Informasi

Facebook Siapkan Smartwatch Khusus Yang Akan Meluncur Tahun Depan

Facebook tengah siapkan smartwatch khusus yang bakal menjadi saingan Apple Watch dan jam tangan pintar lainnya. Hal ini menurut sumber yang mengetahui...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 2 views
Facebook Siapkan Smartwatch Khusus

Facebook tengah siapkan smartwatch khusus yang bakal menjadi saingan Apple Watch dan jam tangan pintar lainnya. Hal ini menurut sumber yang mengetahui rencana perusahaan pada tahun depan.

Menurut The Information, jam tangan pintar tersebut saat ini sedang dalam pengembangan dan kabarnya akan mulai meluncur pada tahun depan. Meskipun tidak banyak yang mengetahui tentang perangkat tersebut, banyak rumor menyatakan bahwa perangkat tersebut akan menjalankan WearOS.

Facebook Siapkan Smartwatch Khusus
Facebook Siapkan Smartwatch Khusus

image source

Facebook Siapkan Smartwatch Khusus Yang Akan Meluncur Tahun Depan

Beberapa laporan menyebutkan jika jam tangan pintar misterius tersebut akan menampilkan konektivitas seluler dan fokus utamanya pada layanan perpesanan Facebook. Jam tangan pintar juga akan menampilkan pelacakan kesehatan dan kebugaran. Hal ini berarti akan bersaing baik dengan beberapa pelacak kebugaran yang telah hadir saat ini.

Facebook tampaknya akan mengizinkan pemilik jam tangan untuk terhubung dengan layanan kebugaran pihak ketiga seperti Peleton dan ingin menyoroti fitur sosial melalui pelacakan latihan dengan teman dan aktivitas serupa lainnya.

Ini bukan pertama kalinya Facebook menyimpang ke ruang Android, karena perusahaan bermitra dengan HTC pada smartphone bertahun-tahun yang lalu, menjalankan peluncur Android sendiri yang berfokus pada pengiriman pesan. Baik telepon maupun perangkat lunak lainnya memang kurang memiliki banyak peminatnya, dan Facebook meninggalkan peluncurnya pada tahun yang sama meskipun beberapa perangkat lunak seperti Chat Heads lebih banyak menggunakannya ke dalam platform.

Facebook juga dikabarkan berencana untuk meluncurkan kacamata tambahan, yang akan berbeda dari produk realitas virtual populer seperti Oculus Quest 2 yang saat ini tengah populer. Kacamata tersebut nampaknya tidak akan meluncur hingga tahun 2023 mendatang, akan tetapi sebuah laporan menyebutkan jika Facebook akan mengintegrasikan kacamata tersebut secara mendalam dengan jam tangan pada masa yang akan datang.

Tidaklah mengherankan jika Facebook ingin membuat jam tangan pintar. Perusahaan berharap untuk membeli Fitbit sebelum Google mengakuisisi perusahaan tersebut. Tentu saja, bahkan meluncurkan jam tangan pintar mungkin bukan hal yang mudah bagi raksasa media sosial itu. Apalagi mengingat posisi Facebook telah banyak mendapat sorotan akhir-akhir ini terkait soal data pengguna, terutama karena berkaitan dengan kepemilikannya atas media sosial dan aplikasi perpesanannya, Instagram dan WhatsApp. Selain itu, Amazon baru-baru ini juga merilis pelacak kebugarannya sendiri, Amazon Halo. Namun hal ini mendapat banyak kritik karena fitur kesehatan invasifnya.

Sumber menyatakan bahwa jika jam tangan mulai dijual, ia bisa dijual dengan harga yang mendekati biaya produksinya, mirip dengan Oculus. Perusahaan juga akan merilis tindak lanjut pada tahun 2023, yang mungkin bertepatan dengan rencananya untuk kacamata tambahan. Namun, mengingat perkembangan awal jam tangan pintar, Facebook masih dapat mengabaikan produk tersebut sebelum jam tangan pintar tersebut meluncur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.