Desktop

Inilah Beberapa Fitur, Trick dan Tips Rahasia yang ada di Windows 10

Pada Windows 10 banyak menghadirkan beberapa fitur-fitur menarik dari Windows sebelumnya. Fitur-fitur ini diklaim meningkatkan produktivitas penggunanya. Ada beberapa fitur tersembunyi yang...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 8 views
Beberapa Fitur Tersembunyi Di Windows 10

Pada Windows 10 banyak menghadirkan beberapa fitur-fitur menarik dari Windows sebelumnya. Fitur-fitur ini diklaim meningkatkan produktivitas penggunanya. Ada beberapa fitur tersembunyi yang tak digembar-gemborkan oleh Microsoft, sehingga kamu akan jarang mengetahuinya jika tidak secara terus menerus mengikuti perkembangan seputar kehadiran dan update terbaru dari Windows 10.

Beberapa Fitur Tersembunyi Di Windows 10
Beberapa Fitur Tersembunyi Di Windows 10

Nah, Windows terbaru, yakni Windows 10 sudah resmi dirilis oleh Microsoft sejak Juli 2015 silam. Sistem operasi ini diklaim cepat dan efisien sehingga dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

#Bash Linux

Kamu mungkin saja masih belum mengetahui jika pada Windows 10 sebenarnya memiliki bash linux yang sudah terintegrasi. Bagi mayoritas orang, fitur ini memang jarang atau bahkan tidak diketahui, karena ini sifatnya tersembunyi sehingga tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Bash Linux Windows 10
Bash Linux Windows 10

Untuk mengaktifkannya, kamu bisa masuk pada Turn Windows Features on or off melalui search cortana, kemudian centang pada Windows Subsystem for Linux (Beta), selanjutnya Apply, maka kamu akan diminta untuk melakukan restart komputer.

Selanjutnya, buka Setting => Update & Security, kemudian pilih For Developers => Developers Mode. Terakhir, silahkan buka CMD run as administrator, lalu ketikkan bash > enter, jika meminta persetujuan instalasi, ketik saja YA kemudian Enter. Tunggu hingga selesai, jika diminta memasukkan username dan password, silahkan buat sesuai yang kamu inginkan saat nanti akan masuk pada bash linux.

#Command Prompt Transparan

Biasanya yang kamu tahu command prompt atau yang di sebut CMD selalu identik dengan warna hitam, mulai dari pendahulunya sampai sekarang tetaplah warna hitam. Namun ada hal yang wajib kamu ketahui bagi pengguna Windows 10. Ada fitur tersebunyi yang ternyata bisa mengubah warna latar cmd menjadi transparan atau menggunakan warna sesuai keinginan kamu.

Command Prompt Transparan Di Windows 10
Command Prompt Transparan Di Windows 10

Caranya, buka saja command prompt, klik kanan pada title bar => Properties. Masuk pada tab color, kamu bisa mengubah pada warna yang sesuai dengan keinginan kamu. Selain itu, kamu juga bisa membuat warna transaparan pada latar command prompt dengan cara menggeser scrool pada bagian bawah.

#Show Desktop

Show Desktop Pada Windows 10
Show Desktop Pada Windows 10

Sama seperti Windows 7, pada Windows 10 juga terdapat tombol show desktop yang berguna jika kamu ingin secara tiba-tiba akan kembali pada layar desktop depan, sementara saat ini kamu sedang membuka banyak program, sehingga jika menggunakan tombol minimize tidak mungkin dan akan memakan waktu yang cukup lama, sehingga kamu bisa menggunakan tombol show desktop ini yang letakkan berada di pojok kanan bawah pada taskbar.

#Screenshot Area

Berbeda pada Windows sebelumnya, jika akan melakukan screenshot biasanya kamu akan menekan tombol Prnt Scr pada keyboard atau memerlukan aplikasi pihak ketiga agar bisa melakukan screenshot area yang kita inginkan.

Screenshot Area Pada Windows 10
Screenshot Area Pada Windows 10

Namun kali ini berbeda, pada Windows 10 kamu bisa menikmati ini semua tanpa perlu melakukan instal aplikasi lain. Kamu cukup tekan saja kombinasi 3 tombol pada keyboard, yakni Windows + Shift + S, maka kamu akan bisa melakukan screenshot pada area yang kamu inginkan.

#Microsoft Print PDF

Microsoft Print PDF Windows 10
Microsoft Print PDF Windows 10

Kamu tentu tidak menyadari jika pada Windows 10 memiliki fitur Microsoft Print PDF yang bisa kamu lakukan untuk mengubah file apapun menjadi PDF tanpa perlu menginstal aplikasi PDF Creator atau lainnya. Ini bisa kamu lakukan dengan cara Ctrl + P, kemudian pilih Microsoft Print PDF, maka ini akan membuat dokumen yang kamu buat akan menjadi file PDF.

Itulah beberapa fitur, trick dan tips tersembunyi yang dimiliki Windows 10 yang wajib kamu tahu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.