General

Fitur Menyimpan Story Instagram Segera Hadir, Berikut Cara Menggunakannya!

Instagram akan segera merilis fitur baru menyimpan story instagram menjadi draft. Fitur ini sebenarnya sejak lama dinantikan oleh beberapa pengguna yang selalu...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 5 views
Fitur Menyimpan Story Instagram

Instagram akan segera merilis fitur baru menyimpan story instagram menjadi draft. Fitur ini sebenarnya sejak lama dinantikan oleh beberapa pengguna yang selalu stay untuk melihat story/cerita teman-teman instagramnya.

Nah dengan fitur ini, Anda bisa menyimpan story pada instagram agar tidak hilang. Sudah kamu ketahui bahwa story instagram hanya akan bertahan sampai 24 jam. Kemudian setelah mencapai 24 jam, maka story akan hilang atau terhapus dengan sendirinya. Jadi jika ada momen yang sangat Anda suka pada story instagram, Anda bisa dengan mudah menyimpannya sebagai draft pada akun instagram Anda sendiri.

Fitur Menyimpan Story Instagram
Fitur Menyimpan Story Instagram

image source

Instagram, yang merupakan salah satu jejaring sosial paling populer secara global kedua setelah facebook terutama bagi para kalangan anak muda. Bos Instagram Adam Mosseri telah memberikan konfirmasi bahwa aplikasi berbagi foto tersebut akan segera memungkinkan pengguna menyimpan Stories sebagai draf. Karena saat ini, Instagram menawarkan fitur “Simpan Draf” hanya untuk postingan dan Reels saja.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Instagram Stories

Apa itu instagram stories atau cerita instagram? Instagram stories merupakan sebuah fitur yang instagram hadirkan untuk pengguna jika ingin berbagi cerita dalam keseharian. Ketika Anda membagikan cerita pada instagram stories, Anda pun tidak perlu menghapsunya. Karena postingan Anda pada instagram stories hanya akan bertahan dalam 24 jam alias sehari semalam.

Melalui fitur instagram stories ini, pengguna dapat mengirim foto dan video yang secara otomatis menghilang setelah 24 jam. Fitur ini seperti Snapchat Stories. Snapchat mulai memperkenalkan fitur ini pada 2013 dan menjadi bagian penting dari pertumbuhan perusahaan. Sama halnya dengan Snapchat, foto dan video yang Anda share dalam Instagram bersifat sementara dan tidak dapat terlihat setelah 24 jam. Kontent yang Anda share ke stories juga tidak akan muncul pada profil grid Anda atau dalam Instagram feed.

Bagaimana Cara Instagram Stories Bekerja?

Instagram stories secara resmi meluncur pada tahun 2016 lalu. Instagram Stories muncul pada bar bagian atas feed Anda, dan semua akun Instagram dapat menshare stories mulai dari teman-teman Anda sampai akun popular favorit Anda. Untuk melihat story seseorang, Anda tinggal tap pada foto profil mereka. Story mereka akan muncul secara full-screen, dan kemudian akan muncul semua konten yang mereka posting dalam 24 jam terakhir. Konten tersebut akan berputar mulai dari urutan yang terlama ke terbaru.

Cara Membuat Story Instagram

Untuk membuat story Instagram, Anda harus tap logo profil Anda pada bagian sudut kiri atas layar. Selain itu, Anda juga dapat membuatnya dengan melakukan swap ke kiri dari layar home Instagram.

Klik Foto Profil
Klik Foto Profil

Ketika kamera story terbuka Anda dapat mengambil foto atau merekam video, seperti yang Anda lakukan biasanya pada Instagram.

Pilih Objek
Pilih Objek

Setelah merekam video atau mengambil foto, Anda dapat menggunakan berbagai filter dan juga menambahkan teks dan gambar untuk story Anda. Selanjutnya anda akan diberikan opsi kemana cerita anda akan dibagikan. Misalnya pada instagram stories, teman dekat atau melalui pesan pribadi.

Membagikan Pada Instagram Stories
Membagikan Pada Instagram Stories

Harapan besar kami, fitur baru ini segera hadir dalam beberapa pekan ke depan. Fitur yang dapat menyimpan konten pada instagram stories menjadi draft pada akun instagram kamu sendiri.

Namun sayangnya, Instagram belum memberikan konfirmasi secara pasti kapan fitur tersebut akan mulai diluncurkan kepada pengguna. Seperti yang bocoran Alessandro Paluzzi, fitur draf instagram stories saat ini sedang dalam pengujian. Saat fitur ini meluncur, maka ketika pengguna akan membuat cerita akan diberikan tiga opsi saat mereka menutup cerita sebelum mempostingnya: Hapus, Simpan Draf, dan Batalkan. Setelah menyimpan draf cerita, Anda dapat melanjutkan tepat pada bagian terakhir yang Anda tinggalkan.

Fitur terkait Stories baru lainnya yang sedang Instagram kerjakan adalah kemampuan untuk menambahkan label pada postingan yang Anda bagikan ulang pada Stories. Meskipun ini tidak akan menjadi perubahan besar, itu akan membantu mencegah pengguna membagikan ulang postingan cerita mereka sebelumnya.

Fitur ini terbukti sangat populer untuk kalangan pengguna segera setelah pertama kali meluncur dan membantu membuat aplikasi semakin populer. Snapchat, di sisi lain, melihat penurunan besar-besaran dalam tingkat pertumbuhan penggunanya setelah Instagram Stories resmi meluncur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.