Informasi

Hati-Hati! Extension Chrome Ini Berpotensi Mencuri Data Anda!

Sebagai pengguna Google Chrome, sudah seharusnya kamu selalu memeriksa data anda. Hal ini demi memberikan perlindungan keamanan terhadap beberapa data yang tersimpan...

Avatar Written by Zack Kamil · 57 sec read > 7 views
Extension Chrome Berpotensi Mencuri Data Anda

Sebagai pengguna Google Chrome, sudah seharusnya kamu selalu memeriksa data anda. Hal ini demi memberikan perlindungan keamanan terhadap beberapa data yang tersimpan pada Google Chrome. Karena baru-baru ini muncul kabar, jika beberapa Extension Chrome diklaim dapat berpotensi mencuri data pribadi anda.

Seperti halnya pada Extension UpVoice dan Ads Feed Chrome. Dua Extension tersebut kini ditandai sebagai beresiko khusus terhadap keamanan data anda. Saat ini dua Extension tersebut sedang dituntut oleh Facebook.

Extension Chrome Berpotensi Mencuri Data Anda
Extension Chrome Berpotensi Mencuri Data Anda

Seperti yang dilansir dari techradar.com, Raksasa media sosial itu telah mengajukan gugatan terhadap pembuat kedua ekstensi tersebut setelah menemukan bahwa data pengguna diambil tanpa izin dari Facebook dan Instagram.

Gugatan Facebook terhadap perusahaan yang berbasis di Israel BrandTotal Ltd, dan Unimania Inc., yang tergabung di Delaware, mencatat bahwa kedua ekstensi tersebut tersedia di Toko Web Chrome resmi masing-masing sejak September dan November 2019.

Pada saat itu, masing-masing ekstensi tersebut telah dipasang lebih dari 5.000 dan 10.000 pengguna. Hal ini yang berarti ribuan pengguna dapat berisiko data keamanannya sedang tidak aman.

“BrandTotal memberikan iming-iming kepada pengguna untuk memasang ekstensi UpVoice dari Google Chrome Store dengan menawarkan pembayaran sebagai imbalan atas pemasangannya. Imbalan tersebut dalam bentuk kartu hadiah online.

“Demikian pula, Unimania mempromosikan ekstensi Umpan Iklannya di Google Chrome Store dengan mengklaim bahwa pengguna menjadi ‘anggota panel dari kelompok komunitas elit yang memengaruhi keputusan periklanan perusahaan multi-miliar dolar!’,” Ungkap Facebook.

Gugatan tersebut mengklaim bahwa ekstensi UpVoice mengambil data dari profil pengguna di Facebook, Instagram, Amazon, Twitter, LinkedIn, Pinterest, dan YouTube. Oleh karenanya, untuk pengguna Google Chrome, silahkan lakukan pengecekan secara berkala terhadap ekstensi yang terinstal pada browser chrome kamu.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.