Informasi

Chipset Exynos 9925 Akan Hadir Dengan Peningkatan Grafis Lebih Tinggi dan Mumpuni

Exynos merupakan serangkaian sistem-on-chip berbasis ARM yang dikembangkan oleh divisi LSI System Samsung Electronics dan diproduksi oleh divisi Foundry Samsung Electronics. Kehadiran...

Avatar Written by Zack Kamil · 57 sec read > 1 view
Chipset Exynos 9925

Exynos merupakan serangkaian sistem-on-chip berbasis ARM yang dikembangkan oleh divisi LSI System Samsung Electronics dan diproduksi oleh divisi Foundry Samsung Electronics. Kehadiran Exynos di pasar kemungkinan tidak hanya untuk mengurangi ketergantungannya pada produsen pihak ketiga. Akan tetapi juga untuk bersaing dengan penawaran Qualcomm.

Di sisi lain, chipset andalan Samsung lebih rendah daripada solusi seri Snapdragon 800. Tapi, tampaknya Samsung tengah menyiapkan penerus baru, yakni Exynos 9925 yang akan membawa peningkatan grafis yang lebih tinggi.

Chipset Exynos 9925
Chipset Exynos 9925

Hal ini sebenarnya didorong dengan meningkatnya kritik dan tuduhan atas ketidakmampuan raksasa Korea Selatan itu untuk menciptakan chip yang benar-benar kompetitif. Namun tampaknya ini telah dilakukan secara serius untuk membuktikan sebaliknya.

Pertama, Samsung berencana untuk mengandalkan solusi ARM dan telah menandatangani perjanjian untuk bersama-sama mengembangkan chip. Kedua, ia meminta dukungan AMD dalam pembuatan akselerator video seluler.

Menurut kutipan resmi dari Ice Universe, saat ini perusahaan sedang mengerjakan chip Exynos 9925 yang merupakan seri terbaru. Di mana akselerator grafis akan menggunakan teknologi AMD untuk mencapai kinerja tinggi.

Perlu kamu ingat, bahwa tahun lalu Samsung dan AMD menandatangani perjanjian multi-tahun. Di mana raksasa Korea Selatan itu akan memiliki akses ke arsitektur grafis RDNA untuk digunakan dalam chip mereka. Ini akan memungkinkan di masa depan untuk mengganti grafik Mali dengan solusi yang lebih kuat.

Lantas, kapan Exynos 9925 akan diluncurkan? Belum ada informasi yang menyebutkan tentang hal ini. Namun mengingat fakta bahwa sebelumnya ada pembicaraan bahwa grafis AMD akan muncul di Exynos hanya pada tahun 2022, maka Samsung tidak akan mengumumkan chip baru tersebut lebih awal dari paruh kedua tahun 2021.

Sekarang Samsung masih sedang mengerjakan pembuatan prosesor dengan febrikasi 5nm Exynos 2100, yang akan menjadi dasar flagships baru perusahaan mulai tahun 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.