Informasi

Google dan Apple Rilis Fitur Baru Notifikasi Pelacak Penyebaran Virus COVID-19

Google dan Apple bekerja sama mengembangkan sebuah sistem baru pelacak penyebaran virus Covid-19. Dalam hal ini, fitur tersebut hadir dalam sebuah notifikasi...

Avatar Written by Zack Kamil · 51 sec read > 0 views
Google Rilis Fitur Pelacak Covid 19

Google dan Apple bekerja sama mengembangkan sebuah sistem baru pelacak penyebaran virus Covid-19. Dalam hal ini, fitur tersebut hadir dalam sebuah notifikasi secara langsung, jadi tanpa perlu melakukan instal aplikasi.

Jadi sistem baru yang dibuat oleh Google dan Apple ini, bukan merupakan aplikasi utuh yang langsung bisa diunduh di Play Store atau Apps Store. Melainkan framework untuk pengembang aplikasi membuat aplikasi pelacak Covid-19 sesuai kebutuhan.

Google Rilis Fitur Pelacak Covid 19
Google Rilis Fitur Pelacak Covid 19

Fitur tersebut adalah Exposure Notification Express. Melalui fitur ini nantinya akan lebih mudah digunakan dan lebih cepat menyampaikan notifikasi jika pengguna terpapar virus Covid-19.

Sistem Exposure Notification ini dirilis dalam pembaruan perangkat lunak pada iPhone Apple dan smartphone Android. Untuk Apple fitur tersebut baru bisa digunakan jika pengguna sudah melakukan update iOS 13.7. Sedangkan bagi pengguna Android, fitur tersebut akan berjalan pada Android 6.0 hingga ke atasnya.

Seperti namanya, fitur ini bisa mengingatkan pengguna jika mereka berada dalam radius pengguna lainnya yang telah terpapar virus COVID-19. Fitur ini hadir dengan mengandalkan Application Programming Interface (API) yang digodok Apple dan Google.

Dengan demikian, pengguna Apple maupun Android tidak perlu lagi menginstal aplikasi contact tracing pihak ketiga seperti aplikasi TraceTogether dari Singapura atau PeduliLindungi dari Indonesia untuk melacak pasien Covid-19. Exposure Notifications Express juga bisa menjadi pelengkap aplikasi contact tracing yang dikembangkan otoritas kesehatan suatu negara, dengan tetap tanpa mengorbankan keamanan dan privasi pengguna.

Dengan fitur ini, pengguna akan lebih cepat dalam mendapatkan informasi terkait dengan kondisi penyebaran virus Covid-19 yang ada disekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.