iPhone

Cek iPhone Kamu, iPhone Baru Atau Refurbished Yang Anda Beli!

Apakah anda ingin membeli iPhone baru? atau mungkin sudah belio beberapa hari yang lalu karena masih ada sisa uang THR dari perusahaan....

Written by Herman Santoni · 1 min read > 19 views
Cara Cek IPhone Baru Atau Refurbished

Apakah anda ingin membeli iPhone baru? atau mungkin sudah belio beberapa hari yang lalu karena masih ada sisa uang THR dari perusahaan. Atau anda dapat angpao lebaran yang cukup untuk membeli iPhone baru? Saat ini banyak barang refurbished (barang lama di perbarui kembali) yang dijual di pasaran, bail online ataupun di gerai-gerai penjual smartphone.

Dan secara visual tidak ada perbedaan antara iPhone baru (benar-benar baru) atau yang refurbished (baru karena diperbaharui). Oleh karena itu kita harus tahu bagaimana cara untuk membedakan antara iPhone yang benar-benar baru atau tidak.

iPhone ataupun smartphone pada saatnya akan mengalami kerusakan dan perlu diganti beberapa spare partnya. Oleh karena itu beberapa orang terkadang tidak ingin melakukannya melainkan dijual kemudian dibeli baru, atau beberapa iPhone didapati rusak seperti kesehatan baterai atau iPhone tiba-tiba mati total ketika masih ada garansi, sehingga pemiliknya terkadang akan mendapatkan ganti yang baru sedang barang yang rusak akan masuk pada distributor atau perusahaan untuk kemudian di lakukan pergantian dan dijual kembali sebagai barang baru atau refurbished.

Dan bagi kita yang awam, mungkin sulit untuk mengetahui dengan tepat barang yang kita beli benar-benar baru atau tidak. Karena barang refurbished juga dijual dena kemasan baru namun terkadang ada label jika barang tersebut adalah refurbished.

Jika anda membelinya secara online seperti Amazon anda akan mendapat barang-barang refurbished dengan mudah. Atau anda juga dapat mengunjungi Apple Refurbished Store untuk mendapatkan produk Apple refurbished yang berkualitas. Namun jika anda membeli di gerai-gerai atau toko-toko HP di kota anda, anda harus pandai mengecek apakah barang tersebur barang baru atau tidak. Karena keduanya sama-sama masih dalam kardus, disegel dan sama-sama terlihat baru.

Lantas bagaimana cara mengeceknya? Jika anda telah membelinya sekarang anda langsung bisa mempraktekannya. Anda dapat mengetahui apakah iPhone tersebut dijual sebagai refurbished – oleh Apple – dengan memeriksa nomor modelnya seperti dibawah ini.

Cara Mengecek Apakah iPhone Anda Baru atau Refurbished

  1. Buka Pengaturan (Setting) di iPhone
  2. Lalu pilih Umum (General)
  3. Selanjutnya tap Tentang (About) dan anda akan melihat berbagai detail terkait iPhone anda, seperti tampak lam gambar dibawah ini.Cara Cek IPhone Baru Atau Refurbished

Dari gambar diatas anda perlu memperhatikan pada bagian Model Number. Dari sana akan tampak serangkaian kombinasi huruf dan angka. Hal tersebut menunjukkan status dan jenis iPhone yang anda miliki. Anda bisa mengetetahui iPhone anda baru gress atau baru karena refurbished dari Huruf pertama. Berikut Penjelasannya!

Detail Kode Model Number di Iphone:

  • Kode M : beruntunglah jika anda memiliki iPhone dengan kode ini, karena anda benar-benar membeli iPhone yang benar-benar baru, bukan iPhone refurbished atau belum pernah mengalami perbaikan.
  • Kode F : iPhone dengan kode F ini menandakan bahwa iPhone tersebut merupakan iPhone baru hasil refurbished (rekondisi).
  • Kode N : iPhone dengan kode ini berarti bahwa iPhone tersebut dikeluarkan sebagai pengganti iPhone yang mengalami masalah atau garansi.
  • Kode P : kode ini  menunjukkan bahwasanya iPhone tersebut merupakan iPhone yang dikeluarkan sebagai pesanan khusus.

Nah demikian cara untuk mengetahui apakah iPhone yang anda miliki adalah iPhone yang benar-benar baru bukan iPhone refurbished, pengganti garansi, atau pesanan khusus. Semoga artikel ini membantu anda untuk mengetahui dengan jelas sebelum anda membelinya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.