Gunakan Cara Ini Agar Tidak Terlacak Saat Menggunakan Google Maps

Aplikasi Google Maps terus berkembang kegunaannya. Awalnya hanya berupa aplikasi navigasi saat kita tidak tahu rute. Namun kini aplikasi ini terus dikembangkan menjadi lebih luas kegunaannya. Pengguna Google maps kini bisa memberikan ulasan terhadap sebuah tempat (rekreasi, restoran, cafe, dan lainnya) yang sedang kita singgahi sekaligun memberikan rekomendasi. Namun disii lain anda akan mudah terlacak kemana saja anda pergi dan dimana saja anda mampir. Dan terkadang kita tidak menyadarinya jika kita membuat histori dari aktifitas perjalan yang kita lakukan.

Banyak yang tidak menyadari privasi anda menjadi terganggu. Namun, jika anda berpikir bahwa itu merupakan perjalanan biasa dan tidak ada sesuatu yang perlu di sembunyikan, hal tersebut bukanlah sebuah persoalan. Berbeda jika anda sedang melakukan perjalanan penting dan tidak boleh ada yang mengetahuinya. Namun ketika anda mengaktifkan fitur lokasi, maka secara tidak langsung anda membiarkan orang lain tahu kemana saja dan dimana saja anda makan pada hari itu.

Namun tidak ada hal yang tidak ada solusinya. Begitu juga google, dalam hal ini juga telah menyiapkan segalanya. Bagaimana agar kita tetap enjoy tanpa khawatir di lacak aktifitas atau rute perjalanan yang kita lakukan. Caranya adalah dengan menggunakan mode Incognito atau mode penyamaran. Mode Incognito bukanlah hal baru. Bagi anda yang biasa menggunakan Google Chrome saat browsing, anda pasti tahu fitur ini. Dan kini anda bisa menggunakannya saat anda sedang menggunakan aplikasi Google Maps.

Dengan mode penyamaran atau Incognito anda bisa menyembunyikan rute perjalanan anda.

Berikut cara menggunakan mode penyamaran di aplikasi Google Maps:

  1. Buka aplikasi Google Maps di smartphone anda. Disini anda harus memastikan bahwa anda telah menggunakan aplikasi Google Maps terbaru dengan cara buka Playstore, cari Google Maps. Nanti akan tampil apakah anda telah menggunakan versi terbaru. Jika tidak silahkan melakukan update terlebih dahulu.
  2. Setelah aplikasi Google Maps anda jalankan, silahkan tap pada foto profil akun anda di pojok kanan atas.
  3. Akan muncul menu dropdown, kemudian tap pada opsi “Turn on Incognito mode”. Maka aplikasi tersebut akan restart sendiri dan kembali tampil dan anda notifikasi jika anda sedang dalam mode Incognito (Penyamaran).
  4. Dan anda siap untuk melakukan perjalanan tanpa khawatir akan terlacak.

Apa saja yang tidak akan terekam atau terekpos ke publik? Semua histori rute perjalanan anda tidak akan tersimpan, sehingga tidak anda bisa melacak keberadaan anda, dan beberapa fitur lainnya juga tidak akan diaktifkan diataranya adalah:

  1. Kegiatan terbaru.
  2. Tempat yang disimpan.
  3. Perubahan dan kontribusi ke database Maps.
  4. Pembaruan dari tempat yang diikuti.

Keuntungan lainnya dengan menggunakan mode Incognito di Aplikasi Google Maps adalah dapat menghemat penggunaan baterai dan juga menghemat penyimpanan internal smartphone anda, karena semua riwayat perjalan anda akan diabaikan oleh aplikasi.

Nah, bagaimana sobat? kini lebih tenang kan? anda bebas kemana tanpa khawatir ketahuan atau dilacak aktifitas perjalan anda.

 

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.