Informasi

Google Potong Biaya Layanan Play Store Menjadi 15% Untuk Para Pengembang

Google akhirnya mengurangi biaya layanan Play Store menjadi 15% untuk pendapatan $1 Juta pertama. Sebelumnya Google mengambil potongan 30% dari setiap pembelian...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 9 views
Biaya Layanan Play Store

Google akhirnya mengurangi biaya layanan Play Store menjadi 15% untuk pendapatan $1 Juta pertama. Sebelumnya Google mengambil potongan 30% dari setiap pembelian digital Play Store untuk semua pengembang.

Tahun lalu Google telah mengumumkan bahwa biaya layanan Google Play hanya berlaku untuk pengembang yang menawarkan penjualan barang dan layanan digital dalam aplikasi. Meskipun Google mengklaim bahwa lebih dari 97% aplikasi secara global tidak menjual barang digital, dan karenanya tidak membayar biaya layanan apa pun.

Biaya Layanan Play Store
Biaya Layanan Play Store

image source

Google Akan Potong Biaya Layanan Play Store Menjadi 15% Untuk Para Pengembang

Jika penjualan dalam aplikasi Anda kurang dari $1 Juta, maka Anda hanya perlu membagikan beberapa informasi dasar dengan Google untuk memastikan biaya Play Store berubah menjadi 15%. Google dalam postingan blognya mengatakan bahwa potongan akan otomatis berlaku setiap tahun jika penjualan dalam aplikasi Anda tetap kurang dari $1 Juta per tahun.

Langkah mengurangi biaya layanan Google Play ini akan membantu pengembang baru. Pengembang dapat meningkatkan pertumbuhan aplikasinya dengan menambahkan kapasitas server, mempekerjakan lebih banyak tim, dll.

Penting untuk memberi tahu bahwa pada bulan November tahun lalu, Apple juga telah mengurangi komisi pembelian dalam aplikasi hingga 15%. Apple mengurangi komisi tersebut hanya berlaku untuk pengembang yang berpenghasilan kurang dari $1 juta per tahun. Untuk Pengembang yang menghasilkan lebih dari $1 juta sebagai pembelian dalam aplikasi, Apple masih memotong 30% dari pendapatan mereka.

Kembali ke biaya Layanan Google Play, di India pengembang yang menggunakan sistem penagihan Google Play untuk menjual barang digital akan mulai menerima manfaat mulai Juli 2021. Pengurangan biaya Layanan Google Play akan berlaku pada Juli 2021. Dalam postingan blognya, Google mengatakan bahwa “Sebagai platform, kami tidak berhasil kecuali mitra kami berhasil”.

Google mengatakan bahwa mereka akan membagikan pedoman terperinci untuk memastikan biaya layanan Google Play sebesar 15% dalam beberapa hari mendatang.

So, kita tunggu saja panduan lengkap yang akan segera Google rilis untuk para pengembang aplikasi. Semoga melalui cara ini, pengembang bisa lebih produktif dalam mengembangkan aplikasinya sehingga akan lebih nyaman untuk pengguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.