Informasi

Google Buat Aplikasi Bantu Untuk Para Kreditor Dalam Mengontrol Nasabahnya

Sebuah aplikasi aneh telah muncul di Google Play Store, aplikasi dari Google tersebut bernama “Device Lock Controller”. Aplikasi ini diam-diam dirilis kembali...

Avatar Written by Zack Kamil · 50 sec read > 5 views
Google Buat Aplikasi Untuk Kreditor

Sebuah aplikasi aneh telah muncul di Google Play Store, aplikasi dari Google tersebut bernama “Device Lock Controller”. Aplikasi ini diam-diam dirilis kembali pada bulan Juni dan memiliki sekitar 10 unduhan pada pelaporan ini.

Pada dasarnya, aplikasi ini dirancang untuk membantu kreditor atau penyedia jasa pinjaman agar bisa membatasi fungsi pada perangkat nasabahnya. Hal ini dimaksudkan jika nasabah terlambat membayar atau tidak melakukan pembayaran cicilan. Sehingga kreditor bisa memblokir semua akses pada perangkatnya.

Google Buat Aplikasi Untuk Kreditor
Google Buat Aplikasi Untuk Kreditor

Dikutip dari Google Play Store, fungsi aplikasi dijelaskan sebagai berikut:

Aplikasi ini hadir untuk para penyedia kredit. Penyedia kredit kemudian dapat membatasi akses ke perangkat penerima dari jarak jauh jika tidak melakukan pembayaran. Jika perangkat Anda dibatasi, fungsionalitas dasar, seperti panggilan darurat dan akses ke pengaturan, akan tetap tersedia.

Sesuai laporan dari XDA-Developers, yang pertama kali melihat aplikasi tersebut, menuliskan bahwa DeviceAdminService API sedang digunakan dalam aplikasi ini untuk mengontrol fungsi perangkat lain dari jarak jauh.

“Ini adalah API yang sama yang digunakan perusahaan untuk mengontrol apa yang dilakukan karyawan dengan telepon kantor mereka.” Dengan bantuan aplikasi ini, bagi kamu yang tidak membayar cicilan dapat mengakibatkan ponsel tidak dapat digunakan.

Sebenarnya, terdapat dilema etika dengan aplikasi seperti ini. Meskipun pemberi pinjaman dan penyedia hanya ingin memastikan bahwa pembayaran akan tetap dilakukan dengan tepat waktu. Jadi sebagai alasan aplikasi ini dihadirkan untuk mencegah orang melakukan penipuan terdapat pinjaman atau bisa saja barang yang mereka beli secara kredit.

source: via

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.