How To

Cara Mudah Pasang Pin Pada Media Player Chromebook

Membuka media player pada Chromebook merupakan hal biasa yang bisa Anda jadikan penghibur saat bekerja, misalnya salah satunya mendengarkan musik favorit Anda....

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 3 views
Media Player Chromebook

Membuka media player pada Chromebook merupakan hal biasa yang bisa Anda jadikan penghibur saat bekerja, misalnya salah satunya mendengarkan musik favorit Anda. Pada Chromebook, semua layanan streaming musik memiliki pemutar web yang berfungsi dengan baik pada Chrome OS. Selain itu, ada juga berbagai macam aplikasi musik Android yang berfungsi dengan baik pada Chromebook untuk memutar musik koleksi pribadi Anda.

Media Player Chromebook
Media Player Chromebook

image source

Mengingat sebagian besar Chromebook tidak memiliki kontrol media khusus, misalnya yang ada pada keyboard kebanyakan laptop lainnya. Maka Anda biasanya harus kembali ke tab atau aplikasi tersebut, jika akan akan melakukan kontrol media. Misalnya untuk menjeda, melewati beberapa lagu, hingga menghentikan lagu tersebut.

Oleh karena itu, agar lebih mudah Anda dapat memanfaatkan fitur Chrome OS yang jarang digunakan ini, yakni memasang pin pada kontrol media Anda agar bisa lebih mudah ketika Anda mengontrol pemutar media tersebut. Nantinya, ketika Pin Anda pasang, maka kontrol media akan berada pada dock Anda. Dock ini umumnya akan muncul pada bagian bawah layar laptop.

Cara Mudah Memasang Pin Pada Kontrol Media Player Chromebook

  1. Mulailah putar musik pada situs web atau aplikasi apa pun yang Anda inginkan.
  2. Selanjutnya ketuk tampilan jam pada bagian pojok kanan bawah layar (taskbar) Chromebook Anda.
  3. Kemudian pilih widget musik yang ada pada bawah pengaturan cepat tersebut.
  4. Dari sini Anda dapat mengetuk ikon pin pada bagian atas tab kontrol media. Maka, ikon media akan muncul pada dock Anda (bagian bawah layar) untuk membuka kontrol media baru Anda.

Perlu Anda tahu, selama ada musik yang Anda putar pada tab atau aplikasi, ikon media akan muncul pada dock Anda dan memungkinkan Anda dengan cepat menjeda atau menghentikan musik sesuai keinginan. Selain itu, jika Anda telah memasang aplikasi Google Home pada Chromebook, ikon media juga akan menyimpan kontrol pemutaran untuk konten yang sedang Anda putar melalui Chromecast di rumah.

Selanjutnya, ikon kontrol media tersebut akan hilang secara otomatis dari dock Anda jika tidak ada kontrol media yang Anda putar. Jadi hanya akan muncul jika Anda sedang menggunakannya.

Pembaruan Chrome OS akan Membuat Widget Kontrol Media Bisa Berwarna-Warni

Ada lebih banyak perubahan pada kontrol media pada pembaruan Chrome OS mendatang. Kabarnya pembaruan ini akan memungkinkan widget pemutar media mengambil warna dari seni album saat sedang diputarnya. Dan juga menyertakan bilah pemutaran yang memungkinkan Anda untuk maju atau mundur dengan cepat tanpa harus membuka tab tertentu.

Untuk saat ini, kontrol media yang berwarna-warni dengan bilah pencari yang berfungsi hanya tersedia pada Canary build dari Chrome OS. Jadi Anda perlu menunggu lagi untuk bisa menikmati beberapa fitur baru tersebut sampai pembaruan Chrome OS tersebut rilis.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.