How To

Inilah Beberapa Fitur yang Akan Hadir Pada Google Meet Mulai Bulan Depan!

Google Meet telah menjadi fokus besar sejak pandemi COVID-19 melanda dunia tahun lalu. Saat itu banyak orang yang mulai beraktifitas dari rumah....

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 3 views
Fitur Baru Akan Hadir Pada Google Meet

Google Meet telah menjadi fokus besar sejak pandemi COVID-19 melanda dunia tahun lalu. Saat itu banyak orang yang mulai beraktifitas dari rumah. Diantaranya bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan mengajar juga dari rumah. Sejak itu pula, Google terus-menerus meluncurkan pembaruan untuk aplikasi konferensi video miliknya, yakni Google Meet.

Fitur Baru Akan Hadir Pada Google Meet
Fitur Baru Akan Hadir Pada Google Meet

image source

Kabar baiknya dalam beberapa minggu ke depan, Google akan merilis beberapa pembaruan fitur baru untuk membuat Google Meet menjadi semakin lebih baik. Salah satunya yang bocor adalah akan menghadirkan fitur AI untuk membuat Anda terlihat lebih bagus dan cantik saat melakukan video telekonferensi.

Misalnya, Anda dapat menggunakan ruang hijau virtual terlebih dahulu untuk bersiap-siap sebelum melanjutkan video konferensi. Dalam pembaruan terbaru nantinya juga akan menambahkan beberapa alat yang berguna berkat kekuatan AI dan alat desain yang lebih efisien untuk membuat pengguna tetap terlibat dengan semua orang yang sedang menelepon.

Fitur-Fitur yang Akan Hadir Pada Google Meet

Selain menghadirkan fitur AI, tampaknya perubahan besar juga akan hadir pada bulan Mei mendatang. Google akan memperbarui tata letak Meet untuk memastikan lebih banyak orang yang bisa terlihat dalam satu layar, bahkan saat melakukan presentasi. Lain dari pada itu, Google juga menyatakan bahwa dalam waktu dekat, pengguna akan dapat memasang pin pada presentasi dan / atau speaker untuk menyorot beberapa orang sekaligus.

Google juga memungkinkan pengguna untuk mengubah ukuran bingkai foto mereka sendiri. Jika Anda lebih suka tidak melihat video sendiri, maka Anda dapat meminimalkan bingkai menjadi bilah mengambang yang dapat Anda pindahkan pada area mana saja. Namun live video Anda akan tetap terlihat oleh orang lain, dan Anda selalu dapat mengembalikannya ke bingkai semula jika ingin melihatnya kembali.

Fitur lain yang akan segera hadir pada Google Meet versi web dan ponsel Android mencakup penghemat data baru. Hal ini yang dapat membatasi jumlah data yang digunakan saat melakukan panggilan. Meet juga akan mendapatkan latar belakang video baru yang menyenangkan. Ada mode cahaya redup yang bisa pengguna akses melalui perangkat seluler.

Terakhir, jika Anda adalah pengguna Google Workspace berbayar, Google akan meluncurkan fitur Autozoom baru dalam beberapa bulan mendatang. Dengan fitur AI tersebut, Google Meet akan memperbesar tampilan Anda dengan membuat Anda tampak berada di tengah feed video. Hal ini Kedengarannya sangat mirip dengan fitur Center Stage pada Apple iPad Pro baru yang diumumkan pada acara Apple Spring Loaded.

Anda Bisa Mengakses Meet Melalui Aplikasi Gmail Android

Untuk memuncul Tab Meet pada Gmail, Anda perlu melakukan beberapa langkah melalui Pengaturan Gmail.

  1. Pertama, bukalah aplikasi Gmail pada Android Anda. Klik ikon hamburger untuk memunculkan opsi.
  2. Kemudian scrol ke bawah dan pilih “Pengaturan”.
  3. Silahkan pilih akun Gmail yang akan Anda aktifkan fitur Tab-nya.
  4. Gulir ke bawah sampai pada area “Umum“. Maka Anda akan menemukan fitur “Chat (Early Access)“. Lalu centang untuk mengaktifkannya. Jika muncul peringatan, klik saja “Try it“.

Setelah itu, maka akan muncul Tab Meet yang bisa Anda buat untuk melakukan video konferensi tanpa perlu mendowload aplikasi Google Meet lagi.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.