How To

Cara Mudah Scan QR Code PeduliLindungi Menggunakan Aplikasi Shopee

Sekarang ini scan QR Code PeduliLindungi merupakan salah salu pra-syarat untuk memasuki area atau wilayah tertentu. Seperti halnya Mall, Supermarket maupun tempat...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 16 views
Scan QR Code

Sekarang ini scan QR Code PeduliLindungi merupakan salah salu pra-syarat untuk memasuki area atau wilayah tertentu. Seperti halnya Mall, Supermarket maupun tempat wisata berbagai kota seluruh Indonesia.

Scan QR Code PeduliLindungi Via Shopee
Scan QR Code PeduliLindungi Via Shopee

Anda dapat melakukan scan ini apabila Anda telah melakukan vaksinasi Covid-19 dengan tujuan untuk meminimalkan penyebaran virus corona di berbagai daerah secara khusus untuk Negara Indonesia. Akan tetapi bagi Anda yang belum melakukan vaksinasi Covid-19, tentunya Anda tidak akan dapat melakukan scan kode QR PeduliLindungi yang hal ini telah menjadi syarat utama untuk memasuki area tertentu.

Beberapa waktu yang lalu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan integrasi fitur Scan QR Code PeduliLindungi dengan 15 aplikasi digital yang ada di Tanah Air. Dan salah satunya yang dapat Anda gunakan adalah melalui aplikasi Shopee yang sekarang menjadi populer dengan salah satu layannannya dapat memberi kemudahan dalam melakukan jual beli.

Shopee merupakan aplikasi jual beli online yang dapat diakses dengan mudah menggunakan smartphone yang tergolong ke dalam kategori e-commerce. Kehadiran aplikasi Shopee mampu mempermudah penggunanya untuk dapat bertransaksi secara online melalui smartphone saja tanpa perlu repot menggunakan perangkat komputer.

Saat ini Shopee menghadirkan fitur baru yang dapat Anda gunakan untuk melakukan Scan QR Code PeduliLindungi ketika akan memasuki area tertentu. Anda tidak perlu menggunakan aplikasi lain jika dalam ponsel Anda sudah memiliki aplikasi Shopee. Anda dapat menggunakan aplikasi ini jika dalam suatu area mewajibkan Anda untuk melakukan scan QR Code terlebih dahulu sebelum memasukinya. Scan QR Code ini bisa terletak pada bagian pintu masuk yang menjadi syarat utama untuk memasuki area tersebut.

Cara Menggunakan Aplikasi Shopee untuk Scan QR Code PeduliLindungi

  1. Buka aplikasi Shopee pada ponsel Anda dan pastikan Anda telah melakukan pembaruan terkini pada aplikasinya.
  2. Setelah masuk pada tampilan utama, Anda akan melihat logo PeduliLindungi pada bagian kiri.
  3. Klik logo tersebut, kemudian Anda akan diminta memasukkan Nama Lengkap dan No. NIK sesuai yang tertera pada KTP Anda.
  4. Selanjutnya silahkan klik Lanjut Scan Kode QR. Arahkan kamera ponsel pada QR Code yang tertempel pada pintu-pintu masuk yang mewajibkan untuk melakukan scan QR Code PeduliLindungi.

Lantas, bagaimana jika Anda tidak dapat melakukan scan QR Code padahal Anda telah melakukan vaksinasi? Jika Anda mengalami masalah seperti ini, ada kemungkinan data Anda masih belum masuk ke dalam aplikasi PeduliLindungi. Anda harus segera menghubung lokasi tempat Anda melakukan vaksinasi untuk memastikan bahwa data Anda telah terinput dengan benar.

Salah satu cara mudah untuk mengetahui data Anda telah masuk situs PeduliLindungi adalah Sertifikat Vaksin. Maka dari itu, setelah 3 hari Anda melakukan vaksinasi segera lakukan cek data Anda melalui aplikasi PeduliLindungi ataupun situs resmi pedulilindungi.id. Jika data Anda belum muncul, segera kontak lokasi vaksinasi Anda.

Baca juga: Cara Download Kartu Vaksin Pada Aplikasi PeduliLindungi

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.