Informasi

Google Resmi Rilis Fitur Nearby Share Untuk Pengguna Android

Google akhirnya secara resmi rilis fitur Nearby Share. Fitur ini yang memungkinkan dapat saling berbagi file antar pengguna Android dengan cara yang...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 3 views
Google Rilis Fitur Nearby Share

Google akhirnya secara resmi rilis fitur Nearby Share. Fitur ini yang memungkinkan dapat saling berbagi file antar pengguna Android dengan cara yang lebih mudah, simple dan cepat.

Fitur Nearby Share ini sama halnya dengan fitur AirDrop milik iPhone. Dengan menggunakan fitur ini akan lebih memudahkan kamu saling untuk berbagai macam file, mulai dari video, gambar, maupun konten lain dengan transfer yang cukup cepat ketimbang menggunakan bluetooth atau aplikasi share lainnya.

Google Rilis Fitur Nearby Share
Google Rilis Fitur Nearby Share

Namun saat ini fitur Nearby Share ini masih belum bisa dinikmati oleh semua pengguna Android. Jadi hanya terbatas saja yang bisa menggunakan fitur ini. Google mengkonfirmasi jika fitur ini hanya tersedia untuk perangkat Pixel dan Samsung. Sementara untuk perangkat Android dari manufaktur lain, Google mengatakan fitur ini akan hadir dalam beberapa pekan ke depan.

Jadi saat ini bagi pengguna lain yang penting sudah tahu informasi ini terlebih dahulu dan cara menggunakannya. Hal yang menarik juga, fitur ini tidak dapat digunakan untuk mengirimkan file kepada orang asing. Pengguna harus memiliki rangkaian fungsi dan mengatur ponsel ke pengaturan visible, yang mudah dilakukan via menu Quick Settings, sebelum dapat menerima file.

Menurut informasi resmi dari pihak Google, fitur ini akan memanfaatkan metode apa pun yang tersedia di perangkat untuk bisa menjalankan fitur ini. Jadi, metode yang dimanfaatkan mulai dari Bluetooth, Bluetooth Low Energy, hingga WebRTC atau peer-to-peer Wi-Fi.

Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Di bawah ini akan kami jelaskan bagaimana cara menggunakan Nearby Share ini dengan mudah.

Cara Mudah Menggunakan Nearby Share di Perangkat Android

Nearby Share memiliki fungsi yang sama dengan fitur AirDrop di iPhone. Pengguna cukup menekan tombol pada menu berbagi dan kemudian menunggu smartphone terdekat muncul. Tak hanya itu, pengguna juga dapat mengatur visibilitas pada Nearby Share yaitu semua, beberapa atau tetap tersembunyi.

Jadi nantinya tidak semua perangkat tersebut bisa terlihat oleh siapapun yang sedang menggunakan Nearby Share di dekat kita. Kita juga bisa membatasi akses Nearby Share agar tidak terlihat oleh orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.