General, Informasi

Kenali 7 Manfaat Besar Dan Khasiat Daun Kelor Yang Baik Untuk Kesehatan

Daun Kelor atau disebut juga dengan Moringa ini merupakan salah satu bahan yang dimiliki alam yang biasanya dijadikan sebagai ritual atau ramuan...

Avatar Written by Mei Joe Naa · 2 min read > 10 views
Daun Kelor

Daun Kelor atau disebut juga dengan Moringa ini merupakan salah satu bahan yang dimiliki alam yang biasanya dijadikan sebagai ritual atau ramuan tradisional. Daun ini biasanya dipercaya untuk menangkal sesuatu yang berbau mistis. Namun siapa sangka daun ini justru memiliki kandungan yang melimpah yang dibutuhkan oleh tubuh.

Daun Kelor
Image Source

Daun yang berbentuk bulat lonjong, dan ukurannya yang kecil tersusun rapi pada sebuah tangkai ini memiliki khasiat dan manfaat yang bukan hanya sekedar mitos, tapi memang baik untuk kesehatan. Bahkan World Health Organization (WHO) menganjurkan bagi anak-anak dan bayi dalam masa pertumbuhan untuk mengonsumsinya karena manfaat dari kandungan daun kelor yang besar.

Nah, berikut ini kami berikan beberapa manfaat dan khasiat yang kamu akan kamu dapatkan dengan mengkonsumsi daun moringa atau kelor ini.

1. Kaya Antioksidan

Daun yang kaya akan vitamin B6 ini memiliki beberapa senyawa anti-penuaan yang mampu menurunkan efek stres oksidatif dan peradangan. Manfaat semakin optimal dengan adanya senyawa polifenol, vitamin C, beta-karoten, quercetin, dan asam klorogenat. Senyawa tersebut terkait dengan penurunan risiko untuk penyakit kronis, seperti perut, paru-paru, kanker usus besar, diabetes, hipertensi, dan penyakit mata akibat faktor usia.

Daun ini memiliki senyawa anti-inflamasi yang baik untuk mereka yang memiliki gejala sakit pencernaan seperti gastritis, sembelit atau gangguan lambung. Selain itu air rebuhan daun kelor juga dipercaya bisa menurunkan gangguan batu di ginjal, kandung kemih bahkan rahim sehingga akan mencegah gangguan ginjal hingga melancarkan pencernaan.

2. Sumber Vitamin

Daun kelor sangat kaya akan vitamin, mulai dari vitamin A, C, B1, B2, B3, B6 sampai vitamin K. Dimana vitamin-vitamin tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melindungi kesehatan mata, baik itu dari mulai kurangi resiko mata plus, minus, silinder dan katarak.

Untuk ibu yang baru melahirkan sangat dianjurkan mengkonsumsi daun ini karena akan membantu ibu menyusui menghasilkan bahkan memperlancar produksi air susu ibu (ASI). Daun ini bahkan membantu meningkatkan berat badan pada anak-anak dengan malnutrisi serta meningkatkan imunitas.

3. Menjaga Kesehatan Kulit, Tulang Dan Gigi

Daun moringa atau kelor ini juga memberikan khasiat untuk kecantikan kulit. Daun ini mengandung protein dan vitamin C yang dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Untuk mereka yang memasuki usia yang sudah matang, daun ini sangatlah bagus untuk dikonsumsi karena akan mencegahnya timbul jerawat, menghilangkan flek pada wajah bahkan memperlambat efek penuaan dini.

Selain itu daun ini juga dapat memastikan kesehatan tulangmu dan mencegah pengeroposan. Hal ini karena kandungan vitamin pada daun kelor yang sangat melimpah. Selain itu tingginya kalsium pada daun kelor bermanfaat untuk membantu menjaga kekuatan tulang dan gigi.

4. Anti Kanker

Kandungan antioksidan dan potasium di dalam daun ini sangatlah tinggi, sehingga membuat daun kelor memiliki khasiat untuk memperlambat bahkan menghilangkan kanker di dalam tubuh. Ekstrak daun kelor dipercaya mampu mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Peneliti bahkan telah menyimpulkan bahwa daun kelor menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami untuk kanker.

5. Kaya Akan Zat Besi

Zat besi adalah salah mineral yang berperan penting untuk membentuk hemoglobin di dalam sel darah merah. Karena kaya zat besi, daun moringa atau kelor mampu mencegah kondisi kurangnya kandungan hemogoblin dalam darah atau anemia. Daun ini juga secara efektif membantu mencegah penyakit jantung.

6. Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Daun dengan bentuk bulat dan lonjong ini memiliki kandungan zat hiocarbamate glikosida, nitrile, potasium bahkan kalium yang memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah kolesterol bertambah. Sepert yang diketahui, bahwa kolesterol tinggi akan membuat seseorang beresiko terkena penyakit jantung.

7. Mencegah Peradangan

Radang merupakan jenis penyakit yang ditandai cedera, seperti luka bakar atau terinfeksi bakteri dan virus pada bagian tubuh. Apabila tidak segara diatasi, penyakit ini dapat memunculkan penyakit kronis, seperti penyakit jantung hingga kanker. Nah, daun ini sangat baik untuk mencegah peradangan. Hal ini karena daun kelor memiliki efek anti inflamasi yang berfungsi efektif meredakan peradangan.

Nah, itulah manfaat besar dan khasiat yang bisa kamu peroleh dari mengkonsumsin daun yang memiliki nama lain moringa ini. Semoga menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.