data sensor kesehatan dari jam tangan Anda. Jika Anda menyetujuinya, maka langkah, detak jantung, dan info lainnya dapat Anda sinkronkan ke aplikasi tersebut.
  5. Anda perlu mengonfirmasi bahwa tinggi dan berat badan Anda sudah benar. Selanjutnya, Anda akan melihat beberapa pilihan tingkat aktivitas apa yang ingin Anda tetapkan sebagai sasaran Anda.
  6. Pilih salah satu yang menurut Anda cocok dengan keinginan Anda.

Nah, sekarang jam tangan pintar Wear OS Anda akan dapat membantu Anda menjaga semua data kebugaran Anda dan sudah sinkron dengan akun Google Anda. Anda dapat memantau detak jantung dan langkah-langkahnya dengan mudah, atau jika jam tangan pintar Anda melacak tidur dan tingkat oksigen darah seperti TicWatch Pro 3, semua info itu akan tersimpan ke Google Fit secara otomatis untuk Anda.

Cara Menyinkronkan Smartwatch Amazfit atau Zepp ke Google Fit

Meskipun masih sedikit dikenal oleh sebagian orang khususnya di Indonesia, Amazfit membuat beberapa perangkat kebugarannya menjadi lebih hebat. Dengan menggunakan aplikasi Zepp, maka perangkat Anda bisa dengan mudah sinkron ke ponsel Anda. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat menyinkronkan data kesehatan tersebut ke akun Google Fit Anda. Begini langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi Zepp pada ponsel Anda. Pada bagian bawah layar, ketuk profil.
  2. Cari opsi tambah akun dan pilih.
  3. Pilih Google Fit dari daftar yang tersedia.
  4. Selanjutnya pilih tombol pada bagian tengah layar untuk memilih akun Google Fit yang ingin Anda sinkronkan dengan Watch Anda.
  5. Anda perlu memberikan izin akses pada aplikasi dan izinkan agar data kebugaran Anda dapat sinkron pada Google Fit.

Sekarang Anda telah menghubungkan perangkat mazfit Anda ke Google Fit menggunakan aplikasi Zepp. Anda akan memiliki salinan data itu jika Anda membutuhkannya. Proses ini juga berfungsi dengan jam tangan seperti Zepp Z yang cantik karena menggunakan aplikasi Zepp yang sama.

Cara Menyinkronkan Mi Band Anda ke Google Fit

Jajaran Xiaomi Mi Band adalah beberapa pelacak kebugaran terbaik meskipun harganya murah. Untuk dapat mengakses data Mi Band tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi Mi. Namun, Anda juga dapat menyinkronkannya ke akun Google Fit Anda sebagai data cadangan dan lokasi pusat untuk semua data kesehatan Anda. Berikut caranya.

  1. Buka aplikasi Mi pada ponsel Anda. Pilih profil pada bagian kanan bawah layar.
  2. Gulir ke bawah dan pilih opsi yang bertuliskan tambah akun.
  3. Pilih Google Fit lalu tambahkan Google Fit untuk memulai proses penyiapan.
  4. Layar berikutnya akan menampilkan akun Google Fit yang Anda miliki, pilih akun yang ingin Anda sinkronkan.
  5. Selanjutnya tinjau dan setujui izin untuk mengizinkan Google Fit mengimpor data bantuan dari aplikasi Mi Anda.

Nantinya, semua data kesehatan Anda yang ada pada Mi Band akan dapat sinkron ke akun Google Fit Anda. Ini memungkinkan Anda memiliki cadangan sekunder untuk catatan kebugaran Anda jika Anda membutuhkannya.

Cara Menyinkronkan OnePlus Watch Anda ke Google Fit

Meskipun OnePlus mungkin telah memilih untuk menggunakan sistem operasinya sendiri untuk OnePlus Watch dan melupakan Wear OS. Namun Anda masih dapat memiliki semua statistik kesehatan Anda yang sinkron dengan akun Google Fit Anda. Adapun caranya adalah:

  1. Buka aplikasi OnePlus Health pada ponsel Anda. Kemudian cari yang bertuliskan Bagikan data Anda dengan Google Fit, ketuk Pengaturan.
  2. Ketuk Tautan sekarang.
  3. Baca Pernyataan berbagi data dan, jika setuju, pilih OK.
  4. Pilih akun Google yang ingin Anda tautkan ke OnePlus Watch Anda.
  5. Tinjau informasi yang ingin Anda bagikan dengan Google Fit dan ketuk Izinkan.

Sekarang, semua informasi kesehatan yang ada pada OnePlus Watch Anda sepanjang hari juga akan terlihat pada aplikasi OnePlus Health dan Google Fit.

Cara Menyinkronkan Platform Lain ke Google Fit

Meskipun Anda tidak dapat secara langsung menghubungkan platform kesehatan seperti Samsung Health atau Fitbit ke akun Google Fit Anda. Namun dengan aplikasi pihak ketiga yang disebut Health Sync dapat membantu Anda melakukan hal itu.

  1. Pertama, unduh aplikasi Health Sync dari Google Play store ke ponsel Anda, lalu buka.
  2. Setelah aplikasi terbuka, Anda akan memilih dari mana Anda menyinkronkan data. Selanjutnya, Anda akan memilih ke mana Anda ingin menyinkronkan data itu.
  3. Pilih akun Google Fit yang ingin Anda sinkronkan infonya.
  4. Setelah meninjau beberapa petunjuk, Anda akan dapat memilih data kesehatan apa yang ingin Anda sinkronkan ke Google Fit.
  5. Anda mungkin juga akan diminta untuk memberikan izin untuk setiap data yang ingin Anda kirim ke akun Google Fit Anda.

Dengan opsi seperti di atas, maka Samsung Galaxy Active 2 dan Fitbit Versa 3 akan lebih mudah terhubung dengan Google Fit Anda. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.