How To

Cara Mudah Upload Buku di Google Play Book

Salah satu layanan Google yang kurang begitu populer adalah Google Play Book yang terintegrasi dengan Google Play Store. Google Play Book merupakan...

Written by Zack Kamil · 1 min read > 27 views
Google Play Book

Salah satu layanan Google yang kurang begitu populer adalah Google Play Book yang terintegrasi dengan Google Play Store. Google Play Book merupakan layanan yang menawarkan buku elektronik yang memudahkan pengguna untuk membeli dan mengunduh e-book.

Cara Mudah Upload Buku Melalui Google Play Book
Cara Mudah Upload Buku Melalui Google Play Book

Jika Anda salah satu dari 2,5 miliar orang yang memiliki perangkat Android, Anda pasti tahu tentang apa itu Google Play Books. Hal ini meski Anda tidak pernah membukanya sama sekali. Kehadiran Google Play merupakan satu layanan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengunduh atau membeli layanan Google. Baik aplikasi, game, musik, film, dan juga buku untuk Anda gunakan pada ponsel Anda.

Dan itulah mengapa Google Play Book menjadi tempat yang sangat penting bagi penulis mana pun saat ini. Google Play Buku memungkinkan Anda menjangkau miliaran orang seluruh dunia yang memiliki perangkat Android dengan mudah.

Sejarah Singkat Google Play Books

Konon, Google Play tidak selalu menjadi tempat yang baik untuk penulis indie. Hingga awal tahun 2020, Anda tidak semudah memasukkan buku Anda ke Google Play Books tanpa terlebih dahulu melalui “periode persetujuan” dan (terkadang) daftar tunggu yang cukup lama.

Lebih dari itu, penulis beruntung yang menjadi mitra Google Play Books akan sering melihat buku Anda mendapat diskon secara otomatis tanpa pemberitahuan. Langkah ini akan memicu pencocokan harga dari Amazon (dan pengecer lainnya), seringkali tanpa penulis sadari sejak awal.

Tentu saja, banyak penulis indie menemukan solusi untuk menghindari diskon semacam itu. Mereka menggunakan rumus rumit untuk mencari tahu bagaimana diskon otomatis itu bekerja dan memberi harga buku mereka lebih tinggi di Google Play untuk menebusnya. Namun, secara keseluruhan, kecanggungan sistem melebihi manfaatnya bagi sebagian besar penulis.

Nah, mulai Oktober 2020, Google Play Books akan “secara sepihak mengikuti harga jual yang Anda berikan untuk penjualan eBook kepada pelanggan di Amerika Serikat dan Kanada”, berapa pun harga eBooknya.

Itulah sekedar sejarah yang perlu Anda ketahui tentang Google Play Books, dan sekarang nampaknya Google Play Book menjadi semakin banyak peminatnya. Oleh karenanya berikut ini Penulis akan berbagi cara mudah upload buku Anda ke Google Play Books.

Cara Mudah Upload Buku di Google Play Book

  1. Silahkan daftar terlebih dahulu untuk menjadi mitra Google Play Books dengan mengisi formulir melalui https://play.google.com/books/publish/u/0/
  2. Setelah itu Anda perlu memilih kategori akun yaitu “Penerbit”: Pengarang yang menerbitkan buku secara mandiri” atau “Distributor atau penyedia layanan”. Kemudian isi data secara lengkap, setelah itu centang kedua kolom pada tahap “E-mail preferences and terms”.
  3. Google akan meminta Anda untuk masukkan informasi keuangan Anda. Informasi ini berguna agar Google Play dapat membayar royalti Anda. Data keuangan termasuk informasi pembayaran seperti rekening dan pajak.
  4. Selanjutnya, Anda akan masuk pada dasbor untuk meng-upload buku pada Google Play kemudian klik “Add a book” Isi data buku secara detail seperti tentang buku, genre, kontributor, dan lainnya
  5. Mulai unggah file buku Anda sekaligus sampul buku. Perlu Anda ketahui untuk mengunggah buku harus menggunakan format file PDF atau EPUB.
  6. Tetapkan harga buku Anda setelah seluruh syarat dan data detail buku telah lengkap.
  7. Klik “Publish

Perlu Anda ketahui untuk Anda yang ingin menjadi mitra Google Play Book, Google memerlukan waktu hingga 12 hari untuk meninjau dan mengaktifkan akun Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.