How To

Cara Mudah Merekam Kegiatan di Zoom Meeting Tanpa Perlu Izin Host

Merekam kegiatan virtual melalui Zoom Meeting tentunya hanya bisa dilakukan oleh Host atau mereka yang ditunjuk sebagai Host dalam kegiatan tersebut. Apabila...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 9 views
Merekam Layar Zoom

Merekam kegiatan virtual melalui Zoom Meeting tentunya hanya bisa dilakukan oleh Host atau mereka yang ditunjuk sebagai Host dalam kegiatan tersebut. Apabila Host sudah merekamnya, maka orang lain tidak akan bisa merekam lagi dalam kegiatan tersebut. Namun begitu, dalam panduan ini Penulis akan memberikan cara bagaimana mudahnya merekam kegiatan Zoom Meeting walaupun orang lain tengah merekamnya bahkan tanpa harus izin terlebih dahulu pada host-nya.

Cara Mudah Merekam Kegiatan Pada Zoom Meeting
Cara Mudah Merekam Kegiatan Pada Zoom Meeting

Sejak adanya pandemi, Zoom Meeting mulai naik daun dan banyak digunakan di berbagai kalangan. Baik dalam sebuah organisasi, institusi pendidikan, dan pengguna biasa untuk berkomunikasi secara langsung dengan komunitasnya setiap waktu.

Jika Anda adalah penyelenggara atau peserta rapat dan perekaman diaktifkan, Anda dapat merekam rapat pada Zoom langsung dari aplikasi yang Anda gunakan, baik PC maupun ponsel. Opsi ‘Rekam‘ biasanya aka nada dalam layar rapat pada sisi kanan ‘Obrolan‘ dan baik peserta maupun Penyelenggara (Host) akan memiliki fungsionalitas tergantung pada pengaturan rapat.

Namun, Zoom membatasi perekaman rapat yang telah dinonaktifkan oleh penyelenggaran atau jika sudah ada yang merekamnya. Jika Anda adalah peserta dalam kegiatan tersebut yang memiliki keinginan untuk merekamnya namun tidak bisa, Anda masih dapat merekam kegiatan Anda dengan mengikuti panduan berikut ini.

Hal yang Perlu Anda Ketahui dari Zoom Meeting

Perlu Anda perhatikan bahwa Zoom Meeting memiliki opsi perekaman sendiri untuk memungkinkan Anda merekam rapat apa pun yang Anda inginkan. Namun, jika seorang Host tidak mengizinkan Anda untuk merekamnya, atau Anda tidak dapat mengaktifkannya sejak awal, maka Anda tetap bisa menggunakan dengan cara ini.

Jadi, singkatnya, jika perekaman telah Host Aktifkan, Anda cukup mengklik tombol Rekam pada antarmuka rapat Zoom Anda untuk merekam rapat dan tidak memerlukan cara ini. Namun pada sisi lain, jika opsi perekaman tidak tersedia untuk Anda, Anda dapat menggunakan trik ini pada Web maupun Desktop untuk dapat merekam kegiatan virtual tersebut.

Cara Mudah Merekam Zoom Meeting Tanpa Izin Host Terlebih Dahulu

Jika Anda ingin merekam kegiatan virtual pada Zoom Meeting yang tidak diizinkan oleh Host, maka Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga Apowersoft Screen Recorder yang bisa Anda download secara gratis.

Mengatur Apowersoft Screen Recorder Online

  1. Buka kunjungi laman Apowersoft melalui browser Anda.
  2. Pada halaman yang muncuk klik Start Recording dan kemudian Download Launcher.
  3. Untuk dapat melakukan perekaman secara online, Anda perlu menginstal Launcher yang sudah Anda download pada PC Anda agar Perekam Layar online berfungsi.
  4. Sekarang pada halaman Perekam Layar Online Apowersoft, klik “Start Recording” lagi. Ini akan membuka perekam layar pada layer Anda.

Mulai Merekam Pada Zoom Meeting

  1. Selanjutnya kembali ke aplikasi Zoom Meeting jika Anda sudah mengikuti kegiatan tersebut.
  2. Sekarang pilih jendela tertentu yang perlu Anda rekam. Untuk melakukannya, klik ikon Frame pada toolbar perekam dan pilih layar Zoom meeting untuk memilih area perekaman. Anda dapat secara manual menyeret tepi perekam untuk memilih layar rekaman Anda sendiri.
  3. Anda juga dapat mengubah pengaturan perekaman lainnya seperti kualitas video dan audio, kecepatan bingkai, kecepatan bit, format video, pintasan keyboard, gaya mouse, dan banyak lagi. Untuk melakukannya klik ikon 3 titik pada toolbar perekam dan memilih Pengaturan. Kemudian Anda akan mendapatkan tab Umum dan Perekaman untuk mengonfigurasi perekam seperti yang Anda inginkan.
  4. Periksa apakah sumber audio sudah Anda atur ke ‘Suara sistem dan mikrofon‘ setelah mengklik ikon mikrofon pada bilah alat.
  5. Klik tombol merah ‘REC‘ pada toolbar perekam untuk mulai merekam dan tekan ‘Konfirmasi‘ jika meminta konfirmasi. Ini akan mulai merekam kegiatan virtual Anda.
  6. Setelah Zoom selesai, Anda dapat menghentikan perekaman dengan mengklik tombol Stop. Anda kemudian dapat menyimpan rekaman sebagai file video atau GIF dan langsung membagikannya ke Youtube, Google Drive, Dropbox dan lainnya.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.