Informasi

Google Chat For Web Kini Sudah Tersedia Untuk Akun Personal

Google sebelumnya pernah mengumumkan akan membagi Hangout menjadi dua layanan terpisah, yakni Google Chat dan Google Meet. Untuk akun ruang kerja, transisi...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 5 views
Google Chat For Web

Google sebelumnya pernah mengumumkan akan membagi Hangout menjadi dua layanan terpisah, yakni Google Chat dan Google Meet. Untuk akun ruang kerja, transisi ke Obrolan mulai tahun lalu, akan tetapi akun personal hanya rencana akan segera tersedia pada “paruh pertama 2021”.

Untuk beberapa pengguna, migrasi ternyata sudah mulai hadir lebih awal dari yang direncanakan pada Agustus 2020 lalu. Hal ini tentunya akan terus berlanjut hingga tahun 2021. Sekarang ini mulai tampak lebih resmi karena Google mengakui transisi dan menyebutnya sebagai “pratinjau” untuk layanan terbarunya tersebut.

Google Chat For Web
Google Chat For Web

image source

Ron Amadeo dari Ars Technica adalah salah satu pengguna pertama yang menemukan ini dan, menurutnya, semua kontaknya tersedia pada aplikasi Google Chat. Ini sejalan dengan apa yang menjadi harapan banyak pengguna karena Google berjanji bahwa percakapan Hangouts, kontak, dan riwayat yang sudah tersimpan akan termigrasi secara otomatis. Sayangnya, mungkin karena ini hanya pratinjau, jadi obrolan grup masih belum tersedia.

Ron juga menunjukkan bahwa panggilan video bisa Anda lakukan melalui aplikasi tanpa membunyikan telepon penerima seperti panggilan masuk. Jadi, pengguna hanya mengirimkan tautan undangan melalui obrolan ini agar lebih mudah dibaca oleh pengguna.

Peluncuran “pratinjau” saat ini tampaknya sangat terbatas dan tidak semua akun personal menerimanya.

Google Chat Tersedia Untuk Web

Sebagaimana melansir dari 9to5Google Google Chat untuk web sekarang tersedia untuk akun pribadi. Untuk memeriksa apakah Anda punya akses, cukup buka link berikut ini.

https://mail.google.com/mail/u/0/chat/#chat/welcome

Jika Anda masuk yang beruntung, maka Anda akan melihat antarmuka UI mirip Gmail yang baru. Panel samping navigasi akan terlihat pada sebelah kiri Chat (baik individu maupun grup), Ruangan, dan bahkan Meet.

Namun, jika dibandingkan dengan UI yang saat ini tersedia untuk pengguna Workspace, UI baru ini juga memiliki dukungan untuk jendela chat yang sama seperti Hangouts.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.