How To

Cara Mudah Merekam Rapat Zoom Meeting di PC dan Ponsel

Merekam rapat Zoom Meeting dapat Anda lakukan menggunakan PC ataupun ponsel Anda. Hal ini biasanya untuk mendokumentasikan kegiatan virtual yang Anda lakukan,...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 12 views
Merekam Rapat Zoom Meeting

Merekam rapat Zoom Meeting dapat Anda lakukan menggunakan PC ataupun ponsel Anda. Hal ini biasanya untuk mendokumentasikan kegiatan virtual yang Anda lakukan, kemudian dapat Anda masukkan kembali pada akun Youtube Anda.

Cara Merekam Rapat Zoom Meeting
Cara Merekam Rapat Zoom Meeting

Sejak pandemi, kegiatan virtual banyak mengambil panggung untuk sebagian besar tugas kerja sehari-hari. Seperti halnya presentasi, diskusi, konferensi, sekolah, perguruan tinggi, dan lainnya. Anda juga dapat menggunakan layanan perangkat lunak lain seperti halnya Google Meet, Microsoft Teams untuk kebutuhan kegitan virtual Anda. Bahkan selama pandemi tahun 2020 lalu, Zoom Meeting telah menjadi aplikasi pendatang baru yang paling populer hingga saat ini. Dan aplikasi ini merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan secara global maupun di India.

Meskipun memungkinkan Anda untuk mengadakan rapat atau bergabung dalam rapat hanya dengan beberapa klik, Zoom ini juga memungkinkan Anda menjadwalkan rapat secara berkala. Berkat adanya ketersediaan lintas platform dari aplikasi Zoom, pengguna dapat menggunakan aplikasi melalui PC, Android, dan juga iOS.

Nah, dalam panduan ini Penulis akan memberikan langkah demi langkah terperinci untuk merekam rapat zoom melalui PC atau ponsel Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur perekaman terlebih dahulu sebelum Anda menggunakannya.

Cara Mudah Merekam Rapat Zoom Meeting di PC

  1. Setelah Anda berada dalam rapat, temukan bilah menu pada bagian bawah layar. Kemudian klik tombol “Rekam” yang ada pada sebelah tombol Bagikan layar.
  2. Setelah Anda mengklik tombol rekam, Zoom akan mulai merekam rapat dan memberi tahu semua orang bahwa rapat sedang direkam.
  3. Saat merekam, Anda dapat menjeda dengan menggunakan tombol “Jeda” yang terletak pada sebelah kiri dan melanjutkan perekaman dengan mengklik area yang sama.
  4. Untuk menghentikan perekaman, Anda dapat menekan tombol “Stop Recording” (tombol Kotak pada sebelah kanan).
  5. Setelah Anda menghentikan perekaman dan rapat berakhir, rekaman akan dikonversi ke format MP4. Dan setelah Anda mengakhiri rapat, Anda akan secara otomatis dibawa ke tujuan penyimpanan rekaman yang sudah Anda lakukan.

Secara default, rekaman akan tersimpan secara otomatis pada bagian Dokumen yang ada pada desktop dengan folder bernama “Zoom” dan folder terpisah untuk setiap rekaman rapat dengan ID rapat.

Cara Merekam Rapat Zoom Meeting Menggunakan Ponsel

Opsi perekaman pada perangkat Android dan iOS hanya tersedia untuk pengguna yang sudah berlisensi. Dengan kata lain, Anda hanya dapat merekam rapat pada ponsel jika Anda memiliki paket Zoom berbayar. Jika Anda adalah anggota Zoom Pro, Zoom Business, Zoom Enterprise dan Anda menjadi tuan rumah atau co-hosting rapat, berikut adalah cara merekam rapat Zoom menggunakan perangkat seluler.

  1. Pada ponsel Android, saat mengadakan rapat Zoom, ketuk lainnya.
    Kemudian Anda akan melihat tombol merah yang merupakan tombol “Rekam“.
  2. Klik tombol “Rekam” tersebut. Maka, aplikasi sekarang akan menampilkan rekaman pada bagian atas layar Anda.
  3. Selanjutnya Anda dapat menghentikan atau menjeda rekaman kapan pun Anda mau. Dan setelah Anda mengakhiri rapat, rekaman akan diproses dan muncul pada bagian bawah Rekaman di portal web Zoom.

Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Perekaman Zoom Meeting

Sebagai pengguna, Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan perekaman rapat Zoom untuk penggunaan Anda sendiri. Berikut adalah bagaimana Anda dapat melakukannya dalam beberapa langkah.

  1. Masuk ke portal Web Zoom Meeting.
  2. Buka “Pengaturan” pada bilah sisi kiri.
  3. Klik tab “Rekaman” pada layar utama.
  4. Klik sakelar Rekaman lokal untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut.
  5. Jika pengaturan dalam keadaan Nonaktif, klik sakelar untuk mengaktifkannya. (Jika dialog verifikasi muncul, klik Nyalakan untuk memverifikasi perubahan yang telah Anda lakukan).

Namun, jika opsi berwarna abu-abu dan tidak bisa Anda aktifkan, hal ini berarti fitur perekaman telah terkunci baik untuk grup atau akun. Dan Anda perlu menghubungi admin Zoom Anda untuk mengubah pengaturannya. Selain itu, Anda dapat mengaktifkan “Tuan rumah dapat memberikan izin kepada peserta rapat untuk merekam secara lokal”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.