Cara Mudah Merekam Layar di Android Tanpa Instal Aplikasi

Merekan Layar pada Android bisa Anda lakukan dengan sangat mudah bahkan tanpa perlu menginstal aplikasi apapun. Sekarang ini ponsel Android sudah menyematkan perekam layar bawaan yang bisa Anda akses dengan mudah melalui pengaturan cepat.

Cara Merekam Layar Pada Android
Cara Merekam Layar Pada Android

Android yang memiliki perekam layar bawaan membuatnya sangat mudah untuk membuat video tentang apa saja yang perlu Anda rekam pada layar Anda. Jika Anda tidak tahu tentang bagaimana cara menggunakan fitur praktis ini, berikut ini Penulius akan menunjukkan cara menggunakannya dengan mudah.

Cara Mudah Merekam Layar Pada Android Tanpa Instal Aplikasi

Jika Anda ingin merekam layar pada perangkat Android Anda, Anda perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun sejak Android 10 hadir, Google menyematkan perekam layar bawaan yang bisa pengguna gunakan dengan sangat mudah dan menyenangkan. Google memperkenalkan fitur perekam layar asli yang dapat menjadi solusi yang jauh lebih baik dari pada Anda harus menginstal banyak aplikasi perekam layar.

  1. Pertama, kita harus memindahkan icon “Rekam Layar” ke Pengaturan Cepat, jika belum muncul pada Pengaturan Cepat.
  2. Gesek ke bawah dua kali dari atas layar perangkat Anda dan ketuk ikon pensil untuk mengedit tata letak Pengaturan Cepat Anda. Pada ponsel Samsung, ketuk ikon menu tiga titik dan pilih “Edit Tombol.”
  3. Icon pada bagian atas berada pada area Pengaturan Cepat (ini dibalik pada ponsel Samsung). Temukan icon “Rekam Layar”, ketuk dan tahan, lalu seret ubin ke area atas. Angkat jari Anda untuk meletakkan icon tersebut.
  4. Ketuk panah kembali di sudut kiri atas untuk menyelesaikannya.

Cara Mudah Mengakses Perekam Layar Melalui Pengaturan Cepat

  1. Pertama, buka layar yang ingin Anda rekam, lalu tarik ke bawah Pengaturan Cepat lagi. Ketuk icon “Rekam Layar“.
  2. Selanjutnya, Anda dapat memutuskan apakah Anda juga ingin merekamnya dengan audio. Anda dapat mengetuk panah bawah untuk memilih antara media, mikrofon, atau keduanya dan juga menunjukkan sentuhan Anda di layar.
  3. Ketuk “Mulai” saat Anda siap dan Anda akan melihat hitungan mundur muncul.
  4. Setelah selesai merekam, geser ke bawah dari atas layar untuk menampilkan notifikasi dan ketuk “Stop” pada perekam layar.
  5. Nah, sekarang hasil rekaman akan tersimpan ke folder “Film” atau “Rekaman Layar” pada perangkat Anda.

Fitur ini menjadi fitur yang sangat berguna untuk dapat melakukan ini tanpa perangkat lunak pihak ketiga. Sangat menyenangkan melihat lebih banyak sistem operasi mendapatkan ini sebagai fitur asli yang bisa semua pengguna Android akses.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.